Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    MotorDoyan Petualang? Coba Lihat Kawasaki Versys 1000 Terbaru

    Doyan Petualang? Coba Lihat Kawasaki Versys 1000 Terbaru

    Perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 juga dimanfaatkan sejumlah pabrikan sepeda motor untuk menghadirkan model terbaru. Hal ini pula dilakukan PT Kawasaki Motor Indonesia yang meluncurkan New Versys 1000.

    Menurut Line Head Sales and Production Department Marketing and Sales Division KMI Sucipto Wijono, New Versys 1000 hadir dengan tampilan lebih segar, perubahan desain, warna garis, sampai kaki-kaki dan power ikut disetting ulang.

    “Motor ini cocok untuk yang hobi Adventure. Karena di Indonesia memang banyak yang menyukainya. Mungkin jika disebut tidak terlalu banyak, tapi (yang membeli motor Kawasaki) mereka adalah loyalis,“ ujar Sucipto saat ditemui di acara GIIAS 2019 yang berlangsung di ICE, BSD, Tangerang Selatan.

    Dia juga menuturkan, Kawasaki Versys 1000 terbaru telah mengalami perubahan pada Riding Position dan Wind Protector agar terasa nyaman ketika berkendara. Selain itu, masih banyak hal lainnya yang terbaru disematkan New Kawasaki Versys 1000 sehingga lebih berbeda. Mau tau apa saja, berikut ulasannya;

    Secara tampilan, motor ini tampak berbeda karena hadir Windscreen yang dapat disesuaikan dengan tinggi pengendara. Selain itu, motor ini memiliki Twin LED Headlamps yang menghasilkan sinar low dan high sesuai dengan posisi lampu. Dengan begitu memberikan cahaya apalagi ketika malam hari.

    Kawasaki Versys 1000. (Herdi Muhardi)

    Belum sampai disitu, motor ini memiliki High-Class Instrumentation sehingga memberikan kesan sangat berkelas. Terlebih menggunakan Tachometer bergaya analog yang dilengkapi dengan layar Full Digital LCD.

    Kawasaki Versys 1000 terbaru ini juga hadir dengan dua tipe jok, yaitu standard (Low Seat) dan aksesoris (Comfort Seat). Tipe Low Seat lebih rendah 20mm, membuat kaki lebih mudah mencapai tanah.

    Sementara aksesoris comfort seat, dipercaya akan nyaman jika dibawa berkendara dalam waktu lama di atas pelana, ditambah knee bend yang nyaman untuk pengendara yang lebih tinggi.

    Oia, rangka belakang motor ini gaya teralis yang kokoh sehingga memungkinkan pengendara untuk memasang pannier aksesori, top case, atau keduanya. Belum lagi hadirnya Clean-Mount Pannier System. Dengan sistem ini, membuat pannier bisa dipasang dan dilepaskan dengan sangat mudah.

    Tambahan lainnya adalah adanya Handy Power Source atau kini dilengkapi dengan DC socket dengan total 40 W.

    Agar nyaman namun tetap keren, kaki-kaki New Versys 100 dipasang suspensi Long-Travel sehingga dapat menghadapi berbagai jenis kondisi jalan. Serta didukung dengan ban berukuran 17 inci pada bagian depan dan belakang.

    Fitur 

    Untuk menunjang istimewanya motor Kawasaki Versys 1000, pabrikan asal Jepang ini telah menerapkan Electronic Throttle Valve sehingga membuat ECU dapat mengendalikan jumlah bensin yang dikirim ke mesin, baik via fuel injector maupun via Throttle Valve.

    Posisi Fuel Injection dan Throttle Valve yang ideal membuat respon mesin menjadi halus dan natural dan engine output yang ideal.

    Selain itu, fitur lainnya yang ada pada motor ini adalah Assist and Slipper Clutch, berfungsi untuk Back-Torque Limiting dan tuas kopling yang ringan.

    Oia, New Versys juga dilengkapi Radial-Mount Front Brake Caliper, dimana pada pedal Disc depan berukuran ø310 terpasang dengan kuat pada Caliper Radial-mount Monoloc melengkapi Radial-Pimp Front Brake Master Cylinder.

    Tak sampai disitu, motor ini juga memiliki KCMF (Kawasaki Cornering Management Function): IMU-Equipped Total Engine & Chassis Management Package.

    KCMF merupakan evolusi terakhir dari software dari Bosch IMU (Inertial Measurement Unit), KCMF memonitor parameter mesin dan sasis saat melewati tikungan (entry, apex, hingga corner exit), mengatur kekuatan rem dan kekuatan mesin untuk memudahkan Smooth Transition dari akselerasi ke pengereman, lalu ke akselerasi lagi.

    Fitur ini juga berfungsi untuk membantu pengendara untuk menelusuri alur yang mereka inginkan saat ditikungan. Pada New Versys 1000, KCMF mengatur system KIBS.

    Fitur lainnya adalah KTRC (Kawasaki Traction Control) dengan tiga mode untuk menghadapi berbagai macam kondisi, baik saat ingin berkendara kencang di jalanan yang mulus, maupun pelan di jalanan yang licin.

    Ada juga KIBS (Kawasaki Intelligent anti-lock Brake System) sebagai sistem pengereman standar Supersport. System pengereman ini sama seperti pada Ninja H2 dan Ninja ZX-10R, dengan Programming dan Setting yang disesuaikan dengan Suspense Long-Travel yang ada pada New Versys 1000.

    Agar lebih enak saat berkendara, New Versys 1000 juga dilengkapi Power Mode Selection, dimana pengendara bisa memilih mode Full Power atau Low Power.

    Oia, New Versys 1000 punya fitur kaya mobil yaitu Electronic Cruise Control. Sistem ini berfungsi untuk menjaga kecepatan hanya dengan menekan tombol. Sekali tombol ditekan, pengendara tidak perlu menarik throttle secara terus menerus.

    Warna dan Harga

    New Versys 1000 tersedia dalam dua warna, yaitu Pearl Stardust / Metallic Spark Black dan Candy Steel Fun race Orange / Metallic Spark Black. Sedangkan menyoal harga, New Kawasaki Versys 1000 sebesar Rp 360 juta on the road Jakarta

    Nah, untuk urusan jantung pacu lihat spesifikasi lengkapnya:

    Dimensions

    – Overall length : 2,270 mm

    – Overall width : 895 mm

    – Overall height  : 1,465 mm / 1,400 mm

    – Wheelbase : 1,520 mm

    – Road clearance : 150 mm

    – Seat height : 820 mm

    – Curb mass :  253 kg

    – Fuel tank capacity : 21 litres

     Frame    

    – Type : Twin tube, aluminium

    – Suspension

       Front : Telescopic fork (upside-down

       Rear : Horizontal Back-link SWG. ARM

    – Wheel travel

       Front : 150 mm

       Rear : 152 mm

    – Caster (Rake angle) : 27.0 derajat

    – Trail : 106 mm

    – Steering angle (left/right) : 34 derajat/ 34 derajat

    – Tyre

     Front : 120/70ZR17M/C (58W)

     Rear : 180/55ZR17M/C (73W)

    Engine

    – Type : Liquid-cooled, 4-stroke In-Line Four

    – Bore x Stroke : 77.0 x 56.0 mm

    – Displacement : 1.043 cc                                                            

    – Compression ratio : 10.3:1                                                       

    – Fuel supply : Fuel injection : (ø38 x 4)

    – Lubrication system : Forced lubrication, wet sump

    – Starting system : Electric                                                          

    – Ignition system : Digital                                                            

    – Valve system : DOHC, 16 Valve

    – Max. power : 120 PS pada  9.000 rpm

    – Max. torque : 102 Nm pada 7.500 rpm. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here