Selasa, November 30, 2021
OLX Auto
More
    BeritaEdan! 3 Juta Mobil Ford di Amerika Kena Recall

    Edan! 3 Juta Mobil Ford di Amerika Kena Recall

    Sebuah kabar buruk datang dari pabrikan mobil Ford Motor Co di Amerika Serikat yang bikin siapapun yang mengetahuinya bakal geleng-geleng kepala. Ford dipaksa untuk melakukan recall terhadap tiga juta unit mobil yang sudah mereka pasarkan akibat airbag Takata yang mereka pasang di jutaan mobil tersebut berpotensi rusak.

    Keputusan ini menyusul penolakan National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), badan yang mengurus keselamatan mobil di Amerika Serikat, atas petisi yang diajukan pabrikan mobil terbesar kedua di Negeri Paman Sam tersebut untuk tidak melaksanakan recall pada tahun 2017 lalu.

    Dilansir dari Reuters, Rabu (20/1/2021) tidak cuma merek Ford saja yang harus melakukan recall, Mazda Motor Corp pun harus menarik kembali sekitar 5.800 unit kendaraannya yang diproduksi dalam platform yang sama dengan Ford untuk segera melakukan kampanye perbaikan inflator airbags Takata. 

    NHTSA mengatakan bahwa bukti yang ada sudah menjelaskan bagaimana inflator airbags ini menimbulkan risiko keamanan yang sangat signifikan.

    “Cacat tersebut, dalam kasus cukup langka bisa menyebabkan inflator kantung udara pecah disertai semburan logam yang berpotensi melukai bahkan membunuh pengendara mobil. Ini mendorong adanya recall besar-besaran, bahkan yang terbesar dalam sejarah industri otomotif AS, melibatkan lebih dari 67 juta inflator. Sementara untuk seluruh dunia, 100 juta inflator yang dipasang oleh 19 pabrikan mobil besar juga sudah ditarik kembali,” tulis reuters.

    Hingga awal bulan ini (Januari 2021) NHTSA menyebut masih ada sekira 17 juta kendaraan yang menggunakan airbags Takata yang belum diperbaiki.

    Sementara korban meninggal dunia akibat kasus inflator Takata sudah tercatat 27 orang di seluruh dunia, 18 diantaranya terjadi di AS, serta dilaporkan sudah menciderai lebih dari 400 orang.

    Pihak Ford dan Mazda sendiri belum memberikan komentar apa-apa terkait keputusan NHTSA tersebut. Tetapi yang jelas, mereka hanya punya waktu 30 hari untuk menyerahkan jadwal kampanye perbaikan atau recall yang harus mereka umumkan kepada pemilik mobil Ford. 

    Sedangkan model-model yang harus di recall terdiri dari Ford Ranger, Fusion, Edge, Lincoln Zephyr/MKZ,Mercury Milan dan Lincoln MKX, serta Model B-Series tahun 2007-2009. 

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here