Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    BeritaEsemka Bukan Mobil Nasional, Tapi...

    Esemka Bukan Mobil Nasional, Tapi…

    Mobil Esemka ternyata bukan mobil nasional OLXer. Hal ini ditegaskan langsung  Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) yang merupakan bos produsen mobil Esemka, Eddy Wirajaya.

    “Kami bukan mobil nasional, Tetapi produksi mobil di Indonesia. Jadi jangan salah persepsi, mobil nasional kan cukup luas,” ucap Eddy saat ditemui di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa (13/8/2019).

    Sebaliknya, background PT SMK sendiri merupakan manufaktur swasta nasional, di mana mobil yang dibuat adalah pure racikan dan diproduksi di Indonesia. Dengan begitu diharapkan  dapat membanggakan merah putih.

    Artinya, SMK akan sama seperti merek mobil lainnya yang juga memiliki pabrik di Indonesia, tanpa special treatment dan prosesnya juga dilakukan dari hulu ke hilir dilakukan di Tanah Air. Dengan begitu, Esemka bisa juga disebut Brand Local.

    Lebih lanjut, Eddy menyatakan, bahwa pabrik produksi mobil Esemka dilakukan di Boyolali, Jawa Tengah.

    Oia, nantinya PT SMK juga akan menggaet sejumlah supplier lokal yang sudah terbiasa membuat sejumlah komponen atau part di bidang masing-masing. Kemudian dipadukan dengan kebutuhan untuk pembuatan mobil Esemka. Dengan begitu hal tersebut dapat mensupport PT SMK.

    “Jadi silahkan menawarkan produk-produk mereka dengan ekonomis dan berkualitas. Apabila cocok kita berkelanjutan dengan agreement,” ucapnya.

    Kata Eddy, untuk membuat mobil Esemka nanti, perusahanya akan melibatkan man power dari SMK dan Politeknik di Jawa Tengah.

    Mobil Apa yang Dibuat?

    Nah, jika sudah tau kejelasan latar belakang perusahaan, lantas mobil apa yang akan dipasarkan nantinya?

    Ternyata menurut Eddy, strategi yang ditempuh PT SMK untuk hadir di pasar otomotif nasional adalah dengan cara menghadirkan mobil jenis komersial.

    “Kalau nggak komersial, kita nggak hidup lho. Passenger (mobil penumpang) kita belum, kita masih dedicated ke komersial juga,” ujarnya.

    Kata Eddy, jika tak ada aral melintang, salah satu mobil yang bakal dihadirkan nanti bernama Bima, dengan pilihan mesin 1.3 liter dan 1.2 liter.

    Namun sayang menyoal harga dan kapan mobil Esemka meluncur, Eddy masih enggan membahasnya lebih detail.

    “Itu rahasia perusahaan. Kita buat kejutan,” tuturnya. 

    Kendati demikian, bukan tak mungkin PT SMK juga akan menghadirkan mobil passenger. Karena mobil penumpang memang memiliki pasar cukup tinggi. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here