Jumat, April 19, 2024
Lainnya
    Berita7 Fakta Menarik Soal Mobil Listrik Wuling E200

    7 Fakta Menarik Soal Mobil Listrik Wuling E200

    Wuling Motors memang berasal dari China. Namun, begitu OLXer jangan menutup mata, sebab teknologi Tiongkok kini sudah lebih canggih dan modern. Hal ini juga terjadi pada industri otomotif mereka.

    Nah, pasca diumumkannya Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 soal kendaraan listrik, Wuling Motors di Indonesia melalui PT SGMW Motors Indonesia turut memamerkan mobil listriknya berupa E100 dan E200.

    Untuk E100 memang sudah terlebih dahulu ditampilkan di Indonesia, namun untuk E200 tergolong baru, tepatnya dipamerkan di ajang Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019 awal bulan ini. Sedangkan untuk E200 belum. Karena itu, kali ini kita akan sedikit mengulas apa saja hebatnya mobil listrik Wuling yang bentuknya mungil yaitu E200.

    Berikut ini fakta-fakta menarik soal Wuling E200, yakni:

    1. Integrated Driving Technology 

    Menurut Vice President Wuling Motors Cindy Cai, Integrated Driving Technology didukung konsep Vehicle-to-Everything, dimana konsep ini menghubungkan antara orang, kondisi jalan, kendaraan, hingga komputasi awan yang menjadikan mobil pintar ini mampu beradaptasi dengan infrastruktur di sekitarnya.

    “Teknologi berkendara ini telah diimplementasikan ke dalam mobil listrik E200 yang sudah dipasarkan di seluruh daratan Tiongkok,” ujar.

    Dengan teknologi ini pula, mobil bisa melaju sendiri tanpa sopir atau otonomos.

    2.  Fitur canggih melimpah

    Wuling E200

    Berkat Integrated Driving Technology, nyatanya hadir dengan beragam fitur, seperti forward collision warning yang mampu mendeteksi kondisi jalan di depan, intersection collision warning berguna untuk mencegah terjadinya tabrakan di persimpangan, real time traffic navigation memberikan informasi lalu lintas secara langsung, lane change warning, auto emergency brake, dan smart speed limit aid.

    Selain untuk berkendara di jalan raya, Integrated Driving Technology juga dapat digunakan untuk memarkirkan kendaraan.

    3. Fitur Autopilot Parking

    Mencari mobil di parkiran memang cukup membutuhkan waktu. Apalagi jika memang lupa dimana posisi terakhir mobil kita parkir.

    Nah, dengan fitur Autopilot Parking yang merupakan bagian dari Integrated Driving Technology, maka pengemudi cukup mengirimkan perintah melalui aplikasi untuk mencari tempat dengan manuver parkir yang akurat, lalu mematikan dan menyalakan mesin, kemudian memberikan notifikasi, serta menghampiri kembali pengemudi.

    4. Bisa melewati Jalanan Kecil

    Wuling E200

    Wuling E200 memang memiliki bentuk cukup mungil dengan dimensi panjang 2.497 milimeter, lebar 1.526 milimeter dan tinggi 1.616 milimeter.

    Tentu saja panjang dan lebar mobil yang satu ini tak jauh berbeda dimensi sepeda motor. Dengan begitu, untuk melewati jalan-jalan kecil juga tak masalah.

    Oia, desain Wuling E200 juga memiliki bodi eksterior yang dirancang dengan sentuhan elemen geometri yang menonjolkan karakter modern dan futuristik. 

    5. Kabin Nyaman dan Canggih

    Karena desain yang kecil, mobil listrik ini memiliki konfigurasi 2 penumpang. Namun begitu, mobil ini juga bisa memberikan kenyamanan seperti mobil pada umumnya.

    Kabin mobil listrik ini juga memiliki bentuk dashboard yang modern dilengkapi dengan 11 kompartemen penyimpanan, mulai dari bagian pintu, konsol tengah, hingga tempat penyimpanan tersembunyi di bawah bangku penumpang.

    Belum lagi banyak fitur pendukung turut dihadirkan mulai dari keyless entry, start stop button, dan electric parking brake (EPB). Mobil ini juga memiliki tiga mode berkendara yaitu Eco, Normal, dan Sport. Untuk memberikan hiburan bagi pengguna, Wuling E200 mempunyai koneksi Bluetooth, USB, hingga radio.

    6. Mobil Bermotor Listrik

    Karena mobil listrik, tentunya mobil ini digerakan motor listrik yang dijejali baterai lithium yang menghasilkan daya maksimal sebesar 29 kW dengan torsi sebesar 110 Nm.

    Mobil listrik E200 ini diklaim mampu dipacu dengan kecepatan 100 km/jam. Dalam kondisi baterai penuh, Wuling E200 dapat menempuh jarak sampai dengan 250 kilometer. 

    7. Ditantang Pemerintah Dibuat di Indonensia

    Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto sudah melihat langsung Wuling E200 di pabrik Wuling di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Airlangga menantang Wuling agar E200 dibuat di Indonesia dan juga bisa diekspor.  (Her)

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait