Minggu, November 28, 2021
OLX Auto
More
    TipsFaktor Penyebab Mobil Tak Bisa Distarter

    Faktor Penyebab Mobil Tak Bisa Distarter

    Semakin lama dipakai, mobil akan memperlihatkan penyakit yang diderita. Meskipun mobil tersebut dirawat dan diservis secara rutin. Akan tetap hal itu bisa dianggap wajar saja OLXer, karena setiap komponen mobil punya masa pakai.

    Nah, salah satu yang kerap dialami pemilik mobil, yaitu susah distarter. Tentu saja jika masalah susah distarter terjadi apalagi ketika haru buru-buru atau di lokasi yang jauh dari keramaian dan pusat kota, pastinya OLXer bakal cemas dan jantung berdebar tak karuan.

    Lantas OLXer tau ngga apa yang menyebabkan mobil tak bisa starter? Nah berikut ini akan kita jelaskan apa saja akar masalahnya;

    1. Aki

    Mobil juga perlu adanya arus listrik. Nah biasanya ada masalah yang terjadi pada sistem kelistrikan. Tentu saja sumber dari sistem kelistrikan adalah aki atau ACCU.

    Perlu dicatat, jika ada masalah pada sistem kelistrikan, maka ketika distarter timbul suara tidak wajar. Adapun hal tersebut biasanya karena aki soak dan berbagai masalah lainnya.

    2. Sikring

    Kasus ini juga masih pada sistem kelistrikan, biasanya mobil tidak bisa distarter masalah karena kabel sikring putus. Karena itu ada baiknya melakukan pemeriksaan pada kabel sikring. Sebab sikring bisa bermasalah lantaran sudah usang. Jika begitu,  maka ada baiknya mengganti dengan yang baru.

    3. Dinamo

    Dinamo jadi bagian penting untuk menyalakan mesin mobil. Karena dinamo mampu mengubah energi listrik dari aki menjadi energi putar menggunakan elektromagnetik. Dengan keberadaan dinamo, maka itu akan sangat membantu menyalakan mesin mobil.

    4. Busi

    Selain dua hal di atas, busi juga punya peran penting untuk menyalakan mobil. Karena busilah yang memberikan percikan bunga api untuk memicu pembakaran di ruang bakar.

    Nah ketika akan menstarter mobil, busi bisa saja mengalami masalah, apakah karena kotor atau usang.

    5. Sistem bahan bakar

    Tentu saja mobil ini memerlukan bahan bakar agar bisa bergerak. Namun permasalahannya adalah, jika memang bahan bakar terisi penuh tetapi tidak bisa distarter, itu lantaran ada aliran bahan bakar tidak terdistribusi sempurna mesin.

    Masalah lainnya yang sering terjadi jika mobil tak bisa distarter adalah fuel pump rusak, filter atau selang bahan bakar bocor, serta injektor tersumbat.

    6. Koil

    Koil juga punya peran penting jika starter mobil tidak berfungsi. Karena Koil merupakan komponen yang dapat menaikan tegangan listrik dengan jumlah besar ke aki dan selanjutnya mengalir arus listrik ke busi.

    7. Kunci kontak rusak

    Kunci kontak atau socket mobil juga bisa saja bermasalah. Biasanya masalah pada bagian ini karena kerap memaksakan kunci kontak masuk ke dalam lubang atau socket.

    Nah OLXer sendiri, punya jawaban lain nggak soal penyebab mobil tak bisa distarter? (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here