Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    MobilMobil BekasFantastis, Ongkos Perbaikan McLaren MP4-12C yang Kecelakaan di Tol Jagorawi Bisa Lebih...

    Fantastis, Ongkos Perbaikan McLaren MP4-12C yang Kecelakaan di Tol Jagorawi Bisa Lebih Rp 3,5 M

    Kecelakaan tunggal hypercar McLaren MP4-12C di jalan tol Jagorawi, Bogor, 3 Mei 2020 lalu cukup menyedot perhatian. Bagaimana tidak, mobil yang mampu berakselerasi dari 0-100 km per jam hanya dalam waktu 2.8 detik itu ringsek seketika.

    Tentu saja tak sedikit yang berpikir, kira-kira berapa yah biaya untuk merestorasi dikembangakan McLaren F1?

    Menanggapi hal tersebut, President Director TDA Luxury Toys (Importir Umum), William Tjandra mengatakan, bahwa harga perbaikannya bisa lebih mahal dari harga unit bekasnya.

    “Estimasi Rp 3 miliaran. Mungkin kalau dibenerin bisa lebih dari harga bekas sekarang,” ungkap William saat video conference.

    Wiliam sendiri mengatakan, pada dasarnya mobil yang sama, yaitu McLaren MP4-12C lansiran 2013, diperkirakan untuk harga bekasnya sekitar Rp 3-3,5 miliar.

    Jika OLXer melihat penampakan kecelakaan McLaren MP4-12C beberapa waktu lalu, kondisinya memang sangat tragis. Bodi yang terbuat dari serat karbon compang camping berserakan di tepi jalan.

    Sekadar informasi, McLaren MP4-12C telah menerapkan Carbon MonoCell yang dibuat dari material serat karbon, yang beratnya hanya 80 kg. Alhasil bobot mobil tersebut hanya 1.301 kg. Oia, MonoCell ini dibuat oleh Carbotech di Salzburg, Austria.

    Diketahui, McLaren sebelum resmi dibuat, mereka sudah membangun dua prototipe sendiri yang disebut CP1 dan CP2, menggabungkan Carbon Monocell monocoque untuk menguji sistem dan kinerja manajemen panas.

    McLaren MP4-12C dibenamkan jantung pacu cukup buas, yaitu  mesin V8 M838T berkapasitas 3.8 liter ditambah twin-turbo yang mampu menghasilkan daya hingga 592 Tenaga kuda pada 7.500 rpm dan torsi 600 Nm pada 5.600 rpm.

    Dengan tenaga yang disalurkan melalui transmisi dual-clutch otomatis tujuh percepatan, mobil tersebut mampu berakselerasi dari 0-100 km per jam hanya dalam waktu 2.8 detik dan dapat melesat hingga kecepatan tertinggi di angka 346,6 km per jam.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here