Senin, November 29, 2021
OLX Auto
More
    MobilMobil BaruFerrari F8 Spider Masuk Indonesia, Siap Jadi Rebutan Para Sultan

    Ferrari F8 Spider Masuk Indonesia, Siap Jadi Rebutan Para Sultan

    PT Eurokars Prima Utama selaku distributor Ferrari Indonesia akhirnya memperkenalkan mobil sport terbarunya berupa Ferrari F8 Spider.

    Menurut General Manager PT Eurokars Prima Utama Nini Chiandra, Ferrari F8 Spider merupakan generasi terbaru dari jajaran eksklusif dan mewah mobil atap terbuka (open-top) berbasis mesin V8.

    “Dilengkapi dengan mesin tengah-belakang (mid-rear-engine) yang paling sukses dalam sejarah Ferrari, F8 Spider bergabung bersama dengan SF90 Stradale dan Ferrari Roma yang juga baru saja diluncurkan, di showroom Ferrari di Jakarta Selatan,” ungkap Nini dalam keterangan tertulis, Rabu (24/3/2021).

    Nah untuk lebih lengkap sebenarnya apa saja kelebihan Ferrari F8 Spider yang notabenenya cocok untuk mainan baru para sultan di Indonesia. Berikut ulasannya:

    Desain

    Ferrari F8 Spider
    Ferrari F8 Spider mengusung konstruksi Retractable Hardtop (RHT) yang dapat terpasang atau menggulung dalam waktu 14 detik, dan dapat ditutup atau dibuka saat mobil melaju hingga kecepatan 45 km per jam.

    Secara desain Ferrari F8 Spider sejatinya dirancang bersamaan dengan F8 Tributo berlinetta, di mana mobil berlogo Kuda Jingkrak ini mengusung konstruksi Retractable Hardtop (RHT) yang diklaim ramping dan efisien.

    Bagian atap yang bisa terbuka ini dapat terpasang atau menggulung dalam waktu 14 detik, dan dapat ditutup atau dibuka saat mobil melaju hingga kecepatan 45 km per jam.

    Bagian atap, tampilan wajah depan Ferrari F8 Spider ini sangat terasa sporty dan memiliki aerodinamika. Tampilan kap mesin F8 Spider dibuat berbentuk menyerupai ikan pari manta yang dirancang dengan konstruksi rangka tengah dimulai dari kaca belakang menuju ke bawah sayap spoiler, mengikuti arah aliran udara.

    Selain itu, bagian lampu depan LED berbentuk horizontal juga terlihat keren, lebih ramping dan stylish. Belum lagi dua sayap di antara kap mesin berpadu harmonis dengan kerangka bodi. Desain elemen sayap tersebut menciptakan ruang bagi ventilasi aliran udara di bawahnya sehingga mampu mengurangi hawa panas dari mesin.

    Pada bagian bodi samping, desain Ferrari F8 Spider ini dibuat bergelombang meliuk-liuk sampai ke bagian belakang dan spoiler membentuk siluet menyerupai leher angsa ala Fl (pilar penunjang sayap belakang).

    Tidak hanya itu, tampilan spoiler belakang ternyata dirancang menjadi lebih besar dan menutupi area sekitar lampu belakang, sehingga memberikan efek centre of gravity rendah, ditambah mengadopsi lampu kembar klasik yang dipadukan dengan warna yang senada, seperti gaya Berlinetta 8-silinder dan juga 308 GTB.

    Kabin

    Ferrari F8 Spider
    Desain kokpit F8 Spider mempertahankan kesan klasik khas mobil Berlinetta Ferrari, yang menggunakan mesin tengah-belakang, serta konsep mengemudi mobil ini layaknya seperti pada mobil F1, di mana seluruh kontrol pengaturan dapat diakses dari lingkar kemudi. 

    Desain kokpit F8 Spider mempertahankan kesan klasik khas mobil Berlinetta Ferrari, yang menggunakan mesin tengah-belakang, serta konsep mengemudi mobil ini layaknya seperti pada mobil F1, di mana seluruh kontrol pengaturan dapat diakses dari lingkar kemudi. 

    Pada bagian dashboard, mobil ini dilengkapi panel aluminium yang memanjang pada bagian tengah ruang kemudi. Untuk menciptakan kesan ringan, aplikasi serat karbon digunakan sebagai pemisah antara bagian atas dan bawah dashboard sehingga tampilannya terkesan ramping. 

    Pada bagian ini terdapat opsi fitur pengaturan layar sentuh berukuran tujuh inch di bagian penumpang dan menggunakan berbagai instrumen klasik, di mana posisi tachometer berada di tengah.

    Pada bagian bawah dashboard tersedia cukup luas sehingga memperkuat kesan ringan dari keseluruhan desain interior mobil. Desain kontur dashboard sangat menyolok dan tampak seperti mengambang sehingga memberi nuansa kabin yang lebih ramping.

    Mesin 

    Ferrari F8 Spider
    Tampilan belakang Ferrari F8 Spider. 

    Untuk jantung pacu, Ferrari F8 Spider sudah mengising basis mesin V8 8-silinder berkapasitas 3.902 cc ini mampu menghasilkan daya 720 cv atau 710 Tk  pada 8.000 rpm serta torsi maksimum 770 Nm pada 3.250 rpm.

    Tidak cukup dengan mesin yang ditanamkan, Ferrari F8 Spider ini sudah menggunakan teknologi Ferrari Dynamic Enhancer (FDE+) yang dapat diaktifkan di posisi mode RACE manettino, sehingga memberikan performa berkendara maksimal, mudah dijangkau, dan dikendalikan.

    Di sisi lain, terdapat fitur Adaptive Performance Launch yang dapat menganalisis kekuatan cengkeraman ketika mobil berakselerasi, dan kontrol elektronik untuk mengoptimalkan torsi sesuai dengan kondisi jalan, sehingga dapat mengurangi risiko selip roda serta memaksimalkan akselerasi.

    Untuk menciptakan performa mobil yang mengesankan para insinyur Ferrari melakukan pengembangan sistem Side Slip Control mampu meningkatkan pengendalian mobil pada level yang lebih ekstrim dari balik kemudi. Pembaharuan sistem SSC dari versi 6.0 ke 6.1 membuat sistem FDE+ dapat diaktifkan di posisi mode RACE manettino.

    Dengan berbagai kecanggihan tersebut, di atas kerta Ferrari F8 Spider ini mampu berakselerasi dari 0-100 km per jam hanya dalam waktu 2,9 detik dan sanggup melesat hingga 340 km per jam. 

    Harga 

    Menyoal harga Ferrari F8 Spider, PT Eurokars Prima Utama tidak menyebutkan. Hal ini sudah menjadi hal biasa, karena setiap calon pemilik mobil mewah biasanya ingin memberikan atau mengubah langsung apa yang ada pada mobil tersebut sebelum sampai di garasi.  

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here