Rabu, Desember 1, 2021
OLX Auto
More
    MobilMobil BaruFerrari Portofino M, Siap Jadi Mainan Baru Para Sultan di Indonesia

    Ferrari Portofino M, Siap Jadi Mainan Baru Para Sultan di Indonesia

    Pandemi Covid-19 rupanya bukan alasan untuk membeli mobil mewah dan pastinya fresh from the oven alias paling baru untuk pasar otomotif nasional.

    Setidaknya hal ini dibuktikan oleh PT Eurokars Prima Utama selaku distributor resmi Ferrari di Indonesia yang memboyong unit terbaru berupa Ferrari Portofino M.

    “Ini Ferrari Portofino M. M nya singkatan dari Modificata, dan versi ini sudah mengalami perubahan, terutama performanya dibandingkan versi sebelumnya,” ungkap Marketing Department Experience Manager, Benedict Setyawan, saat ditemui di acara Media Preview Ferrari Portofino M, di Ferrari Showroom & Service, Cilandak, Jakarta, Kamis (3/6/2021).

    Secara desain, Ferrari Portofino M tak lepas dari versi lama, namun beberapa penyerangan dilakukan agar tampil dinamis, sedangkan untuk performanya memang lebih bertenaga.

    Eksterior

    Ferrari Portofino M
    Ferrari Portofino M

    Nah, bagian yang paling beda pada Ferrari Portofino M ini sangat terlihat pada bagian bumper depan dengan bentuk lubang asupan udara yang lebih lebar. 

    Selain itu, ventilasi udara baru pada lengkung roda (wheel arch) berubah untuk mengurangi hambatan keseluruhan mobil. Bagian dari aliran udara yang berasal dari bagian depan diarahkan ke ventilasi baru, kemudian dipercepat saat keluar untuk meningkatkan daya ekstraksi. 

    Selain itu, bagian gril menggunakan bilah aluminium dengan ujung berbentuk persegi yang kontras, kemudian ada juga sebuah garis bermaterial karbon terlihat dari bumper depan hingga samping yang ternyata sengaja dibuat untuk meningkatan kinerja aerodinamis. 

    Ferrari Portofino M
    Tampilan belakang Ferrari Portofino M. (Herdi Muhardi)

    Pada bagian belakang, sistem knalpot yang baru disebut tampilan ujungnya lebih ramping, demikian juga pada bagian bumper belakang. 

    Tidak hanya itu, diffuser belakang telah didesain ulang dan sekarang terpisah dari bumper. Ini memungkinkan pengguna untuk memilih opsi diffuser belakang berbahan serat karbon, yang semakin menonjolkan karakter sporty.

    Untuk kaki-kaki, Ferrari Portofino M telah dipasang velg berbentuk diamond-finish dan memberikan efek gelap-terang (chiaroscuro) sehingga terlihat sempurna antara keanggunan dan tampilan sporty. 

    Interior

    Ferrari Portofino M
    Ferrari Portofino M

    Masuk ke dalam kabin, sudah pasti tampilan Portofino M sangat memukau, seperti struktur dasbor bertingkat yang terdiri dari bagian atas, kemudian terdapat celah perantara. 

    Bilah aluminium horizontal di tengah dasbor membagi panel instrumen, ventilasi AC, dan layar penumpang menjadi area yang terpisah dari bagian atas. Fungsi kontrol lainnya terletak pada bagian scooped di bawah, dengan layar sentuh berukuran 10,25 inci di tengah. 

    Sistem infotainment mencakup layar sentuh kapasitif Full HD dengan Split View yang dapat terhubung dengan Apple Carplay dan Android Auto.  Untuk desain kursi mobil ini juga tidak sembarangan, karena bantalan (padding) memiliki kepadatan yang berbeda serta profil sandaran kursi yang sangat ramping.

    Selain itu, tersedia tiga level ventilasi untuk kursi dan sandarannya, serta sistem penghangat leher yang sangat berguna saat musim dingin. 

    Ferrari Portofino M sendiri memiliki opsi kelengkapan Advanced Driver Assistance Systems (ADAS), yaitu:

    • Adaptive Cruise Control dengan fungsi Stop & Go untuk berkendara di jalan raya.

    • Predictive Emergency Brake System, yang dapat memberikan peringatan kepada pengemudi perihal potensi kecelakaan dan menyiapkan mobil untuk mengurangi efek benturan frontal.

    • Blind Spot Monitoring untuk mengingatkan pengemudi adanya kendaraan di posisi blind spot.

    • Lane Departure Warning, memberikan peringatan akustik dan/atau visual apabila mobil keluar dari jalurnya.

    • Automatic High Beam, secara otomatis menyalakan dan mematikan penggunaan lampu jauh (high beams) saat berkendara di malam hari.

    • Traffic Sign Recognition, secara konstan menampilkan batas kecepatan pada jalan-jalan yang dilalui kendaraan.

    • Surround View dengan tampilan 3D.

    • Rear Cross Traffic Alert, memberikan peringatan kepada pengemudi apabila ada hambatan yang tak terlihat di belakang mobil ketika mobil akan mundur.

    Performa Mesin

    Untuk jantung pacu Ferrari Portofino M dilengkapi mesin berkapasitas 3.855cc berbasis turbo V8 yang menghasilkan tenaga lebih besar yaitu menjadi 620 tenaga kuda pada 7.500 rpm atau 20 Tk lebih besar dari Ferrari Portofino versi sebelumnya. Sedangkan torsinya masih sama yaitu 761 Nm.

    Ya, powertrain didesain ulang, gearbox baru 8-percepatan, dan Manettino 5-posisi yang mencakup mode Race, sehingga Portofino M memberikan aura performa GT otentik, kepuasan berkendara, kelincahan, dan kedayagunaan yang luar biasa dalam hal berkendara sehari-hari.

    Di atas kertas, Ferrari Portofino M diklaim mampu berakselerasi dari 0-100 km per jam hanya dalam waktu 3,4 detik dan sanggup melesat dengan kecepatan 320 km per jam.

    Harga 

    Ferrari Portofino M
    Ferrari Portofino M

    Meski baru hadir pertama kali dihadapan awak media, namun Ferrari Portofino M ini disebut-sebut sudah banyak para sultan yang melirik ingin mendapatkannya. 

    Menyoal harga, PT Eurokars Prima Utama enggan membocorkan. Hal ini karena calon konsumen kerap tak ingin tampil standar bawaan pabrikan.

    Akan tetapi untuk harga pasar di luar negeri, basis harga Ferrari Portofino M diperkirakan mencapai US$ 244.000 atau sekitar Rp 3,5 miliar. Nah, apabila masuk ke Indonesia harganya bisa melesat naik lagi karena ongkos kirim, pajak dan segala macamnya.  

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here