Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    MobilReviewFerrari SF90 Spider Masuk Indonesia, Cocok Untuk Koleksi Para Sultan

    Ferrari SF90 Spider Masuk Indonesia, Cocok Untuk Koleksi Para Sultan

    Kaum kaya raya dan para sultan di Indonesia kini bakal punya mainan baru. Ya, ini karena PT Eurokars Prima Utama selaku distributor Ferrari di Indonesia baru saja menghadirkan sosok Ferrari SF90 Spider yang siap dipinang konsumen di Tanah Air. 

    Menurut Experience Manager Ferrari Indonesia Benedict Setyawan, Ferrari SF90 Spider merupakan mobil sport dengan atap terbuka atau convertible yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia.

    “Ferrari SF90 Spider dengan SF90 Stradale itu speknya sama. Ada orang yang senangnya Stradale, dan ada yang nunggu Spider, jadi ini (SF90 Spider) kesempatan mereka,” ungkap Nini disela acara private preview di The Langham Jakarta. 

    Kelebihan Ferrari SF90 Spider

    Ferrari SF90 Spider kabin
    Sejumlah tombol hadir di bagian lingkar kemudi Ferrari SF90 Spider. (Herdi Muhardi)

    Seperti disebutkan di atas, Ferrari SF90 Spider sejatinya masih satu model dengan SF90 Stradale. Akan tetapi, untuk SF90 Spider ini atapnya bisa dibuka dan konstruksinya menggunakan Retractable Hard Top (RHT) khas Ferrari. Meski bagian atap bisa ditutup dan dibuka, Ferrari mengklaim bahwa 

    untuk memberikan kenyamanan, konsep RHT tetap dapat meredam suara secara optimal dan proteksi dari berbagai elemen saat digunakan, bahkan tidak terdeformasi pada kecepatan tinggi.

    Disebutkan, konsep RHT ini tetap dibuat sangat ringkas, mudah, dan ringan. Bahkan untuk membuka dan menutup bagian atap hanya membutuhkan waktu 14 detik. Dan itu dapat dioperasikan dengan menyentuh tombol meski saat mobil melaju.

    Konsep atap RHT ini pun menghabiskan ruang sebesar 100 liter. Menggunakan material aluminium, alhasil bobot nya menjadi berkurang sekitar 40 kg lebih ringan dari model RHT konvensional. 

    Nah, dengan menggunakan atap terbuka, disebutkan hal ini dapat menambah sensasi kenikmatan berkendara bagi siapapun pemiliknya. 

    Belum lagi untuk Ferrari SF90 Spider ini jadi lebih spesial karena tidak dibalut dengan warna merah, melainkan warna khusus untuk mobil Ferrari versi Spider, yaitu dibalut kelir Giallo Montecarlo. 

    Untuk fitur dan teknologinya, sudah tak perlu diragukan. Bahkan mobil ni sudah menggunakan sejumlah bodi sudah menggunakan carbon fibre. Sedangkan ketika OLXer berada di balik kemudi, bisa memilih mode mode berkendara yang terdiri dari eDrive, Hybrid, Performance, dan Qualify. Hal ini untuk menikmati sensasi pengalaman di balik kemudi.

    Belum sampai disitu, mobil ini juga memiliki roda kemudi baru dengan touchpad, sehingga pengemudi dapat mengontrol setiap aspek mobil secara virtual tanpa memindahkan tangan dari kemudi. 

    Menariknya, pusat cluster instrumen berbasis digital menggunakan layar HD lengkung 16 inci, dapat dikonfigurasi dan dikendalikan sepenuhnya dari roda kemudi. Pada instrumen central tunnel, pengendalian girboks otomatis dapat diatur oleh fitur grille-style yang mengacu pada desain ikonik tuas transmisi manual Ferrari.

    Yang jelas, mobil ini memang dapat memuaskan para kamu tajir, yang ingin membawanya ke garasi. 

    Adapun untuk jantung pacu, Ferrari S90 Spider ini sudah menggunakan sistem plug-in hybrid (PHEV) yang dijejali mesin twin turbo V8 berkapasitas 4.0 liter dan didukung tiga motor listrik yang menggunakan baterai lithium ion 7,5 kWh.

    Secara total dengan mesin tersebut daya maksimal yang dihasilkan mencapai 1.000 cv atau sama dengan 986 Tenaga kuda, dan torsi mencapai 800 Nm. 

    Seperti halnya SF90 Stradale, SF90 Spider juga memiliki sistem All Wheels Drive (AWD), sehingga ketika berakselerasi dari 0-100 km per jam menghabiskan waktu 2,5 detik, sedangkan ketika berakselerasi dari 0-200 km per jam mencapai 7,0 detik.

    Lantas berapa harga Ferrari SF90 Spider? 

    Ferrari SF90 Spider
    Ferrari SF90 Spider. (Ferrari)

    Sejumlah pihak Ferrari Indonesia enggan menyebutkannya, dengan alasan masing-masing konsumen kerap menginginkan mobilnya tampil custom sesuai pesanan, sehingga wujudnya akan berbeda satu dan yang lainnya. 

    Akan tetapi jika melihat beberapa situs luar negeri, di pasar Amerika Serikat Ferrari SF90 Spider dijual sekitar US$ 558 ribu atau sekitar Rp 7,9 miliar. Nah, jika masuk Indonesia, konon untuk mobil-mobil sejenis Ferrari bisa 2-3 kali lipatnya. Ehm, kebayangkan harganya berapa!

     

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here