Jumat, September 30, 2022
More
    MotorFilter Udara Punya Peran Penting di Motor Injeksi, Begini Cara Merawatnya

    Filter Udara Punya Peran Penting di Motor Injeksi, Begini Cara Merawatnya

    Menjaga performa mesin motor injeksi caranya cukup praktis dan efisien. Yang harus dijaga adalah komponen filter udara atau saringan udara.

    JAKARTA – Kebanyakan teknologi sepeda motor saat ini sudah menggunakan sistem injeksi. Dengan teknologi ini sepeda motor menjadi lebih bertenaga tapi tetap irit dalam urusan konsumsi bahan bakar.

    Salah satu pabrikan yang seluruh produknya menggunakan teknologi injeksi adalah Yamaha, termasuk untuk model sepeda motor matik-nya.

    Teknologi injeksi motor Yamaha ini hadir dalam mesin Blue Core.

    Untuk menjaga motor Yamaha tetap dalam performa terbaiknya, khususnya kinerja teknologi injeksi, perlu dilakukan perawatan secara berkala.

    “Untuk menjaga performa sepeda motor, konsumen sangat diwajibkan untuk melakukan perawatan rutin mulai dari pengecekan berkala sesuai waktu yang direkomendasikan sampai penggantian sparepart jika sudah perlu diganti,” ungkap Riyadi Prihantono, Koordinator Manager After Sales & Motor Sport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

    Menurut Riyadi, menjaga performa mesin motor injeksi caranya cukup praktis dan efisien. Yang harus dijaga adalah komponen filter udara atau saringan udara.

    Sparepart ini merupakan bagian penting dari teknologi injeksi di sepeda motor. Fungsinya untuk menyaring udara dari berbagai partikel asing, seperti debu atau kotoran yang akan masuk ke mesin sehingga aliran udara ke ruang bakar menjadi bersih, ujung-ujungnya bisa memaksimalkan proses pembakaran.

    Baca Juga: Masalah Pada Filter Udara Bisa Biang Keladi Bahan Bakar Boros

    Jenis Filter Udara dan Cara Merawatnya

    Sebelum membahas bagaimana menjaga kebersihan filter udara, kita bahas terlebih dulu jenis-jenisnya.

    Filter udara ada dua jenis, yaitu tipe kering dan tipe basah. 

    Filter udara kering mudah untuk dibersihkan. Cukup menggunakan semprotan angin bertekanan tinggi untuk disemprotkan di kisi-kisi filter untuk menghilangkan partikel debu dan kotoran yang menempel. 

    Sementara untuk filter udara jenis basah tidak bisa dibersihkan dengan cara tersebut. Satu-satunya solusi adalah menggantinya dengan filter udara baru.

    Tapi dari perbedaan kedua jenis filter udara tersebut, jenis basah paling bagus digunakan karena memiliki daya saring yang lebih baik. 

    Tapi, apapun jenis filter udara yang digunakan di motor injeksi, harus tetap dilakukan pengecekan serta diganti kalau sudah sampai batas pemakaian sewajarnya, sesuai dengan buku pedoman pemilik kendaraan.

    Jadi kalau dilihat dari fungsinya yang begitu penting, maka pemilik sepeda motor dengan teknologi mesin injeksi wajib mengecek filter udara secara rutin.

    Pemilik motor Yamaha yang melakukan servis berkala di bengkel resmi Yamaha akan sangat diuntungkan untuk urusan ini. 

    Pasalnya teknisi Yamaha akan selalu memberikan rekomendasi jika filter udara masih bisa dibersihkan dan layak digunakan atau sudah perlu diganti, sesuai dengan jarak tempuh dan waktu pemakaian yang direkomendasikan di buku petunjuk pemilik.

    ‘‘Perawatan sepeda motor Yamaha dan pergantian sparepart sangat dianjurkan di bengkel resmi Yamaha. Sparepart yang digunakan sudah pasti asli dan sepeda motor dirawat oleh teknisi yang andal,” tutup Riyadi Prihantono.

    Pemilik sepeda motor Yamaha akan sangat terbantukan dengan hadirnya aplikasi my Yamaha yang selalu mengingatkan jadwal servis serta mempermudah dalam melakukan booking service.

    Tabel Rekomendasi Penggantian Filter Udara Motor Yamaha

    Tipe MotorMesinJarak TempuhWaktu Penggunaan
    Bebek / Moped115 cc10.000 km10 bulan
    135 cc10.000 km10 bulan
    150 cc10.000 km10 bulan
    Matik125 cc15.000 km15 bulan
    150 cc12.000 km12 bulan
    250 cc12.000 km12 bulan
    Sport150 cc10.000 km10 bulan
    250 cc15.000 km15 bulan

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here