Kamis, September 29, 2022
More
    MobilFitur AYC New Xpander Cross, Berani Menikung Layaknya Professional Driver

    Fitur AYC New Xpander Cross, Berani Menikung Layaknya Professional Driver

    Akselerasi ekstrim tidak butuh skill tingkat dewa layaknya seorang Rifat Sungkar, karena fitur AYC New Xpander Cross akan bekerja secara maksimal. 

    TANGERANG – Usai meluncurkan New Xpander Cross di ajang GIIAS 2022, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) langsung mengajak awak media untuk merasakan langsung apa yang menjadi keunggulan di mobil Low SUV tersebut.

    News.OLX menjadi salah satu media yang diundang di event Media Test Drive Mitsubishi New Xpander Cross yang berlangsung di Indonesia Safety Driving Center (ISDC), Serpong Utara, Tangerang Selatan pada hari Rabu, 24 Agustus 2022.

    Fitur AYC New Xpander Cross
    New Xpander Cross (Foto: Zie)

    Secara keseluruhan New Xpander Cross memang tampil lebih sempurna sebagai mobil SUV dan tongkrongannya semakin berkarakter.

    Berbagai ubahan hadir di New Xpander Cross, mulai dari sektor eksterior, interior, bagian kaki-kaki hingga penambahan fitur baru yang menjadikannya semakin nyaman.

    Sistem Kerja Fitur AYC New Xpander Cross di Tikungan

    Fitur AYC New Xpander Cross

    Namun tujuan utama dari first impression ini adalah untuk membuktikan langsung bagaimana fitur baru di Xpander Cross bernama Active Yaw Control (AYC) mampu meningkatkan rasa aman berkendara.

    “AYC merupakan fitur terbaru untuk meningkatkan rasa aman dan percaya diri dalam berkendara. Fitur ini akan bekerja optimal saat melakukan tikungan tajam di jalan yang licin sehingga mobil tidak akan kehilangan kontrol dan ngebuang,” jelas Muhammad Arif Dwianto Head of Training Section PT MMKSI dalam pemaparannya sebelum test drive berlangsung, Rabu (24/8/2022).

    Hal ini memang terbukti ketika tiba giliran News.OLX duduk di balik kemudi mobil dan mulai melakukan pengujian di area ISDC.

    Berakselerasi dengan cara melakukan putaran tajam di permukaan yang basah dengan kecepatan tinggi (70 km/jam), tidak menjadikannya oleng dan keluar dari track yang dibatasi cone.

    Tidak berasa limbung sama sekali, arah mobil tetap mengikuti putaran kemudi dan tidak terasa gejala oversteer seperti yang banyak dikhawatirkan pengemudi ketika menikung tajam di jalan yang licin.

    Bahkan kami tidak perlu menginjak rem sedikitpun, cukup mengendalikan putaran kemudi dan bermain di buka tutup gas saja. 

    Jadi untuk melakukan akselerasi se-ekstrim itu tidak butuh skill tingkat dewa layaknya seorang Rifat Sungkar, karena fitur AYC yang akan bekerja secara maksimal. 

    “Saat menikung dengan tajam, fitur YAW akan memberikan kontrol di sektor pengereman di sisi dalam tikungan,” terang Muhammad Arif Dwianto.

    Kerja dari fitur AYC ini juga bisa terpantau melalui indikator yang ada di meter cluster. Seberapa kuat kerja sistem pengereman otomatis tersebut bisa dilihat dari tingkat bar yang ada. Semakin tajam akselerasi menikung dalam kecepatan tinggi, maka semakin penuh juga lampu bar indikator AYC yang menyala.

    Performa suspensi di New Xpander Cross juga mendapat penyempurnaan, khususnya di bagian roda belakang. Menurut Muhammad Arif Dwianto, improvement ini membuat Xpander Cross semakin nyaman.

    “New Xpander Cross sudah menggunakan peredam kejut yang diameternya setara dengan yang ada di Pajero Sport. Ini semakin memberikan kenyamanan dan stabilitas berkendara dengan Xpander Cross yang baru. Body-nya juga dibuat lebih rigid, sehingga mempengaruhi respon kemudi, jauh lebih responsif.” 

    Aksen Chrome Berkurang, Tampilan New Xpander Cross Jadi Lebih Gagah

    Fitur AYC New Xpander Cross

    New Xpander Cross dari sisi fascia pada dasarnya masih tetap mempertahankan bahasa desain khas Mitsubishi Motors, “Dynamic Shield”

    Tapi untuk detailnya terdapat beberapa pembaruan, mulai dari T-Shape Headlamp, Front & Rear Powerful Bumper Design, LED Fog Lamp, Distinctive Trapezoid Grille, dan Wheel Arch Moulding yang disempurnakan.

    Selain itu menurut Muhammad Arif Dwianto, aksen chrome di New Xpander Cross juga semakin berkurang.

    “Xpander Cross sekarang untuk aksen chrome-nya sudah dikurangi. Ini dilakukan untuk mengejar kesan lebih SUV, bukan lagi kesan mewah. Jadi beberapa detail sudah tidak pakai aksen tersebut, termasuk roof rail yang awalnya pake aksen chrome sekarang diganti warna hitam,” tegasnya.

    Sedangkan di bagian interior, Mitsubishi New Xpander Cross juga lebih banyak menggunakan bahan soft touch yang tebal, khususnya di bagian dashboard.

    Satu lagi fitur baru yang ada di mobil ini adalah tersedianya wireless charging, desain lingkar kemudi baru, serta multi around monitor.

    Cari mobil Xpander Cross bekas? Klik DISINI

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here