Sabtu, April 20, 2024
Lainnya
    Tips & TrikKenali Apa Itu Flat Spot dan Cara Mencegahnya

    Kenali Apa Itu Flat Spot dan Cara Mencegahnya

    Apa itu Flat Spot? Ini adalah kondisi di mana tapak ban Mobil mengalami kerusakan atau keausan yang disebabkan oleh tekanan secara terus menerus pada bagian ban yang sama.

    JAKARTA – Pemilik kendaraan roda empat yang aktivitasnya banyak di luar kota dan sering meninggalkan mobil parkir di garasi dalam waktu yang cukup lama, harap memperhatikan hal ini.

    Mobil yang sering diparkir lama sebaiknya perlu melakukan pengecekan lebih teliti saat ingin menggunakannya kembali.

    Bagian yang perlu mendapat perhatian disini adalah kaki-kaki kendaraan, seperti ban, cakram, maupun kampas rem. 

    Karena mobil yang jarang dipakai kemudian menganggap kondisi ban serta cakram dan kampas rem-nya masih baik-baik saja. 

    Ini adalah pola pikir yang salah. Cakram akan lebih mudah berkarat pada kendaraan yang sudah lama tidak digunakan, sedangkan kampas rem pada ban belakang akan menjadi lengket karena terlalu lama berada pada posisi mencengkram. 

    Karat tersebut bisa menimbulkan suara decitan saat melakukan pengereman, dan kampas rem yang lengket membuat laju kendaraan jadi tersendat.

    Sedangkan pengaruh pada ban adalah rentan mengalami  flat spot

    Apa itu Flat Spot? Ini adalah kondisi di mana tapak ban mengalami kerusakan atau keausan yang disebabkan oleh tekanan secara terus menerus pada bagian ban yang sama. 

    Kondisi ban yang dingin karena cuaca dan kondisi ruang penyimpanan yang lembab juga menjadi penyebab tekanan udara pada ban akan lebih cepat berkurang.

    Flat Spot

    “Secara fisik ban yang mengalami flat spot susah untuk diketahui karena bagian yang mengalami flat spot berada pada bagian yang berkontak langsung dengan permukaan. Saat mengemudi, Anda bisa merasakan getaran, handling yang tidak nyaman, hingga dentuman halus,” jelas Apriyanto Yuwono, National Sales Manager Passenger Car Radial (PCR) PT Hankook Tire Sales Indonesia dalam siaran pers beberapa waktu lalu.

    Menurutnya ada dua jenis flat spot, yaitu yang sifatnya permanen dan sementara. Penting untuk mengenali jenis flat spot yang terjadi sehingga kita bisa mengetahui bagaimana cara untuk mengatasinya. 

    Jika yang terjadi adalah flat spot permanen maka yang harus dilakukan adalah mengganti ban mobil tersebut. 

    Sedangkan, jika yang terjadi adalah flat spot sementara, ini bisa hilang ketika kita berkendara dan ban menjadi lebih panas.

    5 Cara Mencegah Flat Spot Pada Ban Mobil

    Berikut adalah 5 kiat mencegah flat spot pada ban kendaraan dari Hankook Tire 

    • Gunakan Penyanggah Ban 

    Apabila kendaraan tidak di pakai dalam jangka waktu yang sangat lama, dengan menggunakan penyanggah maka ban akan tetap bertahan pada bentuk aslinya, tidak membebani pada satu titik tumpu saja. Hal ini bisa mencegah terjadinya flat spot dalam cuaca apapun. Namun, hindari kontak langsung sinar matahari terhadap ban. Karena sinar UV bisa merusak dan membuat ban menjadi kering.

    • Panaskan Kendaraan Secara Berkala 

    Memanaskan kendaraan bagus untuk mesin agar tetap bekerja dengan baik, dan kesehatan ban, gunakan kendaraan Anda untuk berkeliling selama 5 – 7 menit di sekitar rumah. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga suhu ban agar tetap stabil sehingga struktur ban tersebut tidak berubah.

    • Naikan Tekanan Angin Pada Ban 

    Sebelum meninggalkan kendaraan Anda, cobalah untuk menaikan tekanan hingga ±3 psi, atau pastikan tidak melewati batas maksimal rekomendasi dari pabrikan. Hal ini diperuntukan ketika Anda ingin menggunakan kendaraan setelah lama tidak digunakan dengan risiko yang lebih sedikit.

    • Cek Tekanan Angin Secara Berkala 

    Tekanan yang stabil dapat mengurangi kerusakan yang fatal. Jika tekanan angin pada ban sudah dibawah batas normal, Anda bisa segera mengisi tekanan anginnya.

    • Cek Keausan Ban Pada Simbol TWI (tread wear indicator) 

    Berkurangnya tekanan angin pada ban dapat mempercepat keausan pada ban. Karena, beban yang diterima oleh tapak ban akan menjadi lebih besar sehingga terjadi defleksi ban. Pengecekan ini dapat dilakukan minimal satu minggu sekali.“Kondisi flat spot dan kampas rem yang lengket akan mengganggu performa kendaraan Anda, jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, kondisi tersebut bisa menimbulkan risiko yang berbahaya. Maka dari itu, Hankook Tire siap memberikan layanan konsultasi perawatan ban di setiap jaringan distribusi kami,” tutup Apriyanto.

    Buat kalian yang ingin membeli mobil bekas, kondisi ban di mobil yang Anda incar juga perlu untuk diperhatikan, apakah terjadi flat spot atau tidak.

    Flat Spot
    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait