Minggu, Mei 29, 2022
More
    MobilFord Ecosport, SUV Bekas Murah Meriah Dengan Fitur Melimpah

    Ford Ecosport, SUV Bekas Murah Meriah Dengan Fitur Melimpah

    Ford EcoSport, nama mobil yang satu ini memang tergolong cukup asing di telinga masyarakat Indonesia. Maklum, merek mobil asal Amerika Serikat tersebut kini tak lagi dijual di pasar nasional.  

    Ya, ini karena Ford Ecosport yang diluncurkan ke Indonesia tahun 2014 hanya seumur jagung, setelah Ford Motor Company memilih cabut dari Indonesia pada tahun 2016.

    Padahal dari segi teknologi maupun fitur yang dibenamkan pada mobil-mobil Ford tergolong canggih dan modern di masanya. Termasuk yang ada pada Ford Ecosport.

    Nah, mau tahu lebih jauh soal Ford Ecosport, berikut ulasannya

    Sejarah Ford Ecosport di Indonesia

    Kehadiran Ford Ecosport pada tahun 2014, cukup menarik perhatian karena mobil yang masuk segmen Low Sport Utility Vehicle (SUV) digadang-gadang menjadi rival Toyota Rush dan Daihatsu Terios.

    Perlu diketahui, di masa itu meski mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) sangat populer, namun jenis SUV sudah diprediksi penjualannya akan meroket.

    Benar saja, dalam beberapa tahun terakhir mobil bergaya SUV cukup laris, baik di dunia maupun di Indonesia.

    Bahkan menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), dalam beberapa tahun terakhir peminat SUV mengalami peningkatan.

    Tentu saja nasi sudah menjadi bubur. Meski Ford sudah tak lagi jualan di Indonesia, nyatanya Ford Ecosport masih cukup menarik, karena desain gagah, serta ground clearance tinggi yaitu 200 mm sehingga dianggap cocok untuk kondisi jalanan di Indonesia.

    Fakta Ford Ecosport

    1. Hadir di 2014-2016

    Ford Ecosport hadir di Indonesia di bawah patung Ford Motor Indonesia (FMI) selaku distributor resmi. Mobil ini Meluncur pada tahun 2014 sampai 2016.

    Ya, usia Ford Ecosport masih sangat muda, karena pada tahun 2016, FMI undur diri dari persaingan market otomotif di Tanah Air.

    2. Mobil dijual secara global

    Ford Ecosport bukanlah mobil yang khusus untuk pasar Indonesia. Sebaliknya mobil ini dijual untuk memenuhi keinginan global.

    Ya, Ford kala itu memiliki strategi berupa One Ford, dimana mobil racikannya, walau satu model bisa diproduksi dimana saja, mulai dari Kawasan Asia, Afrika, Eropa hingga Australia.

    3. Rakitan Thailand

    Sama seperti mobil Ford lainnya, Ecosport belum dirakit atau diproduksi secara lokal. Bahkan Ford Ecosport dibawa ke Indonesia dalam bentuk CBU dari Thailand. Adapun di Thailand mobil ini cuma sekadar dirakit.

    4. Generasi kedua

    Ford Ecosport yang masuk Indonesia hanya bertahan dua tahun, yaitu 2014-2016. Namun faktanya, mobil ini sudah dikembangkan dan di niagakan sejak tahun 2003, serta diproduksi di pabrik Camacari, Brazil.

    Bahkan Ford Ecosport juga ikut digarap di Chennai, India, pada tahun 2012.

    5. Fitur canggih di kelasnya

    Bicara soal mobil Ford, maka OLXers akan menemukan fitur-fitur canggih. Bahkan saat pertama kali mobil ini dilengkapi lampu LED Light untuk bagian wajah.

    Sedangkan bagian interior, sudah dilengkapi sistem hiburan berupa layar LCD, dilengkapi dengan keypad untuk memudahkan operasional  kabin mobil sangat modern.

    Mobil ini juga dilengkapi Electronic Automatic Temperature Control, yang bekerja otomatis sesuai dengan suhu yang diinginkan.

    Kemudian ada Ford SYNC yang dapat digunakan untuk telepon tanpa menyentuh, membacakan SMS, mencari dan memainkan lagu via telepon, dan terkoneksi USB yang dihubungkan ke sistem audio.

    Ada juga Voice Command, dimana sistem ini bisa diperintah melalui suara  untuk.

    Beberapa fitur canggih di masanya yaitu, Keyless entry dan Push start button, ada pula immobilizer, sensor mundur, wiper dengan sensor air hujan, serta auto head lamp dimana lampu utama akan hidup dan mati secara otomatis, jika terkena sensor cahaya, serta sunroof.

    6. Fitur keamanan dan keselamatan lengkap

    Ford Ecosport, dijejali beberapa fitur keamanan dan keselamatan, seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD) dan Electronic Stability Control (ESC).

    Belum lagi mobil ini sudah dilengkapi dual SRS airbags sabuk keselamatan, dan bodi baja boron yang berkekuatan 4 kali baja biasa.

    7. Cocok untuk Indonesia

    Seperti disebutkan sebelumnya, Ford Ecosport ini sangat cocok digunakan di Indonesia yang memiliki kontur jalan bergelombang, dan juga rawan banjir.

    Baca juga  Baru Masuk Indonesia, Harga Toyota GR Yaris Bekas Tembus Rp 1,5 Miliar

    Maka dari itu Ford Ecosport yang mengusung mobil SUV Compact, memiliki ground clearance tinggi, mencapai 200 mm.

    Ketinggian ground clearance tak lepas dari penggunaan bagian suspensi depan memakai MacPherson dan belakang Semi Independent dengan Coil Spring, kemudian menggunakan velg 16 inchi.

    Agar lebih sangar, Ford Ecosport disematkan roof rail, frameless wiper, fog lamp belakang

    8. Mesin 1.5 cc

    Banyak yang menyebutkan, jika Ecosport menggunakan basis dari Ford Fiesta. Ya, ini memang bisa saja terjadi, karena strategi mereka yaitu One Ford.

    Maka dari itu, Ford Ecosport masih menggunakan mesin 1.500 cc, 4 silinder dengan tenaga 110 PS pada putaran 6.300 rpm dan torsi 142 Nm

    9. Empat Varian

    Ford Ecosport ditawarkan lima varian yang ditawarkan, yaitu tipe Ambiente MT, Trend MT, Trend AT, Titanium MT, Titanium AT.

    Harga Ford Ecosport

    Ford Ecosport dijual di OLX Autos.

    Saat pertama kali Ford EcoSport meluncur tahun 2014, harga mobil ini mulai dari Rp 195 juta sampai dengan Rp 242 juta on the road Jakarta.

    Karena tak ada lagi model barunya, maka jika OLXers ingin mencari Ford Ecosport tidak ada salahnya melirik model bekasnya.

    Seperti halnya di platform jual beli mobil bekas OLX, terdapat puluhan Ford Ecosport dan tentunya dengan harga yang bervariasi.

    Bahkan ada Ford Ecosport dibanderol termurah mulai dari Rp 80 juta sampai yang termahal di harga Rp 138 jutaan.

    Nah, karena mobil bekas, tentu saja harganya bisa tidak sama satu dan lainnya. Namun yang pasti, harga Low SUV yang kaya fitur ini nyatanya bisa lebih murah dari mobil Low Cost Green Car (LCGC). Cukup menarikan!

    Apalagi desas desusnya, selain bagian after sales yang masih beroperasi, Ford digadang-gadang kembali aktif di Indonesia.

    Ketahui Saat Membeli Ford Ecosport Bekas

    Sekadar informasi, apabila OLXers memang berniat membeli mobil Ford Ecosport bekas jangan heran, meski ada satu merek dan jenis model, varian, serta tahun produksinya sama, namun untuk harga bisa berbeda-beda.

    Bahkan ada juga tahun produksinya lebih muda tapi harganya justru lebih rendah.

    Hal ini dikarenakan untuk menentukan harga sebuah mobil bekas memang ‘gelap’, bisa tergantung dari beberapa faktor, seperti kondisi mobil, jarak tempuh, kelengkapan surat-suratnya, serta lokasi si penjual.

    Belum lagi harga mobil Ford Ecosport bekas bisa saja tinggi, karena sang pemilik sangat rajin merawat mobilnya, serta pajak dibayar tepat waktu.

    Apabila OLXers memang ingin mencari mobil Ford Ecosport bekas, tidak ada salahnya melakukan cek dan ricek, termasuk membawa orang ahli untuk melakukan pemeriksaan.

    Oia, jika diperbolehkan melakukan test drive, makan manfaatkan untuk mengetahui apakah mobil bekas yang OLXers idamkan terasa ada masalah atau tidak.

    Bekas Berkualitas

    Jika OLXers ingin membeli mobil Ford Ecosport bekas berkualitas, tidak ada salahnya mengunjungi platform jual beli online OLX Autos.

    Pasalnya, di platform ini hadir juga Ford Ecosport bekas dengan nilai grade A atau kondisinya masih sangat baik dari segi eksterior, interior, maupun mesin.

    Ya, ini karena tim inspeksi OLX Autos sudah melakukan pengecekan hingga 150 titik, dimana mobil inipun dipastikan kondisinya bebas tabrakan, atau kecelakaan dan juga banjir.

    Menyoal harga Ford Ecosport bekas memang sangat bervariasi dan pastinya kondisinya mulus karena nilai grade A. Bahkan jika beruntung, harganya masih bisa dinegosiasi lagi.

    Yang menariknya lagi, jika beli di OLX Autos, maka akan mendapatkan banyak pilihan mobil sesuai budget, lulus inspeksi mobil, Home Test Drive, 30 hari garansi mesin & garansi uang kembali selama 7 hari, dan gratis biaya perawatan + ganti oli 30.000 km atau 18 bulan.

    Mau lihat wujud Ford Ecosport bisa klik di OLX Autos.

    Atau, mau lihat sekilas ulasan Ford Ecosport Grade A, lihat videonya di bawah ini.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here