Sabtu, April 20, 2024
Lainnya
    LainnyaMengenal Fungsi Turbo pada Mobil, Cara Kerja hingga Penyebab Kerusakannya

    Mengenal Fungsi Turbo pada Mobil, Cara Kerja hingga Penyebab Kerusakannya

    Dalam dunia otomotif, ada sebuah istilah turbo yang biasa disematkan pada mobil-mobil premium. Turbo sendiri merupakan perangkat yang disematkan pada mesin untuk meningkatkan performanya. 

    Turbo ini merupakan perangkat induksi paksa atau forced induction yang dipasang pada bagian-bagian pipa gas buang kendaraan.

    Turbo punya dua turbin yang letaknya di satu poros yang sama. Turbin pertama disebut drive turbin dan yang kedua adalah driven turbin yang bisa berputar karena turbin pertama.

    Turbo di mesin mobil biasanya juga dilengkapi dengan intercooler sehingga udara yang dihasilkan akan didinginkan terlebih dahulu. Hal ini membuat pembakaran menjadi lebih sempurna.

    Selain itu bila diperhatikan sudah cukup banyak mobil di Indonesia yang menggunakan turbo. Namun masih pada kelas-kelas mobil premium yang harganya lebih dari Rp500 jutaan. 

    Turbo ini bisa ditemukan pada mobil Honda Civic, Toyota Fortuner dan sejenisnya. Berikut ulasan mengenai fungsi turbo pada mobil. 

    Fungsi turbo pada mobil

    Pada setiap mesin mobil, ada dua unsur agar mesin bekerja dengan maksimal. Yaitu dengan adanya udara berupa oksigen dan bahan bakar. Maka dari itu kombinasi keduanya akan menghasilkan tenaga pembakaran pada mesin.

    Peran turbo sendiri berfungsi untuk memasukan lebih banyak udara ke dalam ruang pembakaran mesin untuk meningkatkan tenaga. Tenaga yang dihasilkan dengan menambahkan mesin turbo ini akan jauh meningkat hingga 50% dari kapasitas mesin standarnya.

    Fungsi turbo sendiri bermacam-macam, berikut fungsi turbo pada mobil.

    • Meningkatkan efisiensi bahan bakar

    Menggunakan turbo pada mesin mobil ternyata dapat membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien. Karena turbo ini bekerja dengan cara mendaur ulang energi buangan yang dihasilkan oleh mesin.

    Sehingga energi dari mesin tanpa turbo terbuang, namun pada mesin turbo ini digunakan lagi dan dimasukan ke oleh turbo melalui turbin dan diubah menjadi tenaga mesin lebih besar.

    Sehingga mobil dengan mesin turbo dapat berakselerasi lebih cepat dan efisien dalam konsumsi bahan bakarnya. 

    • Meningkatkan torsi dan tenaga mesin

    Penggunaan mesin turbo pada mobil biasanya ditujukan untuk meningkatkan tenaga yang dihasilkan oleh mesin. Dengan adanya pembakaran sempurna karena kombinasi udara dan bahan bakar yang seimbang, maka daya yang dihasilkan semakin tinggi, yaitu saat busi memantik api untuk membakar kombinasi tersebut.

    Hal ini membuat torsi dan tenaga yang dihasilkan dalam satu siklus pembakaran akan meningkat. Jadi, saat mengendarai mobil, kendaraan kamu akan terasa lebih bertenaga.

    • Meningkatkan tenaga mesin berkapasitas kecil

    Salah satu cara agar tenaga mesin tetap besar meski berkapasitas kecil adalah dengan menambahkan mesin turbo. Hal ini cukup banyak diterapkan pada mesin mobil SUV keluaran terbaru. 

    Untuk mobil dengan kapasitas mesin yang kecil, turbo pun memiliki fungsi yang tak kalah penting. Memasang turbo bisa jadi solusi jika ingin membuat tenaga mesin mobil tersebut lebih besar atau lebih bertenaga lagi.

    • Mengurangi emisi mesin berbahaya

    Tak hanya untuk efisiensi penggunaan bahan bakar, teknologi pada turbo pun dapat mengurangi tingkat emisi dan polusi. Meski ada anggapan jika mesin berkecepatan tinggi mengeluarkan lebih banyak emisi, namun ternyata tak demikian.

    Cara kerja turbo pada mobil

    Fungsi turbo mobil

    Turbo memiliki dua komponen utama yaitu turbin dan kompresos. Memanfaatkan gas buang dari kenalpot yang dialirkan ke turbin sehingga akan memutar turbin yang terhubung dengan kompresor.

    Putaran yang dihasilkan oleh gas buang ini dapat mencapai 150 ribu rpm atau lebih cepat hingga 30 kali lipat dari mesin mobil biasa. Semakin tinggi rpm yang dihasilkan maka semakin kuat pula tekanan gas buang yang membuat turbin berputar lebih cepat.

    Turbin yang berputar dan terhubung dengan kompresor akan menghisap lebih banyak udara dan menambah volume udara untuk dibawa masuk ke mesin.

    Namun tidak jarang bahwa turbo ini mengalami kemacetan atau disebut turbo lag. Hal ini terjadi karena turbin dari turbo ini telat untuk berputar karena gas buang dari mesin tidak cukup kuat untuk memutarnya.

    Tetapi saat ini sudah ada teknologi VGT (variable geometry tube) yang membuat turbo lag lebih sedikit.

    Penyebab turbo mobil rusak

    Sebagai sebuah komponen pada mesin mobil, turbo pun bisa mengalami kerusakan. Hal ini disebabkan karena pemakaian dan usia pakainya. Maka dari itu perlu diperhatikan dalam merawat mobil yang dibekali dengan turbo.

    Berikut penyebab turbo mobil rusak:

    • Kualitas bahan bakar buruk

    Penyebab yang cukup sering terjadi turbo mobil rusak adalah karena kualitas dari bahan bakar yang buruk. Saat sudah menggunakan mobil dengan turbo harus memilih bahan bakar yang memiliki oktan tinggi atau seperti yang disarankan pabrikan.

    • Kualitas oli mesin buruk

    Penggunaan oli mesin yang berkualitas akan mempengaruhi dari kinerja mesin turbo. Pasalnya bila oli ini buruk akan memperbesar terjadinya gesekan antar komponen hingga membuat rusak turbo.

    • Filter udara kotor

    Turbo sendiri bekerja dengan menghisap udara disekitar. Sebelum udara ini masuk akan disaring oleh filter. Apabila ditemukan banyak kotoran, tentu akan membuat kinerja dari mesin turbo bermasalah.

    • Usia pakai

    Pada setiap komponen yang digunakan oleh kendaraan bermotor pasti memiliki usia pakai. Kalau sudah usang tentu harus dilakukan perbaikan atau penggantian komponen.

    • Intercooler bermasalah

    Udara yang masuk ke dalam pembakaran pastinya akan didinginkan terlebih dahulu oleh intercooler. Apabila pendingin udara ini bermasalah akan menimbulkan turunnya performa dari turbo dan mesin.

    • Seal bermasalah

    Pada mesin turbo terdapat sebuah seal yang menghubungkan mesin dengan komporesor. Apabila karet seal ini retak, maka oli mesin bisa merembes dan mengganggu kinerjanya.

    Nah setelah menyimak penjelasan mengenai fungsi turbo pada mobil tentu sedikit banyak Anda menjadi bertambah wawasan. Jangan lupa untuk selalu merawan kondisi kendaraan Anda dalam keadaan prima.

    Kalau soal urusan beli mobil bekas, pastikan untuk memilih di OLX Autos yang dapat memberikan penawaran terbaik dan garansi pada unit yang Anda beli. 

    Pilih mobil bekas berkualitas terbaik, dan harga yang paling reasonable di OLX Autos. Ada ribuan unit mobil bekas berkualitas yang bisa dipilih. Kami menjamin semua unit mobil berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Dengan harga dan biaya perawatan yang rendah, kebutuhanmu bisa terpenuhi!

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait