Kamis, April 18, 2024
Lainnya
    LainnyaApa Itu Gardan Mobil, Jenis, Fungsi dan Cara Kerjanya

    Apa Itu Gardan Mobil, Jenis, Fungsi dan Cara Kerjanya

    Gardan mobil adalah komponen penting dalam sistem penggerak roda pada kendaraan. Gardan memiliki fungsi untuk menghubungkan mesin atau transmisi dengan roda belakang dan meneruskan tenaga dari mesin ke roda belakang. 

    Dengan berbagai jenis dan fungsi yang dimilikinya, gardan mobil dapat memberikan kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Adanya komponen bernama gardan ini memungkinkan kendaraan bergerak pada berbagai kondisi medan dan kecepatan yang berbeda-beda.

    Masih banyak yang tidak tahu fungsi dari gardan, bukan hanya seperti sumbu roda pada mobil. Namun dalam gardan mobil terdapat berbagai komponen berupa gear dan cara kerjanya yang komplek.

    Baca juga: Mengenal Oli Gardan Mobil, Cara Mengecek dan Menggantinya Secara Mandiri 

    Agar lebih memahami apa itu gardan mobil, jenis, fungsi dan cara kerjanya, berikut dirangkum seputar tentang gardan mobil.

    Apa Itu Gardan Mobil

    Gardan mobil adalah salah satu komponen penting pada sistem transmisi mobil yang berfungsi untuk menghubungkan roda belakang dengan transmisi atau mesin mobil. Gardan mobil juga disebut dengan differential gear atau diff gear.

    Fungsi utama dari gardan mobil adalah untuk membagi tenaga dari mesin ke roda belakang dengan cara yang optimal. Ketika mobil berbelok, roda belakang harus bergerak pada kecepatan yang berbeda-beda. 

    Gardan mobil memungkinkan roda belakang untuk bergerak pada kecepatan yang berbeda-beda ini tanpa mengganggu pergerakan roda yang lain, sehingga memastikan mobil dapat berbelok dengan lancar dan stabil.

    Gardan mobil terdiri dari beberapa komponen seperti cakram, pinion gear, crown gear, spider gear, dan bearing. Semua komponen ini bekerja bersama-sama untuk memastikan gardan mobil berfungsi dengan baik dan dapat menangani beban yang diberikan oleh mobil. 

    Penting bagi pemilik mobil untuk melakukan perawatan teratur pada gardan mobil agar dapat berfungsi dengan baik dan tidak mengalami kerusakan yang berpotensi membahayakan keselamatan pengendara.

    Baca juga: Pahami Kelebihan dan Kekurangan Mobil dengan Penggerak Roda Depan

    Jenis Gardan Mobil

    Ilustrasi gardan
    Ilustrasi gardan (eti-edu)

    Ada beberapa jenis gardan mobil yang umum digunakan pada mobil, di antaranya adalah:

    • Open Differential

    Gardan mobil yang paling umum digunakan pada mobil. Differential ini terdiri dari dua roda gigi yang berputar secara independen, dan terhubung oleh poros transmisi di tengahnya. 

    Differential ini dapat membagi tenaga antara roda kiri dan kanan pada saat mobil berbelok, sehingga memungkinkan roda untuk bergerak pada kecepatan yang berbeda-beda. 

    Namun, differential ini tidak cocok untuk kondisi off-road atau berkendara di medan yang licin, karena tenaga hanya akan diberikan pada roda yang memiliki traksi terbaik.

    • Limited-Slip Differential (LSD)

    Jenis gardan mobil yang mengatasi kelemahan open differential dengan membatasi jumlah tenaga yang diberikan pada roda yang kehilangan traksi, dan memberikan lebih banyak tenaga pada roda yang memiliki traksi lebih baik. Differential ini dapat meningkatkan traksi pada mobil, terutama saat berkendara di medan yang licin atau off-road.

    • Locking Differential

    Jenis gardan mobil yang memberikan traksi yang lebih baik daripada LSD. Differential ini mengunci kedua roda untuk bergerak bersama-sama, sehingga memungkinkan mobil untuk melewati medan yang lebih sulit dengan traksi yang lebih baik. 

    Namun, penggunaan differential ini hanya dianjurkan pada medan yang berat atau off-road, dan dapat mempengaruhi manuverabilitas pada saat mobil berbelok.

    • Electronic Differential

    Jenis gardan mobil yang menggunakan sistem elektronik untuk mengatur aliran tenaga antara roda kiri dan kanan. Differential ini dapat meningkatkan traksi pada medan yang licin, dan memberikan kinerja yang lebih baik pada saat mobil berbelok. Namun, differential ini lebih kompleks dan lebih mahal daripada jenis differential lainnya.

    Baca juga: Akibat Oli Transmisi Motor Matic Jarang Diganti

    Fungsi Gardan Mobil

    Gardan mobil, juga dikenal sebagai poros penggerak atau poros transmisi, berfungsi untuk mentransfer daya dari mesin ke roda. Gardan mobil biasanya terdiri dari beberapa komponen, termasuk gigi, bantalan, dan roda gigi. 

    Gardan mobil juga memungkinkan roda mobil untuk berputar pada sudut yang berbeda satu sama lain, sehingga memungkinkan mobil untuk berbelok dan bermanuver di jalan.

    Gardan mobil terhubung dengan transmisi mobil dan diferensial, yang mengatur jumlah daya yang diteruskan ke setiap roda. Selain itu, gardan mobil juga membantu mengurangi getaran dan keausan pada komponen lainnya di mobil, seperti suspensi dan roda.

    Dengan demikian, gardan mobil memainkan peran penting dalam kinerja dan kemampuan mobil untuk bergerak dengan baik di jalan raya.

    Selain itu gardan juga memiliki fungsi lain, yaitu:

    • Pembeda putaran poros roda kiri dan kanan

    Pengertian dari fungsi ini adalah pembeda gerak putar porosnya sehingga membuat radius belok mobil menjadi lebih pendek dan mobil tidak perlu berputar lebih jauh ketika kendaraan ingin berbelok secara keseluruhan.

    • Penerus tenaga putar

    Gardan mobil juga berfungsi sebagai penerus tenaga putar mesin ke poros penggerak. Komponen ini akan meneruskan tenaga putar dari mesin ke ban mobil sehingga laju kendaraan bisa dikontrol untuk maju, mundur atau berbelok.

    • Mengubah arah putar

    Gardan mobil bisa berfungsi untuk mengubah arah putar sebesar 90 derajat. Tenaga putar yang pada awalnya lurus,akan diubah 90 derajat sehingga bisa memutar poros penggerak.

    • Meningkatkan tenaga putar

    Fungsi lainnya yaitu adalah untuk meningkatkan tenaga putar atau momen. Tenaga yang berasal dari mesin akan disalurkan ke poros roda penggerak sehingga membuat tenaga putar yang dihasilkan menjadi lebih besar.

    • Efisiensi bahan bakar

    Pada mobil dengan gardan mobil yang efisien, gardan mobil dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar. Differential pada gardan mobil memungkinkan tenaga dari mesin didistribusikan secara optimal ke roda belakang, sehingga memastikan mobil bergerak lebih efisien dan hemat bahan bakar.

    Cara Kerja Gardan Mobil

    Gardan mobil berfungsi sebagai penghubung antara transmisi mobil dan roda. Gardan mobil mentransfer daya dari mesin ke roda, dan memungkinkan roda untuk berputar pada sudut yang berbeda satu sama lain.

    Cara kerja gardan mobil dapat dijelaskan sebagai berikut:

    1. Gardan mobil terhubung dengan transmisi mobil dan diferensial, dan menerima daya dari mesin melalui transmisi.
    2. Gardan mobil memiliki roda gigi yang terhubung dengan roda mobil. Ketika gardan mobil menerima daya dari mesin, roda gigi ini berputar.
    3. Pada saat yang sama, gardan mobil memungkinkan roda mobil untuk berputar pada sudut yang berbeda satu sama lain. Hal ini memungkinkan mobil untuk berbelok dan bermanuver di jalan.
    4. Gardan mobil juga membantu mengurangi getaran dan keausan pada komponen lainnya di mobil, seperti suspensi dan roda.
    5. Selama mobil bergerak, gardan mobil terus mentransfer daya dari mesin ke roda, sehingga mobil dapat terus bergerak maju.

    Dalam keseluruhan sistem transmisi mobil, gardan mobil berperan penting dalam mengoptimalkan kinerja dan kemampuan mobil untuk bergerak dengan baik di jalan raya.

    Itulah penjelasan mengenai gardan mobil yang berperan sangat penting dalam menunjang kenyamanan mobil dalam berkendara. Pastikan bahwa saat membeli mobil bekas tidak ada masalah pada gardan mobil.

    Pastikan membeli mobil bekas di dealer terpercaya yang dapat memberikan penawaran terbaik serta garansi pada unit yang Anda beli seperti OLX Autos.

    Pilih mobil bekas berkualitas terbaik, dan harga yang paling reasonable di OLX Autos. Ada ribuan unit mobil bekas berkualitas yang bisa dipilih. Kami menjamin semua unit mobil berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Dengan harga dan biaya perawatan yang rendah, kebutuhanmu bisa terpenuhi!

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait