Selasa, November 30, 2021
OLX Auto
More
    TipsGenangan Air Saat Hujan, Mobil Harus Hindari atau Terabas?

    Genangan Air Saat Hujan, Mobil Harus Hindari atau Terabas?

    Turun hujan memang menjadi berkah bagi manusia. Akan tetapi, bagi pengendara mobil maupun sepeda motor di jalan raya turunnya hujan menjadi tanda agar mereka harus lebih ekstra berhati-hati dan waspada ketika mengemudi. 

    Pasalnya, hujan bahkan disertai angin kencang kerap kali terjadi. Hal ini turut muncul berbagai masalah mulai dari pohon tumbang, tanah longsor, kemacetan, hingga banjir.

    Bahkan di kota besar, hujan turun kerap kali membuat macet lantaran genangan air tak bisa mengalir ke saluran pembuangan. 

    Nah, jika terjadi hal itu terjadi, banyak pengemudi yang tak punya pilihan selain menerobos genangan air karena berbagai alasan. Lantas apakah adanya genangan air pengemudi harus benar-benar menerabas atau menghindari?

    Tentu saja jika harus melewati jalan dengan genangan air ada beberapa hal yang harus diketahui sebelum mobil dipacu, antara lain:

    Pertama, pastikan kendaraan yang OLXer gunakan sedang dalam kondisi fit dan mumpuni. Karena performa mobil dalam kondisi baik atau tidak tentunya yang dapat memastikan adalah si pengemudi itu sendiri. 

    Kedua, pastikan ground clearance tinggi. Jika mobil ada ground clearance pendek seperti sedan atau city car ada baiknya jangan melakukan hal tersebut. Tapi kalau SUV bisa saja melewatinya.

    Karena itu, pastikan mobil OLXer lebih tinggi ground clearancenya daripada genangan air.

    Ketiga, jika memang tak ada jalan lain dan harus menerabas, pastikan filter udara tidak kemasukan air. Sebab, saat mobil melaju bukan tak mungkin terjadi gelombang atau riak air.

    Nah, apabila filter udara terendam maka berimbas pada masalah water hammer kemudian ke ruang pembakaran seperti koil, busi, dan hal itu dapat merusak mesin. Selain itu, ada juga komponen lainnya jadi bermasalah seperti Engine Control Unit (ECU).

    Keempat, jika terpaksa menerabas genangan, bisa menggunakan gigi rendah dengan kecepatan konstan. Perlu dicatat, hindari teknik setengah kopling ataupun mengocok gas dalam genangan karena berpotensi menimbulkan gelombang atau riak air.

    Kelima, jika berhasil melewati genangan air, segera periksa sejumlah bagian mobil, mulai dari ban, rem dan lainnya. Oia, agar kondisi rem tetap optimal OLXer bisa memacu mobil dengan kecepatan rendah, sekitar 5 km/jam, kemudian injak pedal rem berkali-kali. 

    Keenam, jika merasa tak yakin karena telah melewati genangan air apalagi cukup tinggi, ada baiknya segera lakukan pemeriksaan di bengkel resmi.

    Tapi perlu OLXer ketahui juga, apabila ketinggian genangan air melebihi batas aman, ada baiknya berbalik arah. Jika memang terlanjur terendam, maka jangan pernah sekali-kali mencoba menyalakan mesin mobil, karena hal itu akan memperparah. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here