Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    BeritaGokil, Ternyata Mazda Pernah Buat Mobil Mini Seukuran Koper

    Gokil, Ternyata Mazda Pernah Buat Mobil Mini Seukuran Koper

    Sejumlah mobil Mazda saat ini dikenal dengan slogan Zoom Zoom, yang secara garis besar menyatakan bahwa mobil-mobil Mazda dibuat untuk kesenangan berkendara. Tak heran, kalau setiap produk Mazda dikenal dengan berbagai produk yang memiliki inovasi tinggi. 

    Namun OLXer juga harus tahu, bahwasanya merek mobil Mazda yang pertama didirikan pada 1920 juga pernah membuat Suitcase Car atau mobil koper.

    Seperti dilansir situs Mazda, Suitcase Car memang dibuat seperti sebuah koper dan pertama kali hadir jelang acara internal Mazda ‘Fantasyard’ pada 1991, dimana sejumlah karyawan Mazda saat itu ditantang untuk menghadirkan ide gila agar menghasilkan sebuah kendaraan berpenggerak mesin paling inovatif dan kreatif.

    Suitcase Car Mazda
    Suitcase Car Mazda. (Motor1)

    Saat itu, setidaknya ada tujuh orang insinyur terpilih dari divisi Manual Transmission Testing and Research Group Mazda membeli koper Samsonite berdimensi 57 x75 sentimeter yang sering mereka temukan, serta sebuah sepeda motor Pocket Bike atau motor mini.

    Ya, setelah itu mereka menggabungkan Pocket Bike ke dalam koper hingga berevolusi menjadi Suitcase Car, yang mengusung mesin dua tak berkapasitas 33,6 cc dan mampu menghasilkan daya hingga 1,7 tenaga kuda.

    Bagian roda, Suitcase Car ini sudah dilengkapi dengan roda berukuran 4-6 inci yang menjorok keluar koper. Untuk merubah koper menjadi mobil mirip gokart hanya membutuhkan waktu sekitar satu menit saja.

    Suitecas Car Mazda
    Suitcas Car Mazda. (Motor1)

    Menurut Motor1, tidak disebutkan nama yang pasti untuk Suitcase. Akan tetapi, mobil koper konsep ini  diklaim mampu melaju dengan kecepatan penuh hingga 30 km per jam

    Disebutkan, prototipe Suitcase Car yang asli secara tidak sengaja dihancurkan hanya beberapa bulan setelah acara Fantasyard. Namun begitu, mobil mini dengan bobot 32 kg itu ada satu unit lainnya, dan hingga saat ini masih bisa dioperasikan dengan baik.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here