Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    BeritaGoodbye Holden! Selamat Datang Mobil Listrik

    Goodbye Holden! Selamat Datang Mobil Listrik

    Merek mobil legendaris asal Australia, Holden, akan disuntik mati mulai 2021. Hal ini diumumkan langsung General Motor selaku perusahaan multinasional yang hingga saat ini mengendalikan Holden.

    Sebelumnya, Holden memang sudah mengumumkan akan menutup pabrik di Australia, pada 2013 dan baru direalisasikan pada Oktober 2017 lalu. Setidaknya, 944 orang kala itu harus kehilangan pekerjaan.

    Kini, yang lebih mengejutkan mencuat, dimana alasan GM membunuh merek mobil Holden, tak lain agar mereka fokus berinvestasi menghadapi industri otomotif di masa depan yang diprediksi akan berubah drastis yaitu menuju era elektrifikasi dan teknologi autonomous. Demikian dilansir Caranddrive, Kamis (20/2/2020).

    GM juga memiliki target besar di era kendaraan listrik di masa depan, maka dari itu mereka berinvestasi hingga menghabiskan biaya mencapai US$ 1,1 miliar.

    Sekilas Sejarah Holden

    Holden sendiri memang sudah menjadi brand ikonik yang kental dengan Australia. Bahkan sebelum namanya mendunia seperti saat ini, Holden yang berdiri sejak 1856, ternyata awalnya bukan merek sebuah mobil melainkan pembuat sadel untuk kuda.

    Nah, memasuki 1908, Holden akhirnya berevolusi dengan mulai memproduksi kendaraan penumpang. Selain 30 tahun kemudian tepatnya pada 1931, Holden diakuisisi dan menjadi anak perusahaan GM dan nama perusahaannya menjadi General Motors-Holden's Ltd,

    Kemudian pada 1998, nama tersebut kembali diubah lagi menjadi Holden Ltd. Nama yang sekarang digunakan, mulai dipakai pada 2005.

    Keberadaan Holden semakin dikenal di negeri Kangguru, karena GM memberikan perintah agar Holden bertanggung jawab atas divisi operasional kendaraan GM di Australia dengan menjual mobil merek Holden. 

    Selama Holden berdiri, mobil-mobil yang dijual cukup memukau. Bahkan bagi pecinta otomotif, Holden memiliki beberapa mobil jenis sedan yang kuat dan berotot seperti Monaro dan Commodore.

    Selain itu, Holden juga punya beberapa model yang sudah masuk di era 80-90an seperti halnya Holden FC, FB, Monaro, Kingswood, Statesman, dan Torana. 

    Namun sayang, kini merek Holden akan segera punah. GoodBye Holden!

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here