Rabu, Januari 26, 2022
More
    BeritaGoodyear Gandeng Monolith Kembangkan Karbon Hitam Ramah Lingkungan

    Goodyear Gandeng Monolith Kembangkan Karbon Hitam Ramah Lingkungan

    OHIO – Goodyear Tire & Rubber Company baru saja menandatangani perjanjian kerjasama dan letter of intent (LOI) dengan Monolith untuk pengembangan dan potensi penggunaan karbon hitam untuk ban. 

    Karbon hitam dari proses pirolisis metana berbasis plasma ini nantinya akan membantu perusahaan dalam mengidentifikasi, menentukan dan menggunakan bahan yang lebih berkelanjutan.

    Goodyear kini tengah mengevaluasi karbon hitam yang dihasilkan dari metana dan/atau biometana sebagai bagian dari riset bersama Monolith, pemimpin dunia dalam produksi bahan dan hidrogen bersih.

    “Di Goodyear, komitmen keberlanjutan kami akan membuat dampak positif melalui pilihan bahan yang kami gunakan,” kata Chris Helsel, Wakil Presiden Senior, Operasi Global dan Chief Technology Officer. 

    Karbon hitam sendiri merupakan bahan utama untuk membuat ban yang meningkatkan kekuatan, daya tahan pada tusukan, dan ketahanan abrasi. 

    Ban pada umumnya terdiri dari 15-20% karbon hitam berbanding berat total ban. 

    “Kolaborasi kami dengan Monolith adalah salah satu contoh bagaimana kami menggunakan bahan berkelanjutan dalam produk berkualitas yang menjanjikan masa depan yang lebih baik,” lanjutnya.

    Menanggapi kerjasama ini, Rob Hanson, Co-Founder dan CEO Monolith mengaku sangat bangga bisa menjadi bagian dari rencana misi Goodyear untuk membuat ban berkelanjutan.

    “Kami merasa terhormat dapat bekerja sama dengan perusahaan seperti Goodyear yang berbagi semangat bersama dalam menciptakan produk berkualitas yang diproduksi secara bertanggung jawab, dan kami sangat ingin melihat kemajuan apa yang akan dibawa kolaborasi ini ke dalam industri ban.”

    Menurutnya proses berbasis plasma harus menghasilkan manfaat bagi lingkungan di seluruh fase-nya, termasuk pengurangan emisi karbon, dibandingkan dengan karbon hitam yang diproduksi secara tradisional.

    Teknologi ini memiliki potensi dampak karbon-netral hingga karbon-negatif, berdasarkan peningkatan pemanfaatan bahan baku biometana, disandingkan dengan gas alam di masa depan.

    Proses berbasis plasma Monolith memanfaatkan listrik terbarukan untuk menyelesaikan pirolisis metana dan menghasilkan keluaran hanya pada karbon dan hidrogen.

    Beberapa pilihan mobil bekas berkualitas di OLX Autos #JUJURLYAMAN menggunakan ban merek Goodyear. Klik disini untuk melihat listing pilihan mobil bekas berkualitas.

    Baca juga  Isi Lengkap Peraturan Menteri Perhubungan Soal Larangan Mudik Lebaran 2020

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here