Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    TipsGosip atau Fakta, Bensin dan Solar Bisa Bersihkan Mesin Motor Sampai Kinclong

    Gosip atau Fakta, Bensin dan Solar Bisa Bersihkan Mesin Motor Sampai Kinclong

    Bagi sebagian pemilik kendaraan khususnya sepeda motor, mereka kerap kali tidak puas hanya dengan membersihkan bagian bodi atau kaki-kaki saja. 

    Ya, ada yang merasa bahwa membersihkan sepeda motor secara menyeluruh termasuk pada bagian mesin. Hanya saja, untuk membersihkan daerah jantung pacu perlu beberapa trik agar kotoran bisa terangkat.

    Menurut sejumlah sumber, salah satu cara membersihkan mesin sepeda motor sebaiknya menggunakan shampoo khusus. Catat, OLXer jangan menggunakan shampoo rambut atau detergen.

    Shampoo rambut atau detergen memiliki kandungan zat kimia yang bukan diperuntukan bagi mesin. Bahkan jika mencuci menggunakan shampoo atau detergen, bisa menimbulkan bercak putih.

    Namun OLXer juga perlu tahu, ternyata untuk membersihkan noda yang menempel pada mesin sepeda motor, menurut Wahana Honda, bisa dilakukan dengan bensin maupun solar. 

    “Tetap gunakan kuas ataupun sikat gigi untuk detail di bagian – bagian kecil pada motormu. Gunakan juga amplas halus jika masih ada kerak membandel di mesinmu. Gosok secara hati – hati, jangan sampai amplas malah membuat mesin tergores dan membekas di mesin,” begitulah tulis Wahana Honda.

    Hal serupa juga disebutkan situs resmi Suzuki, meski solar dan bensin dikenal sebagai bahan bakar mesin kendaraan. Namun, siapa sangka bahwa sebenarnya solar dan bensin juga merupakan salah satu cairan pembersih mesin motor yang sangat ampuh.

    “Apalagi jika kotoran yang menempel pada mesin sangat membandel, solar atau bensin tersebut dengan cepat mengangkat segala kotoran yang tidak dapat dibersihkan menggunakan deterjen atau shampoo,” tulis Suzuki.

    Cara untuk membersihkannya tak jauh beda dengan yang disebutkan Wahana Honda, yaitu cukup menggosokkan solar atau bensin menggunakan sikat gigi atau kuas ke mesin motor. 

    Dengan cara tersebut, semua kotoran akan langsung terangkat, kemudian bersihkan menggunakan sabun dan air. Setelah itu, lap menggunakan kain kering atau microfiber.

    Kekurangan menggunakan bensin dan solar

    Mencuci mesin sepeda motor
    Ilustrasi mencuci mesin sepeda motor. (shutterstock)

    Kendati ampuh membersihkan kotoran pada mesin, menurut beberapa sumber penggunaan bensin dan solar tidak terlalu dianjurkan.

    Hal ini karena dikhawatirkan karet-karet yang menempel di sekitar mesin, jika terkena bensin dan solar, maka lama kelamaan akan menjadi getas atau retak. Jika hal tersebut terjadi, tentu imbasnya OLXer wajib mengganti yang baru.

    Lebih parah lagi, jika karet pada mesin getas atau retak dan didiamkan, maka berpotensi merusak mesin. 

    Nah, meski bensin dan solar ampuh membersihkan noda membandel pada mesin, maka sebaiknya gunakan pembersih motor yang aman.

    Ada juga yang menyebutkan, jika membersihkan mesin bisa menggunakan sabun cuci piring cair yang sudah dicampur air lalu di oles ke mesin. Kemudian ada juga yang menyebutkan dengan asam cuka karena mampu menghilangkan karat pada bahan metal. 

    Masih menurut Suzuki, sebelum membersihkan mesin motor, asam cuka harus dilarutkan sedikit air. Larutan asam cuka tersebutlah yang akan digunakan membersihkan mesin dengan sikat gigi bekas. Kemudian digosok seluruh bagian mesin sampai kotorannya terangkat, kemudian bilas menggunakan air hingga bersih.

    Ketika menggunakan larutan asam ini sebagai pembersih motor, Anda sebenarnya harus berhati-hati. Hal ini dikarenakan asam cuka mengandung zat yang dapat membuat cat body motor rusak.

    Tidak sampai disitu, carian pembersih WC juga dianggap ampuh untuk membersihkan noda dan kerak pada mesin motor. Untuk membersihkannya, caranya cukup mencelupkan sikat gigi bekas maupun kuas ke cairan pembersih WC, kemudian menggosokkannya ke bagian mesin motor sampai kotorannya terangkat.

    Setelah semua kotoran pada mesin terangkat, bersihkan menggunakan air dan lap microfiber. Perlu diperhatikan, cairan ini akan terasa panas saat bersentuhan dengan kulit. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati.

    Nah, itulah beberapa cairan yang bisa OLXer coba untuk membersihkan mesin motor.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here