Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    BeritaGosip atau Fakta, Goyangkan Mobil Supaya Aliran BBM Lebih Lancar

    Gosip atau Fakta, Goyangkan Mobil Supaya Aliran BBM Lebih Lancar

    Banyak pengemudi kerap kali menggoyang-goyangkan mobil saat mengisi bahan bakar minyak (BBM) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Alasanya, agar BBM lebih cepat masuk ke dalam tangki dan membuang udaranya dari dalam ke luar. 

    Bahkan beberapa pengemudi tertangkap kamera dan sering menjadi viral jika ada yang menggoyangkan mobil saat pengisian BBM di SPBU. Lantas sebenarnya apakah menggoyangkan mobil itu diperlukan?

    Dilansir situs Hyundai Mobil, menggoyangkan mobil saat pengisian BBM tentunya tidak dibenarkan sama sekali. Hal tersebut tidak perlu dilakukan, terutama pada mobil-mobil modern masa kini.

    Bahkan situs ini menyebutkan, bahwa tangki bahan bakar mobil seperti mobil-mobil Hyundai masa kini tidaklah polos seperti sebuah botol minum. Tapi, desain tangki bahan bakar memiliki sekat dan memiliki alat untuk membuang udara tersebut.

    Selain itu, bahan bakar merupakan sebuah zat cair yang bisa mengisi ruang kosong dengan sendirinya. Sama seperti sifat air, yaitu mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Dengan begitu, tidak lagi diperlukan menggoyangkan mobil saat mengisi bahan bakar selain untuk berolahraga.

    Adapun untuk mobil Hyundai diklaim memiliki Charcoal Canister pada sistem bahan bakarnya yang bertujuan untuk menangkap uap bensin agar tidak menimbulkan polusi. Uap bensin tersebut pun akan disalurkan kembali agar terbakar secara optimal dan mengurangi polusi.

    Nah, OLXer semoga pengetahuan ini menjadi pembelajaran, sehingga tak perlu menggoyangkan mobil, apalagi nanti terekam dan menjadi viral. Tentu saja hal tersebut justru membuat OLXer malu dan dianggap tak paham soal sifat benda cair. 

     

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here