Gosip atau Fakta, Merawat Mobil di Bengkel Resmi Bikin Harga Jual Kembali Jadi Lebih Tinggi?

0
28

Melakukan perawatan secara rutin memang sangat diperlukan bagi pemilik mobil. Setidaknya, dengan melakukan perawatan mobil kita jadi tahu ada beberapa  komponen yang memang harus diganti dan tidak sesuai dengan buku panduan manual.

Bahkan menurut pereli nasional Rifat Sungkar, dengan melakukan perawata berkala, dapat membuat mobil selalu dalam kondisi prima meski digunakan setiap hari.

“Karena dengan merawat mobil pastinya selain aman dan nyaman dikendarai, juga dapat memperpanjang umur kendaraan,” ungkap Rifat yang juga merupakan Brand Ambassador Motors beberapa waktu lalu.

Meski melakukan perawatan diakui banyak manfaat, ternyata tak sedikit yang justru ingin melakukan perawatan tidak di bengkel resmi, melainkan di bengkel umum.

Ya, mereka beralasan, biaya di bengkel umum biasanya ongkos yang dikeluarkan lebih murah dibandingkan di bengkel resmi. Selain itu, di bengkel umum kita bebas memilih lokasinya yang memang sudah tersebar.

Kendati demikian, Rifat menyatakan, melakukan servis mobil di bengkel resmi maka history perawatan berkala kendaraan dapat terekam secara lengkap.

“Selain itu, yang paling penting adalah kita tidak perlu khawatir karena kendaraan kita pun akan terjamin dengan kualitas genuine part Mitsubishi Motors yang mampu memberikan keamanan kita sekaligus kendaraan kita,” jelasnya.

Hal sama disampaikan Head of After Sales Marketing and Promotion Section PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Tegar Adisura, Bahwa merawat mobil di bengkel resmi dapat menjaga harga jual kembali mobil tersebut.

“Ketika masa garansi kendaraan tidak berlaku memang cenderung banyak para customer melakukan perawatan di bengkel umum karena faktor biaya yang biasa dibilang lebih rendah. Tetapi perlu dipertimbangkan juga untuk para customer perawatan kendaraan di dealer resmi ada keuntungan seperti history kendaraan secara berkala tetap tercatat. Apabila ada kerusakan bisa diprediksi terlebih dulu dan cegah kerusakan lebih parah di kemudian hari,” ucapnya.

“Adanya jaminan genuine parts dan yang terpenting harga jual kembali akan tetap tinggi karena melakukan perawatan di bengkel resmi,” sambungnya.

Perawatan mobil setelah lima tahun

Bengkel resmi Mitsubishi
Ilustrasi keondisi bengkel resmi Mitsubishi, dimana dua orang mekanik sedang melakukan pengecekan pada kolong mobil. (Mitsubishi)

Perawatan mobil setelah berusia lima tahun merupakan sesuatu yang wajib dilakukan pemilik kendaraan. Setidaknya, beberapa komponen harus dilakukan penggantian mengingat umur kinerjanya sudah cukup lama.

Lantas bagaimana jika perawatan usai pakai lima tahun?

Pada umumnya, perawatan yang berlaku untuk mobil di usia lima tahun atau jarak odometer pada mobil sudah mencapai 100 ribu km, bukan lagi hanya urusan ganti oli dan filter oli.

Pemeriksaan kondisi mobil pasca lima tahun atau sebelum lima tahun bisa terbagi atas dua varian. Pertama, pada pengguna mobil dengan transmisi manual, hal yang harus diperhatikan adalah memeriksa kondisi kopling, tali kipas, timing belt, hingga komponen pada kaki-kaki mobil.

Sementara itu, untuk pengguna mobil dengan transmisi matik, hal yang paling diutamakan adalah memperhatikan oli pada transimisinya. Ini dianggap penting karena, akan berpengaruh kepada perpindahan transmisi yang tidak lembut, bahkan akan terasa sangat kasar.

Ada beberapa komponen kendaraan yang harus rutin diperiksa di antaranya:

Pertama, kondisi ban. Kondisi ban bisa diketahui dengan melihat ketebalan ban yang dapat diketahui pada indikator keausan alur telapak ban.

Periksa ban apakah ada yang terpotong, retak dan kerusakan lain. Ini bertujuan menghindari kerusakan atau bahkan kecelakaan dan cedera serius yang diakibatkan karena mengemudi dengan ban yang sudah aus, rusak atau tekanan anginnya tidak benar.

Kedua, harus rutin mengganti oli mesin, ini penting untuk mencegah kerusakan pada komponen yang ada di dalam mesin agar mobil tetap awet dan nyaman ketika digunakan. Pastikan menggunakan oli dengan kualitas yang direkomendasikan dan kekentalan yang sesuai.

Ketiga, melakukan pemeriksaan cairan atau minyak pelumas secara rutin, diantaranya adalah minyak power steering, minyak rem dan cairan transmisi. Periksa juga kondisi cairan radiator, lakukan penggantian cairan radiator sesuai dengan rekomendasi bengkel resmi atau pabrikan dan gunakan radiator coolant untuk mencegah korosi pada komponen radiator ketika dilakukan penggantian.

Keempat adalah komponen pada kaki-kaki mobil. Seperti tie rod end, long tie rod, shock absorber, hingga ke engine mounting. Tentu saja, pada bagian kaki-kaki ini lebih harus diperhatikan, mengingat selama perjalanan hingga lima tahun, bagian ini kerap bersentuhan langsung dengan aspal dan menahan beban yang cukup berat.

Kelima, perawatan lampu mobil dengan memastikan lampu depan dan belakang masih bekerja dengan baik demi kenyamanan anda dalam berkendara, segera periksa dan ganti lampu mobil anda jika terjadi kerusakan.

Keenam, baterai dan kabel, bersihkan secara berkala juga baterai (accu) bila perlu, serta waspadai timbul korosi atau karat. Periksalah cairan baterai kecuali untuk baterai yang bebas pemeliharaan. Periksa juga kabel-kabel yang terdapat di mobil, biasanya seiring waktu kabel-kabel ini akan mengalami penurunan performa dan parahnya jika kabel-kabel tersebut sampai putus karena digigit oleh tikus atau sejenisnya.

Ketujuh, timing belt dan v-belt. Pastikan v-belt diganti sesuai waktu yang disarankan oleh bengkel resmi atau pabrikan mobil. Karena jika tidak, ketika tiba-tiba putus karena tidak dilakukan penggantian, akan berakibat kerusakan fatal pada kendaraan. Tentunya biaya yang harus dikeluarkan akan jauh lebih besar.

Semua komponen di atas memang wajib diperiksa ketika mobil sudah memasuki jangka waktu 5 tahun yang biasanya jarak tempuh sudah mencapai 100 ribu km. Akan tetapi jika rutin untuk membawa mobil kesayangan ke bengkel resmi, maka sejak mobil menginjak usia pakai tiga atau empat tahun, mekanik di bengkel resmi tersebut sudah mengetahui komponen apa yang harus diganti ketika usia mobil menyentuh lima tahun.

Paket service Mitsubishi

Tegar mengatakan, bahwa di Mitsubishi, konsumen yang sudah habis masa garansinya, bisa mendapatkan paket Extended Smart Package. Mitsubishi mengklaim dengan adanya paket Extended Smart Package sebesar 25 persen.

Extended Smart Package terdapat tiga pilih, yatu 2 kali, 4 kali, dan 6 kali perawatan berkala. Untuk lebih detail yaitu:

Paket 2 kali perawatan berkala

Paket ini terdiri dari item perawatan berkala pilihan (Engine oil, oil filter, AC filter, gasket) dan gratis biaya jasa pergantian item tersebut, yang dapat dimanfaatkan dalam 2 kali perawatan berkala yang berlaku hingga 20.000km per 1 tahun.

Paket 4 kali perawatan berkala

Paket ini terdiri dari item perawatan berkala pilihan (Engine oil, oil filter, AC filter dan gasket) dan gratis biaya jasa pergantian item tersebut, yang dapat dimanfaatkan dalam 4x perawatan berkala yang berlaku hingga 40.000 km per 2 tahun.

Paket 6 kali perawatan berkala

Paket ini terdiri dari item perawatan berkala pilihan (Engine oil, oil filter, AC filter dan gasket) dan gratis biaya jasa pergantian item tersebut, yang dapat dimanfaatkan dalam 6x perawatan berkala yang berlaku hingga 60.000 km per 3 tahun.

Konsumen yang memanfaatkan ketiga plihan Extended Smart Package di atas akan mendapatkan perpanjangan garansi masa garansi hingga 1 tahun per 30.000 km.

Mitsubishi juga akan memberikan sertifikasi kepada mobil-mobil mereka yang telah melakukan perawatan di bengkel resmi apabila ingin dijual lagi.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here