Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    BeritaGosip atau Fakta, Service Mobil Listrik Lebih Sulit dan Repot?

    Gosip atau Fakta, Service Mobil Listrik Lebih Sulit dan Repot?

    Keberadaan mobil listrik memang belum memperlihatkan tajinya di Indonesia. Belum lagi, masih ada anggapan bahwa mobil yang memiliki daya penggerak dari listrik dianggap cukup berbahaya, karena takut tersengat aliran listrik.

    Tanggapan miring soal mobil listrik mungkin bermunculan. Akan tetapi, para produsen otomotif meyakini bahwa mobil listrik tidak seperti yang mereka pikirkan. Paling penting, mobil listrik bebas polusi karena tak mengeluarkan gas buang. 

    Namun hal tersebut rupanya hanya sekadar gosip belaka, sebab menurut Presiden Direktur Prestige Image Motorcars, Rudy Salim, fakta soal perawatan mobil listrik sekelas Tesla saja sangat fleksibel dan mudah.

    “Karena (untuk penggantian) semua yang berhubungan dengan karet, empat buah ban, rem, sama wiper, sisanya tidak ada service,” ungkap Rudy saat ditemui di showroom Prestige Image Motorcars di kawasan Pluit, Jakarta, beberapa waktu lalu. 

    Lebih lanjut Rudy mengatakan, khusus mobil Tesla, untuk melakukan servis dilakukan over the air atau bisa dibilang melalui aplikasi digital.

    “Jadi (konsumen) download page tertentu, maka terservice. Kalau ada kerusakan tertentu biasanya karena masalah patch atau bugs di dalam nya. Pokoknya lebih ke software,” terangnya. 

    Rudy sendiri tak menampik, jika mobil listrik masih memerlukan oli. Hanya saja oli yang dipakai untuk penggantian drivetrain. Kata dia, untuk penggantian oli drivetrain biayanya juga tak mahal.

    Perlengkapan Service Mobil Listrik Tesla

    Fakta lainnya soal mobil bertenaga listrik seperti Tesla, tentu saja beda dengan mobil berbahan bakar minyak. Hal ini juga menjadi tanda tanya, seberapa siap Prestige Image Motorcars memberikan pelayanan after sales kepada konsumen.

    “Kita satu-satunya yang bisa servis karena kita punya diagnostic tools. Tesla diagnostic tools hanya kita yang punya sampai sekarang,” ucap Rudy.

    Selain itu, Rudy menuturkan konsumen yang sudah membeli mobil Tesla di Prestige Image Motorcars akan memiliki Tesla Account.

    “Jadi mobil-mobil Tesla di kita bisa pake aplikasi di handphone, dan mobilnya bisa dinyalain by handphone nyalain AC, service, semuanya ada dari handphone,” terangnya.

    Rudy menjelaskan, konsumen yang membeli mobil listrik di Prestige Image Motorcars tak perlu khawatir soal infrastruktur, sebab Prestige Image Motorcars sudah menjalin kerjasama dengan PLN, termasuk dalam pemasangan instalasi pengecasan dan pemberian diskon listrik. 

    Kata Rudy, jika ada konsumen yang membeli mobil listrik Tesla di importir umum lain, maka dia memperkenankan untuk melakukan service di Prestige Image Motorcars.

    Tak hanya itu, konsumen yang membeli Tesla dengan status bekas di Prestige Image Motorcars, maka konsumen akan tetap mendapatkan pelayanan berupa garansi selama satu tahun.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here