Minggu, November 28, 2021
OLX Auto
More
    TipsHai Ladies, Ini Cara yang Harus Dilakukan Kalau Mobil Cuma  Disimpan di...

    Hai Ladies, Ini Cara yang Harus Dilakukan Kalau Mobil Cuma  Disimpan di Garasi

    Bagi sebagian wanita, mungkin akan merasa cuek atau tak mengerti cara merawat mobil. Bahkan tak jarang ada yang beranggapan, untuk merawat mobil cukup disimpan di garasi rumah dan tidak digunakan dalam melakukan mobilitas sehari-hari.

    Berdasarkan cerita tersebut, Marketing and Promotion Strategy Section MMKSI, Tegar Adisurya mengatakan, mobil yang jarang dipakai justru akan tetap mengalami masalah.

    Oleh karena itu, Tegar memberikan beberapa tips mudah yang bisa dilakukan oleh para wanita agar mobilnya tetap dalam kondisi prima meski hanya nongkrong lama di garasi, yaitu.

    1. Check Engine Room

    Pada bagian engine room ini ada beberapa bagian yang perlu dicek, seperti :

    – Oli mesin

    Cek oli mesin dengan cara mencabut stick level oil. Pastikan level oli mesin pada stick level oil berada di antara level High dan Low. Pengecekan harus dilakukan di area datar agar kondisi pelumas sesuai dengan aktualnya. Kemudian cek juga kolong mobil dan pastikan tidak ada kebocoran.

    – Radiator

    Cek radiator coolant level. Sebaiknya saat mengecek radiator coolant level posisi cairannya berada diantara maximal dan minimal.

    – Wiper

    Pengecekan cairan wiper dapat juga dilihat dari tabung reservoirnya. Jika kurang, OLXer bisa tambah sendiri airnya. Cairan wiper akan sangat berguna untuk membantu menggugurkan debu yang menempel di kaca.

    – Minyak rem

    Minyak rem juga perlu dicek. Sebaiknya, cairan minyak rem posisinya berada di antara level maximal dan minimal.

    – Aki

    Untuk pengguna aki basah, maka cek level air aki dalam posisi normal. Aki yang jarang di cek bisa mengakibatkan mesin mobil tidak bisa di starter karena sistem starter itu menggunakan aki sebagai sumber tenaga.

    2. Cek Tekanan Ban dan Panaskan Mesin

    Seperti diketahui, mobil yang berdiam diri di rumah tekananan angin ban mobilnya akan lebih cepat berkurang daripada mobil yang dipakai setiap hari.

    Oleh karena itu, OLXer bisa mengecek dan mengisi tekanan angin ban sesuai dengan standar yang ditetapkan.

    3. Panaskan Mesin

    OLXer perlu tahu, kalau mobil yang terlalu lama diam, maka akan mengalami masalah pada aki. Kemudian, performa mesin jadi menurun, dan kualitas  oli akan menurun dan kualitas oli kurang baik.

    Nah, untuk memanaskan mesin mobil setidaknya lakukan minimal tiga hari sekali dengan dengan durasi 10-15 menit.

    4. Bersihkan Mobil

    Walaupun hanya parkir di rumah, mobil bisa saja kotor karena debu atau air hujan. Untuk itu OLXer perlu mencuci mobilnya minimal satu minggu sekali. Selain body, pastikan interior atau kabin mobil juga dibersihkan. Salah satunya dengan menggunakan alat penyedot debu.

    5. Berikan Anti Bacterial Treatment

    Tak lupa untuk menjaga kualitas udara di ruang kabin kendaraan dari bakteri, lakukan penyemprotan menggunakan Anti Bacterial Treatment. Dengan begitu, kuman dan bakteri akan mati usai disemprot.

    6. Hubungi Bengkel Terdekat

    Apabila ada kendala dengan aki mobil atau tak bisa distarter segera hubungi bengkel resmi terdekat.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here