Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    TipsHal yang Harus Dilakukan Pengemudi Jika Terjebak Dalam Mobil Saat Banjir

    Hal yang Harus Dilakukan Pengemudi Jika Terjebak Dalam Mobil Saat Banjir

    Hampir setiap tahun jika musim hujan datang, sejumlah wilayah di Indonesia terjadi bencana banjir. Bahkan di beberapa tempat, meski curah hujan rendah namun terjadi banjir bandang.

    Bicara soal banjir, perlu dicatat dan diketahui apalagi yang kerap berkendara, yaitu bila air setinggi 15 cm maka hal tersebut dapat membuat mobil hilang kendali. Sementara jika banjir dengan air setinggi 30 cm, maka kondisi mobil bisa melayang dan lebih sulit dikendalikan. Sedangkan jika banjir ketinggian air lebih dari 60 cm, maka hal itu dapat menyapu mobil Anda. 

    Nah, apabila OLXer ketika mengemudi dan terjadi banjir yang datang secara tiba-tiba, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan dan jangan dilakukan, yakni:

    Ilustrasi beberapa mobil terendam banjir. (istimewa)
    Ilsutrasi beberapa mobil terendam banjir. (Istimewa)

    Harus Dilakukan

    Pertama, tetap tenang dan tidak panik. Saat menghadapi banjir apalagi sedang berada di dalam OLXer harus tetap tenang dan berfikir jernih, namun cepat dalam bertindak.

    Kedua, lepaskan sabuk pengaman, buka jaket atau bagian pakaian yang menyulitkan untuk bergerak, kemudian buka kunci pintu dan keluar. 

    Ketiga, air banjir akan menyulitkan OLXer membuka pintu, oleh karena itu satu cara yang bisa dilakukan adalah keluar melalui jendela. Hanya saja perlu dicatat, ketinggian air tidak di atas jendela. Kecuali, jika mobil sudah benar-benar tenggelam, jendela pun akan sulit dioperasikan.

    Adapun pintu mobil bisa saja dibuka, dengan catatan, tekanan air sama di dalam dan di luar mobil. Artinya, OLXer harus membiarkan air masuk ke dalam mobil dan menunggu penuh hingga setinggi leher.

    Keempat, setelah keluar berenang ke tempat yang aman dan hubungi 911.

    Kelima, nyalakan lampu depan dan tanda bahaya. Hal ini akan memudahkan bagi tim penyelamat melihat posisi keberadaan kendaraan OLXer.

    Jangan Dilakukan

    Ilustrasi mobil terendam banjir. (shutterstock.com)
    Ilustrasi mobil terendam banjir. (shutterstock.com)

    Pertama, jangan menggunakan energi berlebihan ketika membuka pintu. Sebab, tekanan air dari luar membuat pintu sulit dibuka.

    Kedua, jangan berpikir untuk menyelamatkan harta benda. Sebab, dalam kejadian ini kerap kali korban ingin membawa sejumlah barang. Padahal, nyawa Anda jauh lebih berharga.

    Ketiga, jangan pecahkan kaca jendela. Kenapa? Sebab jika tekanan air belum merata, hal itu justru akan memberikan tekanan air yang sangat kencang untuk masuk ke dalam kabin.

    Keempat, jangan berdiam diri di dalam mobil. Sebaliknya, tinggalkan mobil segera dan pergi ketempat aman. 

    Kelima, jika berhasil keluar dari mobil jangan berdiri di atap mobil. Sebab, hal itu akan membuat Anda ikut terbawa arus dan hanyut. Selain itu, ada juga bisa terjatuh dan melukai diri sendiri. 

    Keenam, jangan langsung kembali ke mobil, apalagi jika OLXer pikir air sudah turun. Sebab, air bisa saja kembali naik tanpa ada peringatan sebelumnya. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here