Senin, Desember 6, 2021
OLX Auto
More
    TipsHal yang Perlu Dilakukan Pengemudi Mobil Jika Rem Blong

    Hal yang Perlu Dilakukan Pengemudi Mobil Jika Rem Blong

    Rem jadi salah satu komponen sangat vital pada sebuah kendaraan baik mobil maupun sepeda motor. Rem sendiri berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan.

    Hanya saja rem juga bisa mengalami masalah, dan salah satunya adalah rem tidak berfungsi sama sekali atau dikenal dengan sebutan rem blong.

    Nah, sebelum terjadi rem blom, maka pemilik kendaraan wajib melakukan berbagai perawatan, termasuk pada bagian ini.

    Lalu apa saja yang perlu diperhatikan, diantaranya oli rem. Biasanya oli rem berkurang atau habis jadi salah satu faktor yang paling sepele namun sering terjadi. Jika hal ini terjadi juga pada OLXer, maka yang perlu dilakukan adalah menambahkan sesuai anjuran. 

    Ada juga karena kanvas rem. Biasanya, sebelum bagian kanvas rem benar-benar aus, maka akan lebih sering mengeluarkan suara berdecit, sehingga membuat sistem pengereman jadi tidak pakem. 

    Kemudian seal piston master silinder. Biasanya, bagian seal piston master silinder rusak lantaran kualitas oli rem yang digunakan tidak sesuai. Lalu bisa juga karena Vapour Lock, di mana minyak rem menguap karena mesin mobil panas. 

    Selain itu, masalah lain pada rem mobil biasanya karena kerusakan piston rem, selang oli rem mampet atau bocor. 

    Adapun untuk menyiasati jika mobil mengalami rem blong yaitu:

    Mobil Transmisi Manual

    Jika mobil mengalami rem blong, cara pertama yang harus dilakukan pengemudi adalah tenang atau jangan panik. Meski ini akan sulit namun cara ini akan membuat OLXer mudah berfikir untuk melakukan langkah selanjutnya. 

    Kemudian selanjutnya adalah cobalah menyalakan lampu hazard. Hal ini karena lampu hazard menjadi sinyal kepada pengendara lain, bahwa mobil yang OLXer kendarai bermasalah. 

    Setelah itu, jika secara teknik mengemudi, cara yang perlu dilakukan adalah menurunkan transmisi atau engine brake. Misal, injak pedal kopling kemudian pindahkan tuas transmisi dari gigi empat ke gigi tiga, lakukan hal tersebut sampai pindahkan ke gigi dua, dan ke gigi satu.

    Mobil Transmisi Matik

    Pada umumnya, jika mobil transmisi matik mengalami rem blong beberapa cara yang perlu dilakukan sama seperti mobil transmisi manual.

    Hanya saja, untuk mobil transmisi matik, maka yang berbeda adalah cara memindahkan tuas transmisi, yaitu jika awalnya tuas transmisi pada posisi D, maka pindahkan ke gigi rendah seperti posisi tuas transmisi pada huruf S (1-2) atau L.

    Setelah itu, maka tarik handbreak secara perlahan agar tidak membuat mobil terpelanting. 

    Oia, baik mobil transmisi manual maupun matik jika mengalami rem blong, jangan langsung menarik tuas rem tangan secara mendadak. Hal ini dikarenakan, jika mobil melaju cepat, maka bisa membuat mobil terpelanting.

    Oleh karena itu lakukan rem tangan secara perlahan dan halus. Sebab, pada intinya OLXer hanya ingin mobil melaju lebih pelan sehingga mudah dikendalikan. 

    Apabila memang kondisi jalan kosong, maka ada baiknya ambil di jalur kiri atau lebih sepi. Akan tetapi bila memang tak punya pilihan, maka bisa menabrakan bagian samping ke  pembatas atau gundukan untuk mengurangi laju. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here