Senin, Agustus 8, 2022
More
    MotorAprilia SR-GT 200 Skuter Matik Adventure Dijual Rp 60 Jutaan

    Aprilia SR-GT 200 Skuter Matik Adventure Dijual Rp 60 Jutaan

    PT Piaggio Indonesia melalui brand Aprilia secara resmi meluncurkan produk terbarunya yaitu Aprilia SR-GT untuk pasar otomotif roda dua di Tanah Air.

    Aprilia SR-GT ini sendiri bukanlah sebuah motor sport dengan tangki depan dan berbentuk sporty serta gagah yang kerap ditawarkan Aprilia. Akan tetapi SR-GT adalah sebuah skuter matik, namun tetap memiliki aura stylish dan sporty.

    Menurut Managing Director & Country CEO PT Piaggio Indonesia Marco Noto La Diega, Brand Aprilia selalu berupaya membawa aura dan semangat dari sirkuit MotoGP yang kompetitif dan bergengsi ke jalanan di Indonesia. 

    “Salah satunya dengan menghadirkan Aprilia SR-GT 200 sebagai produk terbaru dan paling luar biasa dari keluarga Aprilia yang tetap setia pada esensi brand Aprilia yaitu ‘designed for racers, built for riders’,” ungkap Marco.

    Kata dia, Aprilia SR-GT 200n tetap relevan untuk berkendara sehari-hari, sehingga dapat menjawab kebutuhan akan skuter matik premium yang unique, stylish, serta sporty.

    Kehadiran Aprilia SR-GT 200 tentu saja menambah daftar panjang keberadaan skuter matik dengan tubuh gambot di Tanah Air. 

    Sebelumnya, Honda juga sudah meluncurkan Honda ADV 160. Meski disebut beda kelas, namun Honda ADV 160 dan Aprilia SR-GT 200 digadang-gadang memiliki gaya yang sama, yaitu skuter matik yang cocok untuk adventure.

    Sejarah Aprilia SR-GT 200

    Aprilia SR GT - Aleix Espargaro & Maverick Vinales
    Piaggio Group melalui brand Aprilia, menampilkan Aprilia SR GT di booth yang berada di Mandlika. Skuter matik bergaya adventure ini dipamerkan langsung oleh pembalap MotoGP dari tim Aprilia Racing, Aleix Espargaro dan Maverick Vinales. (Piaggio Group)

    Aprilia SR-GT 200 memang memiliki desain body yang menarik. Skuter matik ini tampil secara perdana pada ajang EICMA 2021, yang merupakan pameran sepeda motor dan aksesori berskala internasional- di Milan, Italia.

    Tak hanya di Italia, pada ajang MotoGP Mandalika 2022, beberapa waktu lalu, Aprilia SR-GT 200 sempat hadir dan cukup menarik perhatian khalayak.

    Hingga akhirnya, Aprilia SR-GT 200 pada Sabtu (16/7/2022) secara resmi memasuki pasar Indonesia, dan ditargetkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan atas kendaraan roda dua yang memberikan performa lebih, berkemampuan unggul, nyaman, dan lincah dikendarai, namun tetap memberi tampil stylish sekaligus sporty di jalanan. 

    Aprilia SR-GT 200 sendiri merupakan buah dari desain yang terinspirasi oleh Enduro World, sehingga cocok untuk berpetualang baik di jalur perkotaan maupun di jalur dengan kondisi tidak terduga. 

    Seperti diketahui, brand Aprilia sendiri memang kerap identik dengan dunia balap. Maka tak heran, jika skuter matik yang terbaru ini tidak hanya mengedepankan teknologi engineering Italia, tetapi membawa desain khas Italia dengan menjadi brand dengan pencapaian balap terbaik dalam sejarah. 

    Melalui sejarah panjang dan pengalaman DNA balap tersebut, PT Piaggio Indonesia akhirnya ikut menghadirkan Aprilia SR-GT 200. 

    Kehadiran produk terbaru dari Aprilia bertujuan menggebrak pasar melalui desainnya yang menarik, menyenangkan untuk dikendarai, serta memberi pengalaman perjalanan yang seru, setiap hari, di mana saja. 

    Sebelum kehadiran Aprilia SR-GT 200, Aprilia di Indonesia juga sudah menawarkan Aprilia RS dan Aprilia Tuono, merekan pun mengklaim Aprilia telah menjadi game changer di segmen motor sport kelas menengah.

    Kehebatan Aprilia SR-GT 200

    Diklaim sebagai skuter premium sporty, Aprilia SR-GT 200 didesain untuk menghadirkan rangkaian teknologi terdepan yang memberikan keseruan dan kenyamanan dalam berkendara di berbagai medan jalan, mulai dari permukaan aspal, beton, jalan berbatu, hingga jalur tanah.

    Nah, mau tahu kehebatan dari Aprilia SR-GT 200, OLXers bisa melihatnya ulasannya di bawah ini.

    Desain

    Secara tampilan, desain Aprilia SR-GT 200 memang memiliki karakter balap motor sport dengan panjang 1.920 m, lebar 765 mm, dan tinggi 799 mm.

    Pada bagian wajah, skuter matik ini memiliki klaster tiga lampu full LED, yang merupakan ciri khas dari motor-motor sport dari brand Aprilia, serta fairing ganda yang muncul di sisi pelindung. 

    Ada pula penambahan kaca penahan angin dan stang lebar terbuka sehingga akan lebih asyik saat bermanuver dengan kecepatan rendah di lalu lintas kota. 

    Pada bagian samping, skuter matik ini juga terlihat langsing dan ramping dengan garis yang tegas sehingga menambah kesan sport. 

    Aprilia SR-GT 200 memiliki tangki di tengah, dan jok pengendara sedikit ditarik mundur, sehingga diklaim memberikan kesan ‘active and ready” dibandingkan skuter pada umumnya. 

    Kaki-kaki

    Aprilia SR-GT 200 yang memiliki bobot 148 kilogram memiliki ground clearance 175 mm, sehingga memungkinkan pengendara dengan mudah mengatasi setiap gundukan di jalan dan turunan.

    Semua karakteristik tersebut, dipadukan dengan velg alloy berukuran 14 inci di depan dan 13 inci di belakang. Masing-masing velg tersebut dibalut dengan ban tubeless lebar 110/80 pada bagian depan dan 130/70 di bagian belakang. 

    Pada bagian kaki-kaki ini dilengkapi dengan sistem pengereman menggunakan cakram depan petal 260 mm dan bagian belakang dilengkapi cakram 220 mm.

    Sistem pengereman pada Aprilia SR-GT 200 dilengkapi dengan fitur keamanan Anti Lock Braking System (ABS).

    Untuk memberikan kenyamanan, Aprilia SR-GT 200 ini sudah dilengkapi suspensi depan Hydraulic telescopic fork 33 mm (120 mm travel) dan double hydraulic shock absorber with adjustable preload (102 mm travel).

    Performa mesin Aprilia SR-GT 200

    Untuk jantung pacu, Aprilia SR-GT 200 sudah mengusung mesin i-get, dengan injeksi elektronik, empat katup dan pendingin cair.

    Bersamaan dengan itu, skuter matik ini sudah menggunakan silinder tunggal 174cc, yang memuntahkan daya 17,4 Tk pada 8.500 rpm dan torsi 16,5 Nm pada 7000 rpm. 

    Semua model Aprilia SR-GT 200 dilengkapi dengan sistem Start & Stop yang dikenal dengan RISS atau Regulator Inverter Start & Stop System. 

    Sistem ini menghilangkan starter tradisional, yang diganti dengan perangkat listrik tanpa sikat yang dipasang langsung di poros engkol. 

    Di atas kertas, cara ini secara otomatis mematikan mesin 1 sampai 5 detik setelah skuter berhenti (tergantung pada apakah mesin telah mencapai suhu operasi yang benar atau tidak). 

    Sedikit putaran throttle sudah cukup untuk menghidupkan kembali mesin secara instan, dalam keheningan total, karena tidak ada starter tradisional. 

    Harga Aprilia SR-GT 200

    Untuk memberikan pilihan kepada konsumen, selain tipe standar, Aprilia SR-GT menawarkan versi Sport dengan grafis dengan sentuhan sporty dan pastinya lebih berbeda.

    Aprilia SR-GT 200 tersedia dalam tiga warna, Aprilia Black, Street Grey, dan Infinity Blue, masing-masing dipasangkan dengan foot peg, side, dan pegangan tangan penumpang berwarna abu-abu keperakan. Roda dan sadel tampil dalam balutan warna hitam dengan jahitan abu-abu.

    Sementara untuk versi Sport, hadir lebih dekat dengan corak khas motor sport Aprilia SR-GT 200 ditawarkan dalam skema warna matte Street Gold, Iridium Grey dan Red Raceway. 

    Semuanya berpadu dengan velg bercat merah dan sadel dua warna hitam dan abu-abu yang dilengkapi dengan jahitan merah. 

    Foot pegs abu-abu menampilkan huruf Aprilia, sedangkan kolom tengah dan samping berwarna hitam matte, dengan pegangan penumpang.  

    Menyoal harga, Aprilia SR-GT dijual dengan banderol Rp 60 juta untuk tipe standar dan Rp 61,5 juta untuk tipe sport. Keduanya dijual dengan status on the road Jakarta.

    OLXers mau cari mobil bekas berkualitas bisa lihat di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here