Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    MotorHarga ‘Gelap’ Motor Yamaha RX-King Rp 5-70 Jutaan

    Harga ‘Gelap’ Motor Yamaha RX-King Rp 5-70 Jutaan

    Yamaha RX-King jadi salah satu sepeda motor legendaris di Indonesia. hal yang tak bisa dilupakan dari Yamaha RX-King ini yaitu soal ketangguhan, kelincahan dan kecepatannya. Tak heran RX-King dijuluki ‘motor jambret’.

    Oia OLXer, meski sudah discontinue alias tak lagi diproduksi, namun motor yang sudah hadir sejak tahun 1983 sampai 2008 ini masih banyak diburu konsumen.

    Usut punya usut, alasan Yamaha RX-King tak lagi dijual perusahaan berlogo garpu tala karena masalah standar emisi. Dimana Yamaha RX-King masih menggunakan mesin 2-tak dan hanya mengusung standar emisi EURO2.

    Perlu diketahui pula, Yamaha RX-King ini sudah hadir dalam tiga generasi, dimana di awal kemunculannya RX King sekitar 1983-1991, dikenal dengan sebutan King Cobra. Hal ini karena pada bagian stang wujudnya seperti leher ular kobra.

    Di generasi pertama ini ini RX-King cobra masih menggunakan kode blok mesin Y1 dan Y2 yang mesinnya diimport langsung utuh dari Jepang.

    Untuk Yamaha RX-King generasi kedua yang diproduksi antara tahun 1992-2001 disebut juga King Master. Motor ini dikenal dengan mengusung kode blok mesin Y1-74 yang sudah diracik di pabrik Yamaha di Pulogadung, Jakarta Timur.

    Sementara untuk generasi ketiga alias generasi terakhir diproduksi tahun 2002-2008 dan dikenal dengan sebutan New King. Pada dasarnya, motor ini sudah mengalami perbaikan pada jeroan mesin agar lebih ramah lingkungan. Salah satunya mengurangi kadar asap melalui catalic converter yang dikeluarkan dari knalpot.

    Untuk jantung pacunya, Yamaha RX-King ini selalu sama yaitu mesin 2 tak berkapasitas 132 cc berpendingin udara, yang mampu menghasilkan daya 18,2 Tk pada 9.000  rpm dan torsi puncak 15 Nm pada 8.000 rpm.

    Dengan tenaga tersebut, disalurkan ke transmisi lima percepatan dengan bantu kopling manual basah dengan multiplat.

    Nah, di situs jual beli OLX.co.id, Yamaha RX-King ini harganya sangat bervariatif. Mulai dari Rp 5 juta sampai Rp 70 juta.

    Satu hal yang cukup menarik dari Yamaha RX-King yaitu meski jenis model dan varian serta tahun produksinya sama, namun soal urusan harga bisa berbeda-beda. Bahkan ada juga tahun produksinya lebih muda tapi harganya justru lebih rendah.

    Nah oleh sebab itu, harga sebuah Yamaha RX-King bekas memang ‘gelap’, bisa tergantung dari beberapa faktor, seperti kondisi motor, jarak tempuh, kelengkapan surat-suratnya, serta lokasi si penjual.

    Belum lagi harga Yamaha RX-King bekas bisa saja tinggi, karena sang pemilik sangat rajin merawat mobilnya, serta pajak dibayar tepat waktu. Apabila OLXer memang ingin mencari motor Yamaha RX-King tidak ada salahnya melakukan cek dan ricek, termasuk membawa orang ahli untuk melakukan pemeriksaan.

    Oia, jika diperbolehkan melakukan test ride, maka manfaatkan untuk mengetahui apakah motor Yamaha RX-King tersebut yang OLXer idamkan terasa ada yang bermasalah atau tidak.

    Mau lebih lengkap daftar harga Yamaha RX-King Bekas, bisa lihat di sini.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here