Senin, Agustus 8, 2022
More
    MobilHonda City Bekas Tapi Masih Berkualitas, Ini Hargannya

    Honda City Bekas Tapi Masih Berkualitas, Ini Hargannya

    Honda City, merupakan mobil yang cukup dikenal di jagat otomotif. Maklum, mobil ini sudah lama mengaspal, yaitu sejak tahun 1981.

    Perlu diketahui, awal kemunculan Honda City bukanlah sosok mobil sedan, melainkan hatchback tiga pintu. Bahkan, terlihat kotak.

    Tidak sampai disitu, pada tahun 1982 rumah desain mobil, Pininfarina sempat mendesain Honda City jadi sebuah mobil model cabriolet alias atap terbuka. Tentu saja ini sangat unik.

    Oia, Honda City global generasi pertama muncul pada tahun 1981-1986, kemudian disusul generasi kedua pada tahun 1986-1994.

    Honda juga melakukan ekspansi, dimana City dipasarkan ke sejumlah negara, termasuk di Eropa. Hanya saja, untuk pasar Eropa, nama sedan ini bukan City melainkan Jazz.

    Kenapa begitu? Ini karena merek mobil Opel sudah terlebih dahulu mengajukan merek dagang dengan nama City.

    OLXers juga harus tahu, setiap produsen mobil punya kebijakan tersendiri soal nama, desain atau lainnya. Singkat kata, suka-suka mereka saja. Termasuk untuk pasar di Indonesia, dimana Honda City baru mulai masuk pada tahun 1996.

    Sejarah Honda di Indonesia

    Honda City generasi pertama.

    Jika melihat sejarah Honda City di Tanah Air, memang cukup menarik. Karena mobil ini baru masuk pada tahun 1996, dimana City ini secara global sudah masuk generasi ketiga.

    Alhasil, jika saat ini Honda City sudah memasuki generasi ketujuh, maka untuk pasar Indonesia baru generasi kelima. 

    Honda City generasi kedua.

    Mau tahu lebih jauh soal sejarah singkat Honda City di Indonesia lihat ulasannya di bawah ini.

    Honda City Generasi 1 (1996-2002)

    Seperti dijelaskan di atas, Honda City masuk Indonesia pada tahun 1996. Kebetulan pada tahun itu Honda menggarap versi sedan, yang ditujukan untuk pasar Asia Tenggara.

    Mobil yang posisinya di bawah Honda Civic saat itu diproduksi di Ayutthaya, Thailand. Kemudian versi sedan ini dijual di Indonesia, Malaysia, Pakistan Filipina dan Taiwan.

    Pada tahun 2000, Honda City mengalami penyegaran ringan, model ini juga dikenal dengan Honda City Type Z.

    Honda City ini dibenamkan mesin SOHC, 16 Katup, berkapasitas 1.3 liter D13B yang mampu menghasilkan daya 95 Ps pada 6.400 rpm

    Selain itu, ada juga mesin 1.5 liter VTEC, yang tentunya masih lebih bertenaga, dan dikawinkan dengan pilihan transmisi manual lima percepatan dan otomatis empat percepatan.

    Honda City Generasi 2 (2002-2007)

    Honda City generasi kedua muncul pada tahun 2002 di ajang Bangkok International Motor Show, Thailand, November 2002. Saat itu, Honda mempertahankan desain sedan.

    Adapun perubahan pada mobil ini sangat terlihat dari penggunaan platform, yaitu memakai basis yang sama dengan Honda Jazz atau Honda Fit Aria.

    Hal yang menyedot perhatian pada generasi kedua ini, yaitu tambahan jantung pacunya baru, berupa mesin 1-DSI berkapasitas 1.5 liter yang menghasilkan daya 88 Ps.

    Tidak sampai disitu, Honda meluncurkan City Facelift pada 2004 dimana mobil ini melakukan penyegaran ringan pada bagian eksterior, interior, serta disematkan  transmisi CVT triptonic dan paddle shift.

    Mobil ini juga sudah menggendong mesin VTEC dengan tenaga 110 Ps dan torsi 143 Nm.  Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan melalui pilihan transmisi manual 5-speed dan otomatis CVT.

    Honda City Generasi 3 (2008-2013)

    Pada tahun 2008 Honda City generasi kelima (secara global) meluncur di Thailand. Tak selang berapa lama, mobil ini ikut diluncurkan ke beberapa negara, termasuk di Indonesia pada tahun 2009.

    Honda City generasi ketiga di Indonesia atau kelima di dunia, desainnya lebih menarik, karena terlihat lebih elegan dan mewah.

    Selain ubahan eksterior dan interior, Honda City ini sudah mengusung mesin 1.5 Liter, SOHC, i-VTEC yang menghasilkan tenaga hingga 120 Ps pada 6600 rpm, dan torsi 145 Nm pada 4600 rpm.

    Honda City Generasi 4 (2014-2020)

    Masuk di tahun 2014, Honda City generasi keempat kembali mengalami perubahan dengan tampilan lebih baik lagi dan jadi terlihat keren dan modern.

    Disebutkan, Honda City generasi keempat lebih luas pada bagian kabin, serta sudah banyak tambahan mulai dari teknologi, dan fitur, termasuk adanya one push ignation system.

    Untuk jantung pacu masih sama mesin 1.5 liter, SOHC, i-VTEC yang menghasilkan tenaga hingga 120 Ps pada 6.600 rpm, dan torsi 145 Nm pada 4.600 rpm.

    Di Thailand sendiri, Honda City dilengkapi dengan mesin yang konsumsi bahan bakarnya dari gas atau CNG.

    All New Honda City tersedia dalam tiga varian, yaitu tipe S, E, dan ES yang dilengkapi lima pilihan warna yakni

    Honda City Generasi 5 (2021-Sekarang)

    Honda City
    Tampilan Terbaru Honda City Generasi ke-5 sudah meluncur di Indonesia.

    Nah, pada awal Oktober 2021, Honda meluncurkan City generasi kelima untuk pasar Indonesia. Dimana tampilannya diubah lagi, sehingga lebih menawan baik dari desain eksterior, interior, fitur yang disematkan hingga performa.

    Oia, Honda City generasi kelima hanya ada satu varian, dan per Januari 2022 ditawarkan dengan harga Rp 359,9 juta on the road Jakarta.

    Untuk jantung pacu masih sama mesin 1.5 liter, DOHC, i-VTEC yang menghasilkan tenaga hingga 120 Ps pada 6.600 rpm, dan torsi 145 Nm pada 4.600 rpm.

    Honda City Bekas

    Tampak depan Honda City tipe E lansiran 2019 dijual di OLX Auto. (Gede Widiastra)

    Nah, jika OLXers masih kurang sreg dengan Honda City generasi karena alasan kurang sesuai, apalagi soalnya harganya. Maka, nggak ada salahnya pilih yang lebih terjangkau namun tidak ketinggalan zaman.

    Ya, OLXers bisa pilih Honda City generasi keempat bekas yang diproduksi sekitar tahun 2014-2021 lalu.

    Kebetulan platform jual beli mobil online OLX Autos, memiliki Honda City tipe E lansiran 2019. Tentu saja, jika dilihat tahun produksi mobil ini masih sangat muda.

    Tampak belakang Honda City tipe E lansiran 2019 yang dijual di OLX Autos. (Gede Widiastra)

    Honda City tipe E yang dijual di OLX Autos ini sudah dilakukan inspeksi hingga 150 titik dan hasilnya mobil tersebut mendapatkan grade nilai A, yang artinya eksterior, interior dan mesin dalam kondisi prima.

    Tidak hanya itu, Honda City yang odometernya 14 ribu kilometer ini juga dipastikan bebas banjir dan tabrakan atau kecelakaan. Bahkan balutan cat putih yang menempel pada mobil ini masih original.

    Honda City tipe E bekas

    Honda City tipe E lansiran 2019 ini jika dilihat dari luar memang cukup menarik dimiliki.

    Apalagi pada bagian interiornya sudah dilengkapi smart key system dan one push ignition system, kemudian AC touchscreen dengan layar digital. 

    Selain itu pada bagian dasbor terdapat stylish meter cluster dengan tampilan tiga display meters serta fitur multi information LCD display.

    Untuk sistem hiburan, sistem audio City tipe E dilengkapi layar monitor touchscreen berukuran 6.1 inch yang dapat mengatur FM/AM, DVD, CD, MP3/WMA, USB, Aux-Input, iPod, dan iPhone. Pengaturan audio juga dapat dilakukan melalui audio steering switch.

    Honda City Tipe E 2019 mesin
    Mesin Honda City Tipe E 2019 bekas yang dijual di OLX Autos kondisinya masih prima. (Gede Widiastra)

    Untuk jantung pacu, Honda City tipe E mengusung mesin 1.5 liter, SOHC, i-VTEC yang menghasilkan tenaga 120 PS pada 6.600 rpm dengan torsi 145 Nm pada 4.600 rpm.

    Menyoal harganya, Honda City tipe E bekas ini dijual Rp 259 juta untuk pembelian cash. Tapi bisa juga lho OLXers nego lagi.

    Yang menariknya, jika beli di OLX Autos, maka akan mendapatkan banyak pilihan mobil sesuai budget, lulus inspeksi mobil, Home Test Drive, 30 hari garansi mesin & garansi uang kembali selama 7 hari, dan gratis biaya perawatan + ganti oli 30.000 km atau 18 bulan.

    Nah, mau lihat Honda City bekas ini bisa klik di sini. Tapi jika ingin mencari mobil bekas lainnya cari bisa klik di OLX Auto.

    Atau mau lihat reviewnya, lihat videonya di bawah ini.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here