Rabu, Januari 19, 2022
More
    BeritaHarga Mobil Bekas Cicilan Rp 1 Jutaan, Ini Syarat & Ketentuannya

    Harga Mobil Bekas Cicilan Rp 1 Jutaan, Ini Syarat & Ketentuannya

    Membeli mobil bekas maupun baru dengan secara kredit atau dicicil, jadi cara yang kerap dilakukan masyarakat di Indonesia. Tak heran, jika 60 persen lebih pembelian mobil di Tanah Air dilakukan dengan cara dicicil. 

    Yang perlu OLXers ketahui, membeli dengan cara kredit tidak hanya menyasar pada mobil yang harganya Rp 100 juta sampai Rp 500 jutaan.

    Pasalnya, tak sedikit mobil-mobil berjenis premium, termasuk jenis supercar juga ada yang dibeli dengan cara kredit. 

    Nah, bagi sebagian orang, membeli mobil secara kredit bukan hanya karena tidak mampu membeli dengan cara tunai atau cash. Namun lebih kepada pilihan.

    Alasan beli mobil kredit

    Menjual Mobil Bekas
    Ilustrasi menjual mobil bekas. (shutterstock)

    Ada sejumlah alasan yang membuat masyarakat memilih membeli mobil dengan cara kredit.

    Pertama, dari segi psikologis, membeli dengan cara kredit untuk pembayarannya bisa terasa ringan. 

    Bagaimana tidak, harga mobil yang puluhan sampai miliaran rupiah bisa dibayar setengah atau seperempat gaji setiap bulannya. 

    Dengan begitu, kita bisa membeli mobil dengan budget terbatas

    Kedua, bisa membeli mobil sesuai yang diinginkan. Artinya, ketika membeli mobil dengan cara kredit, kita bisa menemukan mobil yang diinginkan dengan persyaratan yang harus dipenuhi, Meski harganya bisa lebih mahal.

    Berbeda jika punya uang cash, maka kita harus memilih mobil yang sesuai dengan budget.

    Ketiga, punya uang cadangan. Ya, meski bisa membayar mobil dengan cara cash, namun uang yang kita miliki akan habis hanya untuk membeli mobil. Lain halnya dengan cara kredit, sisa uang yang kita punya bisa digunakan untuk keperluan lain.

    Keempat, sudah mendapatkan asuransi. Biasanya, membeli mobil secara kredit akan mendapatkan asuransi. Alhasil, pemilik mobil jadi tak repot lagi pergi mengurus asuransi setelah membeli mobil.

    Tentu saja ini beberapa alasan di atas jadi pilihan masing-masing individu, yang kita tidak bisa membatasinya. Sebab, bagi sebagian orang membeli mobil dengan cara tunai lebih menguntungkan.

    Cara kredit dengan cicilan paling ringan

    Ilustrasi kredit mobil
    Ilustrasi soal kredit mobil. (Shutterstock)

    OLXers yang ingin melakukan kredit dengan cicilan ringan, sebaiknya perhatikan beberapa tips dari Astra Credit Company, yaitu :

    1.Tentukan merek mobil yang akan dibeli 

    Hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah merek mobil. Ada banyak merek yang bisa ditemukan di pasaran, mulai dari Toyota, Daihatsu, Suzuki, Honda, Isuzu dan masih banyak lagi.

    Masing-masing merek memiliki berbagai pilihan model dan varian dengan tingkatan harga yang berbeda. 

    Sebab itulah OLXer harus menentukan lebih dulu merek dan model mobil yang akan dibeli untuk mengetahui kisaran dana yang dibutuhkan. 

    Dalam memilihnya pun ada sejumlah pertimbangan yang tidak boleh dilupakan. Salah satunya adalah dari segi kapasitas dan fitur.

    2. Mobil baru atau bekas?

    Pertimbangan kedua sebelum kredit mobil Rp 1 jutaan apakah OLXer akan membeli mobil bekas atau baru. 

    Jika membeli mobil bekas, perlu memastikan kondisinya benar-benar prima. Sehingga nantinya tidak banyak anggaran tambahan yang harus dikeluarkan untuk biaya perbaikan. 

    Disamping itu, OLXer perlu mempertimbangkan tahun pembuatan mobil dan masa pemakaiannya. Sebab semakin lama mobil digunakan, maka performanya akan mengalami penurunan.

    3. Tentukan besaran DP dan harga mobil 

    Selanjutnya harus mempertimbangkan harga mobil yang ditawarkan. Supaya angsuran yang dibayarkan tidak terlalu tinggi, OLXer dapat menyesuaikan DP yang akan dibayarkan dengan harga mobil tersebut. 

    Idealnya semakin besar DP yang dibayarkan, semakin ringan pula angsuran mobil tersebut. 

    Untuk memudahkannya dalam melakukan perhitungan, manfaatkanlah fitur simulasi kredit.

    4. Pilih penyedia kredit yang terpercaya

    Penyedia kredit adalah hal penting yang harus dipikirkan sebelum mengambil kredit mobil. Saat ini ada banyak penyedia kredit yang dapat ditemui. 

    Hal yang perlu diperhatikan yaitu bagaimana dengan reputasinya? Bagaimana pula sistem kerjanya? 

    Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan di kemudian hari, OLXers perlu memilih penyedia kredit yang terpercaya, mulai dari sistem kerja, layanan, tata kelola, transparansi, hingga jaringan.

    5. Lama Angsuran 

    Semakin lama angsuran kredit mobil dengan cicilan rendah, semakin kecil pula yang harus dibayarkan. 

    Namun, besar kecilnya angsuran ini sebenarnya dipengaruhi juga oleh besarnya harga mobil yang dibeli dan DP.

    Walaupun lama angsuran turut menentukan besar kecilnya biaya yang harus dibayar, OLXer perlu mempertimbangkan aspek lain, seperti performa mobil di kemudian hari. 

    Jangan sampai mobil yang Anda beli mengalami penurunan performa setelah masa cicilan habis.

    Mobil bekas bisa kredit

    Mobil bekas
    Ilustrasi mobil bekas yang dijual di OLX Autos.

    OLXers juga harus tahu, membeli mobil dengan cara kredit tidak selalu harus baru. Sebaliknya, mobil bekas juga bisa kok. 

    Saat ini banyak sejumlah dealer yang bekerjasama dengan perusahaan pembiayaan maupun bank, kemudian menawarkan layanan membeli mobil bekas secara kredit.

    Bahkan, sebelum pergi ke dealer atau perusahaan pembiayaan (leasing), OLXers juga bisa melakukan simulasi kredit mobil bekas terlebih dahulu. 

    Hanya saja tidak semua mobil bekas bisa dilakukan kredit, tergantung kebijakan leasing dan bank. Salah satunya mengenai batasan usia mobil bekas yang ditentukan Lembaga pembiayaan.

    Adapun batasan mobil bekas yang bisa dikredit, rata-rata usia mobil tersebut harus lunas atau kredit mobil berusia, 11, 13, hingga 15 tahun. 

    Adanya batasan usia mobil bekas tak lain karena leasing tak ingin mengambil resiko, jika terjadi hal-hal tak diinginkan. Termasuk kondisi mesin sudah pasti tak seperti mobil baru.

    Syarat Kredit Mobil Bekas

    Ilustrasi mobil bekas
    Lokasi tempat penjualan mobil bekas OLX Autos di BSD, Tangerang Selatan.

    Untuk membeli mobil bekas dengan cara kredit, sebenarnya sama seperti ketika membeli mobil baru. Termasuk syarat dan ketentuannya. 

    Hanya saja, untuk mobil bekas biasanya dibeli oleh perorangan bukan sebuah perusahaan atau kelembagaan. Berikut beberapa berkas yang harus diajukan.

    Baca juga  10 Tips Menjual Mobil Bekas Secara Online

    – Foto Copy KTP suami & istri, atau sendiri (karyawan belum menikah)

    – Foto Copy Kartu keluarga

    – Slip Gaji (karyawan)

    – Foto Copy Rekening Koran / Tabungan 3 Bulan Terakhir

    – Foto Copy Pajak Bumi & Bangunan (PBB)

    – Foto Copy Surat Izin Praktik ( Wiraswasta & Profesional)

    – Foto Copy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

    – Foto Copy SIUP & TDP (Wiraswasta)

    – Foto Copy Akte Pendirian & Perubahan (Wiraswasta)

    Setelah semua syarat kredit mobil dipenuhi, maka biasanya dealer atau perusahaan pembiayaan akan melakukan proses selanjutnya, termasuk survey dan menunggu beberapa hari untuk pengecekan keseluruhan dokumen.

    Perlu dicatat, jika melakukan kredit maka bayarlah angsuran secara teratur setiap bulannya secara tepat waktu.

    Mobil bekas harga Rp 1 jutaan

    OLXers yang ingin beli mobil dengan cicilan ringan, tentu saja hal itu bisa dilakukan. Bahkan dapat juga melakukan simulasi kredit terlebih dahulu.

    Perlu dicatat, untuk mobil bekas uang muka atau Down Payment (DP) biasanya dibatasi minimal 30 persen, dan tenor antara 5-6 tahun, tergantung kebijakan leasing dan bank.

    Adapun jika ingin punya cicilan Rp 1 jutaan, sebaiknya mobil yang akan dibeli harganya kurang dari Rp 100 jutaan, kemudian DP 30-50 persen, serta tahun produksi mobil antara 2014-2015.

    Contoh, menurut simulasi kredit BCA Finance, jika membeli mobil dengan harga Rp 80 jutaan, Total DP (termasuk admin) 30 persen, ditambah asuransi kombinasi Total Loss Only (TLO) dan All Risk, maka bisa mendapatkan cicilan sekitar Rp 1,69 juta selama empat tahun.

    Cicilan lebih ringan juga bisa didapat bila, TDP 40 persen, maka cicilannya bisa dilakukan sebesar Rp 1,44 juta selama empat tahun.

    OLXers juga bisa membeli mobil bekas yang dibanderol Rp 100 jutaan yang dicicil Rp 1 jutaan. Maka, syaratnya adalah TDP harus lebih besar lagi yaitu di atas  40 persen dan tenor bisa di atas empat tahun.

    Mobil dengan harga Rp 50 juta juga bisa dicicil Rp 1 jutaan bahkan kurang. Akan tetapi, harus di garis bawahi, tidak boleh melebihi usia kredit mobil seperti yang ditentukan leasing atau bank.

    Perlu diperhatikan saat beli mobil bekas kredit

    Mobil bekas
    Tim inspeksi OLX Autos sedang melakukan pemeriksaan mobil. (OLX Autos)

    OLXer harus tahu juga, kalau mau kredit mobil bekas tidak boleh sembarang. Sebaliknya, harus ada beberapa hal yang mesti diperhatikan, antara lain:

    1. Tentukan mobil sesuai kebutuhan

    Tahap pertama sebelum membeli mobil, yaitu tentukan beberapa hal, mulai dari ukuran, jenis, merek, warna, mesin dan yang pasti seberapa penting mobil buat OLXer dan keluarga.

    Jika memiliki anggota keluarga banyak, baiknya memiliki mobil seperti MPV atau SUV dengan kapasitas tujuh orang penumpang. Sedangkan keluarga kecil dan ingin mengejar irit bahan bakar serta digunakan untuk harian sebaiknya cari city car atau bisa juga jenis sedan.

    2. Cari mobil sesuai budget

    Satu hal yang tak kalah penting ketika hendak membeli mobil yaitu, cari mobil yang sesuai budget. OLXer jangan hanya tergiur dari diskon dan merasa mampu membayar di muka saja, tetapi harus memperhatikan juga berapa tenor dan jangka waktunya.

    Jangan sampai merasa sanggup membayar padahal tidak memiliki uang.

    3. Cari leasing terpercaya dan sekaligus promonya

    Tingginya pembayaran dengan cara kredit jadi semakin menjamurnya perusahaan pembiayaan atau leasing di Indonesia. Meski sama-sama perusahaan pembiayaan, namun alangkah baiknya mencari leasing yang terpercaya seperti di internet.

    Oia, ketika mencari leasing tidak ada salahnya mencari promo-promo yang dapat memudahkan ketika melakukan pembayaran

    4.  Lakukan simulasi kredit jangka waktu dan suku bunga

    Sebelum memastikan ingin melakukan akad kredit, baiknya lakukan simulasi kredit terlebih dahulu. Cara ini supaya bisa mengetahui berapa besaran dana yang dikeluarkan, baik itu DP, cicilan per bulan dan lama tenor yang harus dibayar.

    Jika melakukan simulasi ini terlebih dahulu, diharapkan OLXers mendapatkan mobil yang benar-benar sesuai keinginan. Seperti diketahui, jangka waktu kredit berbeda-beda muli dari enam bulan hingga lima sampai tujuh tahun.

    Disarankan jangan terlalu lama Anda mencicil mobil, sebab bukan tak mungkin setelah lima tahun, akan ada mobil lainnya yang lebih terlihat baru.

    5. Periksa kondisi mobil secara menyeluruh

    Karena membeli mobil bekas, maka yang perlu dilakukan adalah melakukan pengecekan secara menyeluruh, baik eksterior, interior dan juga mesinnya. Pastikan semua kondisi mobil ini masih aktif dan berfungsi sebagaimana mestinya.

    6. Periksa kelengkapan surat-surat

    Tak hanya mobilnya, pemeriksaan ketika hendak membeli mobil juga harus dilakukan pada kelengkapan surat-surat mulai dari BPKB, STNK, buku servis, dan dokumen yang lainnya.

    Baca juga  Masalah yang Terjadi Jika Kekurangan dan Kelebihan Oli Mesin

    Pastikan BPKB dan STNK sudah sesuai dengan rangka mesin. Sedangkan buku servis berguna untuk mengetahui rekam jejak seberapa rutin mobil dilakukan servis.

    7. Lakukan tes drive

    Setelah melakukan pengecekan pada seluruh mobil termasuk surat-surat, maka langkah selanjutnya adalah diuji coba atau tes drive. Cara ini sedikit lebih efektif untuk mengetahui seberapa nyaman mobil jika dikemudikan nanti.

    Selain itu, dengan melakukan tes drive maka diharapkan mengetahui bagian apa saja yang dirasa kurang pas, dan bisa diperbaiki.

    OLXers yang ingin berencana jual mobil lama kalian bisa langsung ke OLX Autos #JUJURLYAMAN.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here