Minggu, November 28, 2021
OLX Auto
More
    TipsHarga Mobil Bekas Semakin Turun Setiap Tahun Adalah Wajar, Ini Penjelasannya

    Harga Mobil Bekas Semakin Turun Setiap Tahun Adalah Wajar, Ini Penjelasannya

    Memiliki sebuah mobil memang tak bisa disamakan dengan rumah, tanah atau emas yang harga jual kembalinya bakal semakin tinggi. Sebaliknya, ketika membeli mobil baru kemudian dipakai dan dijual kembali, maka harganya akan turun.

    Seperti dilansir Car From Japan, tingkat depresiasi atau penyusutan nilai sebuah mobil baru menjadi mobil bekas bisa mencapai 20 persen dari harga awal. Sebab membeli mobil baru dan mulai mengendarainya di jalanan, nilainya berkurang karena bukan lagi kendaraan baru dan tidak dapat dijual dengan harga mobil baru.

    Ya, dalam tahun pertama nilai mobil bisa turun sekitar 20 persen. Secara umum, depresiasi akan turun kembali seiring bertambahnya usia mobil.

    Bahkan sebuah mobil setelah tiga tahun pemakaian, penurunannya bisa antara 40-50 persen. Itu pun bisa berbeda-beda depresiasi harganya tergantung kondisi mobil itu sendiri.

    Sementara itu, pada tahun ke-4 dan ke-5, mobil akan kehilangan total 10-15 persen lagi karena tingkat depresiasi melambat. Setelah 5 tahun penggunaan, rata-rata kendaraan bekas hanya akan berharga 35-50 persen dari harga beli.

    Namun ada satu cara agar mobil tidak mengalami depresiasi yang cukup tajam, yaitu lakukan perawatan secara berkala dengan sesuai anjuran bengkel.

    Depresiasi Harga Pasca Kecelakaan

    Nilai depresiasi sebuah mobil ternyata akan anjlok terlebih jika mengalami insiden kecelakaan. Mobil yang rusak parah harganya memang akan merosot tajam.

    Hanya saja lain halnya dengan mobil yang sudah diperbaiki, mungkin akan sedikit menolong. Akan tetap, secara umum, nilai mobil pasca kecelakaan akan turun lebih cepat dari biasanya sebesar 10 sampai 25 persen.

    Jika mobil rusak parah setelah kecelakaan, OLXer mungkin tidak dapat menjualnya sebagai kendaraan yang dapat dikendarai, tetapi harus menjualnya sebagai ‘mobil sampah’ yang harganya jauh lebih rendah dari pasaran.

    Pasalnya, konsumen yang membeli mobil sampah ini biasanya bukan untuk dikendarai lagi, tetapi diambil part atau komponen yang masih berfungsi untuk dijual kembali. 

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here