Minggu, Desember 5, 2021
OLX Auto
More
    MobilMobil BekasHarga Nissan Livina Bekas Generasi Pertama Sampai yang Mirip Xpander

    Harga Nissan Livina Bekas Generasi Pertama Sampai yang Mirip Xpander

    Nissan Livina, mobil yang satu ini memang masih jadi andalan Nissan di Indonesia. Mobil yang masuk segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) ini juga digemari karena mampu menampung tujuh orang penumpang, dimana masyarakat Indonesia memang menyukai mobil dengan kapasitas lega.

    Nah, pada 2019 lalu, Nissan Livina hadirkan generasi terbaru dengan tampilan sangat berbeda dengan model sebelumnya. Ya, sejatinya, bentuk Nissan Livina baru itu merupakan kembaran dari Mitsubishi Xpander. Hal ini karena Nissan Livina memang sudah berbagi platform yang sama dengan Mitsubishi Xpander.

    Namun begitu,meski terlihat sama Livina dan Xpander memiliki beberapa perbedaan, seperti pada body eksterior, desain bagian depan, bumper depan-belakang, lampu depan belakang, kap mesin, fender hingga pintu bagasi dibuat tidak sama.

    Demikian juga pada bagian interior, dimana Xpander dibalut jok material fabric berwarna beige, sedangkan Livina joknya kulit berkelir hitam. Selain itu, tentu saja ada bagian lainnya yang membuat Livina dan Xpander menjadi beda. 

    Untuk di pasar Indonesia, Nissan Livina hadir dalam lima varian dan harganya sebagai berikut;

    Harga Nissan Livina April 2021. (situs Nissan Indonesia)
    Tipe Nissan LivinaHarga 
    Livina 1.5 E M/T Rp 208,3 juta
    Livina 1.5 EL M/T Rp 231,8 juta
    Livina 1.5 EL A/T Rp 242,8 juta
    Livina 1.5 VE A/T Rp 263,4 juta
    Livina 1.5 VL A/T Rp 276,05 juta

    Balik lagi soal Nissan Livina. Sebelum generasi Nissan Livina baru yang mirip Xpander meluncur, memang mobil tersebut sangat lama tidak mengalami perubahan secara menyeluruh. 

    Bayangkan saja, sejak hadir di Indonesia pada 2007 sampai 2018, Nissan Livina yang kala itu masih disebut Nissan Grand Livina, bisa dikatakan tidak banyak mengalami perubahan signifikan, bahkan cenderung hanya sekadar facelift atau penyegaran ringan. Meski pada 2013 berubah itu pun tidak terlalu mencolok 

    Namun begitu, ketika awal kemunculan Nissan Grand Livina, mobil yang satu ini cukup menarik perhatian, karena mampu bersaing dengan sosok Toyota Avanza yang saat itu juga sangat digandrungi.

    Seperti diketahui, generasi awal Nissan Grand Livina hadir dalam tiga varian yaitu SV, XV dan Ultimate, dengan dua pilihan mesin yakni mesin HR15DE 4-silinder berkapasitas 1.500 cc dan mesin MR18DE berkapasitas 1.800 cc.

    Pada 2011, Nissan Grand Livina mengalami ubahan. Ya, ubahan ini tidak signifikan, karena hanya facelift dengan penyegaran pada grill, velg, side moulding, panel instrumen putih, dan namun ada balutan warna hitam pada dashboard, jok, dan panel pintu.

    Selang dua tahun atau sekitar 2013, Nissan Grand Livina hadir dengan wujud baru dengan ubahan tidak terlalu mencolok. Hingga akhirnya pada 2019, Nissan menyetop produksi Nissan Grand Livina dan hanya menawarkan Nissan Livina saja. 

    Adapun kalau OLXer masih tertarik dengan Nissan Grand Livina lansiran 2007-2018 dengan status bekas, tidak ada salahnya mencarinya di situs jual beli OLX.co.id. Ya, di situs ini banyak pilihan Nissan Grand Livina dengan berbagai varian, warna dan tahun produksi.

    Seperti beberapa harga Nissan Grand Livina bekas , untuk tahun produksi 2007-2013 paling rendah dijual Rp 55 juta sampai Rp 130 jutaan. Sedangkan untuk Grand Livina bekas lansiran 2013-2019 ada juga yang jual mulai dari Rp 70 juta sampai Rp 169 jutaan. 

    Adapun untuk model Nissan Livina bekasnya tahun produksi 2019-2020 masih cukup tinggi, bahkan untuk paling rendah saja sekennya dibanderol Rp 165 juta, dan paling tinggi sampai Rp 240 juta.

    Perlu dicatat, jika OLXer memang berniat membeli mobil Nissan Grand Livina bekas maka jangan heran, meski ada satu merek dan jenis model, varian serta tahun produksinya sama, namun soal urusan harga bisa berbeda-beda. Bahkan ada juga tahun produksinya lebih muda tapi harganya justru lebih rendah.

    Sebab, untuk menentukan harga sebuah mobil bekas memang ‘gelap’, bisa tergantung dari beberapa faktor, seperti kondisi mobil, jarak tempuh, kelengkapan surat-suratnya, serta lokasi si penjual.

    Belum lagi harga mobil bekas bisa saja tinggi, karena sang pemilik sangat rajin merawat mobilnya, serta pajak dibayar tepat waktu. Apabila OLXer memang ingin mencari mobil Nissan Grand Livina bekas tidak ada salahnya melakukan cek dan ricek, termasuk membawa orang ahli untuk melakukan pemeriksaan.

    Oia, jika diperbolehkan melakukan test drive, maka manfaatkan untuk mengetahui apakah mobil bekas tersebut yang OLXer idamkan terasa ada yang bermasalah atau tidak.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here