Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    MobilMobil BekasHarga VW Kodok Bekas Mulai dari Rp 40 Jutaan Hingga Rp 200...

    Harga VW Kodok Bekas Mulai dari Rp 40 Jutaan Hingga Rp 200 Jutaan

    Salah satu mobil yang saat ini masih eksis dan memiliki cukup banyak peminatnya di Indonesia bahkan dunia yaitu Volkswagen Beetle atau dikenal juga dengan sebutan VW Kodok. Desain yang unik, membuat mobil ini mudah dikenal.

    Perlu OLXer tahu, nama VW Beetle sendiri sejatinya bukan nama asli yang pertama. Sebab, mobil asal Jerman yang dibuat saat Adolf Hitler memimpin pasukan Nazi ini ternyata awalnya memiliki nama VW Type I.

    Selain itu, jika di Indonesia disebut dengan VW Kodok karena dianggap memiliki bentuk mirip hewan amfibi. Akan tetapi, mobil tersebut juga memiliki julukan berbeda-beda di sejumlah negara, seperti halnya di Jerman disebut Kafer (sedan) dan di Amerika Serikat disapa Bug (kumbang), di Filipina disebut Pagong (kura-kura), di Norwegia disebut Boble (gelembung), di Polandia disebut Garbus (bongkok), dan masih banyak lainnya.

    Oia, munculnya VW Type I tak lain berkat keinginan Hitler pada tahun 1930’an yang dibantu Ferdinand Porsche sebagai perancang mobil tersebut.

    Secara harfiah, Hitler ingin ada sebuah mobil pribadi yang murah dan dapat dibeli masyarakat secara umum, dengan kriteria mampu mengangkut dua orang dewasa dan tiga anak kecil, kecepatannya bisa 100 km/jam, dan harganya tidak melebihi harga sepeda motor ditambah harga boncengan samping sepeda motor pada waktu itu.

    Namun VW sempat tak kuasa ketika Perang Dunia II, dimana pabrik mobil tersebut sempat terkena serangan dari sekutu. Hingga akhirnya pada 1946, pabrik VW kembali beroperasi di bawah seorang tentara Inggris, yaitu Mayor Ivan Hirst.

    Sedangkan nama panggilan VW Beetle sendiri usut punya usut, hal tersebut berawal pada 1967 dimana kejayaan The Beatle yang namanya menggaung di seluruh penjuru dunia, sang vokalis sekaligus gitaris John Lennon memutuskan untuk membeli Type I untuk dipakai harian.

    Tentu saja memanfaatkan momen tersebut, pihak VW memplesetkan nama Beatle ke dalam Type I dengan sebutan Beetle agar lebih dikenal lebih banyak orang.

    Namun sayang, VW Beetle yang memiliki beberapa pilihan mesin mulai dari 1.100 cc, 1.200 cc, 1.300 cc, 1.500 cc dan 1.600 cc harus disuntik mati lantaran terbentur emisi gas buang. Oia, saat hingga 2003 saja, VW Kodok ini sudah diproduksi lebih dari 23 juta unit dan tersebar di seluruh dunia termasuk Indonesia.

    Nah, OLXer yang ingin memiliki mobil ikonik dan mempunyai sejarah cukup panjang, bisa juga membelinya dengan status bekas seperti di situs jual beli OLX.co.id.

    Di situs ini harga VW Kodok sangat bervariatif, yaitu dibanderol mulai dari Rp 40 jutaan sampai Rp 200 jutaan.

    Sekadar informasi, jika OLXer ingin membeli mobil bekas tentu saja harus diingat, terkadang meski sebuah mobil memiliki tahun dan model yang sama, namun untuk harga bisa berbeda.

    Nah, hal ini bisa terjadi karena masing-masing mobil memiliki kondisi dan riwayat yang berbeda. Belum lagi harga mobil bekas bisa saja tinggi, karena sang pemilik sangat rajin merawat mobilnya, dan juga surat-surat lengkap serta pajak dibayar tepat waktu.

    Nah, kalau OLXer mau lebih detail melihat mobil jenis VW Kodok lainnya, lihat di sini.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here