Minggu, November 28, 2021
OLX Auto
More
    MotorHasil Positif Motor Listrik BL-CEV01 Karya Mahasiswa Budi Luhur

    Hasil Positif Motor Listrik BL-CEV01 Karya Mahasiswa Budi Luhur

    Ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 jadi tempat mejengnya motor listrik karya mahasiswa Universitas Budi Luhur berupa BL-40 dan BL-CEV01. Ya, BL-40 sendiri merupakan singkatan dari Budi Luhur 40 dan BL-CEV01 adalah Budi Luhur Charge Electric Vehicle 01.

    OLXer harus bangga nih atas pencapaian mahasiswa Budi Luhur. Pasalnya, di era kendaraan listrik yang semakin berkembang cepat, BL-SEV01 yang merupakan jenis motor sport telah dilakukan perubahan dan penyesuaian sejumlah bagian untuk bisa memaksimalkan performa di atas aspal.

    BL-CEV01
    BL-CEV01 hadir di ajang IIMS Hybrid 2021.

    Hasilnya, tidak hanya sekedar pajangan saja di IIMS Hybrid 2021, sepeda motor listrk BL-CEV01 sudah melalui berbagai pengujian. Termasuk dua kali test ride di Sirkuit Internasional Sentul Bogor, pada 11 Januari dan 13 April 2021

    Menurut Kepala pusat Studi Kendaraan Motor Listrik Universitas Budi Luhur, Sujono, kondisi BL-SEV01 tidak mengalami permasalahan apapun selama 10 putaran dan performa meningkat dengan baik, termasuk soal pengecekan kondisi serta performa baterai.

    Hasil Positif Motor Listrik BL-CEV01 Karya Mahasiswa Budi Luhur
    Pembalap profesional M. Galih Aji Prakoso melakukan pengujian terakhir pada 13 April 2021 di sirkuit Sentul Bogor. (Budi Luhur)

    “Daya tahan, performa, serta kemampuan baterai yang ada sekarang sudah memenuhi standar minimal sebuah kendaraan motor sport listrik yang mampu bertahan di lintasan balap dengan kecepatan maksimal hingga 135 km/jam. Selanjutnya kami berencana untuk meningkatkan baterai sehingga memiliki daya tahan yang lebih baik dan mampu melewati banyak putaran lagi di sirkuit,” ungkap Sujono.

    Sementara itu, tester motor listrik BL-SEV01 yang juga merupakan pembalap profesional M. Galih Aji Prakoso, mengatakan pengujian terakhir pada 13 April 2021 jauh lebih meningkat jika dibandingkan dengan test ride pertama pada awal tahun 2021.

    Sepeda motor listrik BL-SEV01
    BL-SEV01 saat ini didukung motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga mencapai 16 kW, serta didukung baterai 48 Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere. 

    “Saya merasa lebih percaya diri karena motor listrik BL-SEVO1 lebih mumpuni di test ride kedua ini. Handling BL-SEV01 meningkat drastis dan stabil, khususnya kemampuan melewati tikungan lebih stabil untuk dibawa rebah. Baru pertama kali saya mencoba motor listrik sport di lintasan balap dan ini semakin spesial karena hasil karya kampus Universitas Budi Luhur yang saya cintai,” jelas Galih.

    Adapun spesifikasi BL-SEV01 saat ini didukung motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga mencapai 16 kW, serta didukung baterai 48 Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere. 

    Sepeda motor listrik ini untuk pengisian baterai dari 0-100 persen membutuhkan waktu 4 jam saja dan kecepatan motor ini bisa melaju hingga 135 kilometer.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here