Jumat, April 19, 2024
Lainnya
    InformasiKomunitasHebatnya Komunitas Ini, Punya Respon Cepat Hadapi Bencana Banjir

    Hebatnya Komunitas Ini, Punya Respon Cepat Hadapi Bencana Banjir

    Jakarta – Banjir kembali menghampiri warga Jabodetabek akibat hujan deras pada Selasa dinihari, 25 Februari 2020 kemarin. Lokasi yang terdampak banjir cukup parah terjadi di wilayah Jalan Kartini, Kota Bekasi.

    Air dengan ketinggian 2 meter membuat masyarakat sekitar banyak yang terjebak dan membutuhkan proses evakuasi.

    Menyikapi kondisi tersebut, Suzuki Club Reaksi Cepat (SCRC) bergerak cepat menuju lokasi dengan menurunkan 12 personel demi membantu proses evakuasi para korban banjir di daerah tersebut.

    Tim SCRC mengandalkan 1 unit New Carry Ambulance dan 1 unit perahu karet bermesin Suzuki Marine DT15AL bertenaga 15 Hp. 

    Begitu mendapat informasi adanya kebutuhan untuk mengevakuasi warga dan juga pasien RS Bhakti Kartini, Bekasi Timur yang terdampak banjir setinggi 2 meter, tim SCRC segera menuju lokasi. 

    “SCRC memang menjalankan fungsi sebagai tim reaksi cepat. Melihat kondisi cuaca dan dampak lingkungan banjir di berbagai titik, kami segera melakukan evakuasi korban di titik yang cukup membutuhkan. Apa yang SCRC lakukan ini murni panggilan hati, dan dalam melakukan kegiatan-kegiatan siaga bencana, SCRC yang terdiri dari 14 klub Suzuki juga berterima kasih kepada PT Suzuki Indomobil Sales yang selalu mendukung kegiatan kami,” ujar Rachmat Pangestu, Ketua Umum SCRC, Rabu (26/2/2020).  

    Rachmat menambahkan, “kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kami dan Suzuki kepada masyarakat Indonesia, terutama para korban banjir. Kami berharap dengan adanya tim SCRC yang terjun langsung ke lokasi kali ini dapat membantu para korban yang sangat membutuhkan evakuasi.”

    Melihat aksi tanggap tim SCRC, President Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Seiji Itayama juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya.

    “Kami turut prihatin atas musibah banjir yang terjadi kemarin. Kami mengucapkan terima kasih kepada Suzuki Club Reaksi Cepat yang telah mengevakuasi masyarakat terdampak banjir. Suzuki telah beroperasi di Indonesia selama 50 tahun dan akan terus berkomitmen untuk memberikan layanan yang terbaik kepada masyarakat serta turut berkontribusi memberikan bantuan kemanusiaan saat terjadi musibah.” pungkas Seiji Itayama. 

    Kegiatan evakuasi korban banjir di Bekasi Timur tersebut berlangsung selama hampir 9 jam mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 15.30 WIB. Setelah itu, tim SCRC menuju lokasi lain untuk merespons panggilan korban tenggelam akibat banjir. (Z)

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait