Senin, Juni 5, 2023
Lainnya
    BeritaHiger, Bus Listrik Asal Tiongkok Siap Jadi Armada TransJakarta, Apa Hebatnya?

    Higer, Bus Listrik Asal Tiongkok Siap Jadi Armada TransJakarta, Apa Hebatnya?

    Higer, merek bus asal negeri Tiongkok siap menjadi armada bus favorit warga Ibukota, TransJakarta. Ya, melalui PT Higer Maju Indonesia (HMI) sebagai layanan purnajual baik dari segi servis dan component part Higher di Indonesia, bus Higer diyakini akan lebih ramah lingkungan karena menggunakan teknologi listrik.

    Menurut Direktur Utama PT Higer Maju Indonesia Antonius R Ismanto, bus listrik Higer telah mengekspor ke lebih dari 100 negara di mancanegara seperti di Asia, Timur Tengah, Afrika, Rusia, Eropa Timur dan Amerika. Di Indonesia, bus Higer siap mendukung TransJakarta dalam pengadaan kendaraan umum ramah lingkungan.

    “Penyediaan bus listrik Higer di Indonesia ini sejalan dengan visi pemerintah untuk kendaraan ramah lingkungan. Kendaraan yang bebas polusi gas buang  atau Zero Emission dan bebas polusi suara karena bus listrik Higer berjalan dengan senyap,” kata ungkap Antonius dalam acara peluncuran bus listrik Higer di Jakarta, Senin (28/12).

    Antonius menambahkan bus listrik Higer pun telah mengikuti pengujian oleh TransJakarta selama dua pekan terakhir, juga bus ini sudah lulus uji tipe (SUT) dari Menteri Perindustrian. Bus listrik Higer sangat tepat untuk mendukung rencana pemerintah mempercepat pengembangan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) yang telah dituangkan melalui Peraturan Presiden No. 55 Tahun 2019.

    KBLBB yang digunakan boleh produk dari mana saja, sepanjang kualitas KBLBB benar-benar bagus, efisien dalam penggunaan baterai, mempunyai teknologi terkini, dan juga mengedepankan aspek keselamatan.

    Keunggulan

    Nah, OLXer mau tahu apa saja kelebihan dari bus Higer untuk armada TransJakarta, berikut ulasannya.

    Kata Antonius, bus listrik Higer sangat efisien dengan kapasitas baterai yang sangat besar dan jauh di atas kompetitor lainnya. “Dengan kapasitas besar ini, maka dapat mencapai jarak tempuh lebih jauh, dengan pengisian daya baterai yang lebih singkat,”

    Dia juga mengatakan, bus listrik Higer memiliki keunggulan utama seperti kapasitas baterai 385 kilo watt hours (kWh) yang menunjang daya jelajah hingga 300 kilometer, dengan lama pengisian ulang baterai sekitar 3-4 jam. Bus listrik Higer lebih besar dari bus konvensional yang beredar di Indonesia, yakni menghasilkan tenaga 145 kW dengan torsi maksimal 3.300 Nm

    Walaupun baterai besar, namun berat kosong bus sama seperti bus pada umumnya yang memiliki kapasitas baterai lebih kecil, yaitu 13 ton dan kapasitasnya mencapai 34 penumpang duduk.

    Perawatan

    Antonius juga menyatakan, bus listrik Higer hanya memerlukan perawatan yang lebih rendah dan ringan, namun lebih produktif karena bisa dioperasikan lebih maksimal. Waktu yang diperlukan untuk perawatan lebih singkat, serta limbah suku cadang jauh lebih sedikit.

    Komisaris sekaligus Founder PT Higer Maju Indonesia Untung W Ismanto menjelaskan, bus listrik Higer mempunyai sumbu roda menggunakan Axle merek ZF dari Jerman yang menyebabkan bus listrik Higer rendah perawatan (low maintenance), berjalan dengan senyap dengan tingkat kebisingan yang rendah

    “Dengan menggunakan Axle ZF, bus dapat dikonfigurasi menjadi Low Entry, di mana lantai dasar bus rata atau lower deck. Sumbu roda depan independent dan mengurangi Body Roll pada kendaraan. Kami menggunakan teknologi dari Jerman karena layanan purna jualnya sangat didukung oleh ZF Jerman. Dengan demikian kelancaran operasional dan perawatan kendaraan menjadi terjamin,” ujar Untung.

    Untuk komponen lainnya tak kalah canggih. Seperti pengereman dan suspensi Higer menggunakan brand asal Swiss, WABCO yang memungkinkan saat pengereman tidak terjadi hentakan. Kemudian Power Steering dari Bosch.

    “Spesifikasi bus listrik Higer diharapkan sudah mengikuti semua standar yang telah ditentukan oleh Transjakarta, seperti ukuran dan dimensi sesuai peraturan yang berlaku. Hal ini karena sejak awal pembuatan selalu berkoordinasi dengan tim teknis TransJakarta. Kami siap mendukung TransJakarta untuk pengadaan bus listrik yang efisien,” jelas Untung.

    TransJakarta memerlukan bus listrik ramah lingkungan, yang efisien sekaligus mengutamakan keselamatan. Adapun proyek bus listrik TransJakarta akan dimulai pada September 2021.

    TransJakarta mengharapkan setidaknya tahun depan ada 100 unit yang sudah memakai energi ramah lingkungan tersebut. Saat ini TransJakarta masih melakukan uji coba bus listrik dari sejumlah produsen termasuk bus listrik Higer.

     

    Populer
    Jakarta Auto Week
    Herdi Muhardi
    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.
    Berita Terkait