Minggu, November 28, 2021
OLX Auto
More
    TipsHindari Belang pada Bodi Mobil Pasca Terendam Banjir dengan Cara Ini

    Hindari Belang pada Bodi Mobil Pasca Terendam Banjir dengan Cara Ini

    Banjir yang kemarin melanda Jakarta dan sekitarnya pada awal tahun ini memberi banyak pelajaran bagi para pemilik mobil yang menjadi korbannya. Selain repot mikirin bagaimana membenahi mesin yang terlanjur kemasukan air, merapikan interior yang porak poranda dan berbau tak sedap, pemilik mobil juga pasti dipusingkan dengan bekas air lumpur yang menempel di bodi.

    Sebenarnya masalah di bodi mobil ini bisa diantispasi sejak awal, kalau saja pemilik mobil mau melakukan hal ini sebelumnya.

    “Mobil yang sudah di-coating itu aman dari banjir, jamur dan lecet. Karena lapisan coating itu hanya bisa rusak akibat kecelakaan atau tabrakan pada saat di jalan saja,” ungkap General Manager Sales and Marketing PT Global Auto International (GAI)-distributor System X Ceramic Protection, Andy Hartono di kawasan Cakung, Jakarta Utara, Selasa (7/1/2020). 

    Jadi bekas banjir menempel di bodi mobil yang terendam banjir jauh lebih mudah dihilangkan. Mobil yang sudah ter-coating melindungi permukaan cat walupun mobil terendam banjir. Coating juga menjaga warna bodi mobil tetap terjaga cahayanya dan tidak akan belang.

    Dijelaskan Andy, mobil yang sebelumnya sudah di-coating terus terendam banjir, setelah dievakuasi dan dilakukan perbaikan mesin dan interior, untuk bagian eksteriornya cukup dicuci sampai bersih lalu dikeringkan pakai lampu sinar Ultra Violet (UV). 

    Selanjutnya dilakukan proses korekais pada cat dan melakukan perawatan serta pelapisan coating. Sebaliknya, kalau mobil belum di-coating, terus terendam banjir, prosesnya disebut Andy hampir serupa. 

    “Untuk yang mau coating, baik yang sudah kena banjir atau tidak prosesnya juga sama, dicuci sampai bersih dulu. Kemudian lakukan paint correction baru coating,” pungkasnya.

    Untuk harga paket coating mobil dimulai dari Rp 4,5 juta hingga Rp 7,5 juta tergantung dari model dan jenis mobil. Sementara untuk paket coating eksterior, interior, bersih mesin mulai dari harga Rp 8 juta sampai Rp 22 juta, tergantung model dan jenisnya. (Z)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here