Senin, Desember 6, 2021
OLX Auto
More
    TipsHindari Stress Karena Kelamaan WFH, Begini Caranya!

    Hindari Stress Karena Kelamaan WFH, Begini Caranya!

    OLXers, sudha berapa lama kalian menjalani Work from Home? Dua minggu, tiga minggu atau bahkan mungkin sudah ada yang sebulan? Bosan gak sih? Jawabannya sudah pasti iya!

    Tidak semua orang suka beraktivitas hanya di rumah saja. Apalagi harus melakukan pekerjaan sehari-hari yang memang seharusnya dilakukan di kantor.

    Namun apa daya, coronavirus yang sudah menghantui kita semua selama sebulan belakangan mengharuskan kita harus menjalani ini.

    Bahkan pemerintah pun sudah mengeluarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB, dimana kita tidak bebas untuk berada di luar rumah.

    Pilihan satu-satunya saat ini adalah berdiam #dirumahaja agar rantai penyebaran virus COVID-19 tidak melebar. Ingat, kita sebagai warga Indonesia adalah garda terdepan dalam memerangi pandemi COVID-19 agar cepat berlalu dari Indonesia. Caranya dengan mematuhi aturan PSBB.

    Nah, kalau ada yang merasa bosan, karena WFH memang tidak semudah yang terlihat. Banyak sekali hal di rumah yang bisa membuyarkan konsentrasi kalian saat bekerja. Gak perlu OLX sebutin secara detail, kalian pasti mengalami hal tersebut.

    Kasur di dalam kamar kelihatan sedikit pikiran langsung mau rebahan, ah, godaannya memang besar banget namanya WFH itu.

    Nah, ada sedikit tips yang mau OLX share ke kalian tentang bagaimana cara tetap produktif meski #dirumahaja, gak bosan dan gak mudah terpecah konsentrasinya saat sedang bekerja. Tips ini OLX dapat dari Asuransi Astra, begini caranya: 

    • Siapkan tempat kerja khusus

    Ini penting, karena kalau dapat tempat yang pas tanpa disadari bakal memengaruhi dengan mood kerja kita. Karena itu, siapkan tempat kerja khusus yang bisa membantu fokus dan nyaman bekerja selama WFH. Sebaiknya bekerja di ruang kerja atau ruang baca di rumah, kalau ada. Kalau gak punya, gunakan ruangan yang paling jarang digunakan anggota keluarga.

    Informasikan kepada anggota keluarga di rumah agar tidak rebutan tempat dan mengganggu satu sama lain dengan pekerjaan masing-masing. Saran terbaik pastikan ruangan itu bukanlah kamar atau ruang yang ada tempat tidurnya, karena sudah pasti mengganggu konsentrasi kerja OLXers. 

    • Awali hari seperti saat berangkat ke kantor

    Pasti ada yang anggap ini sepele. Jangan salah, ini juga bisa memengaruhi mood kerja OLXers seharian. Bangun pagi seperti hari-hari biasa dalam kondisi normal. Mandi yang bersih biar segar dan pakailah pakaian yang rapi. 

    Jangan pakai baju yang sama saat dipakai tidur, seperti baby doll, piyama, ataupun sarung. Kalau gak ganti baju tidur, bisa dijamin OLXers akan malas untuk memulai pekerjaan kantor dan lebih memilih untuk mengurus urusan lain di luar kerjaan. Ingat, OLXers itu WFH loh, bukan liburan!

    • Susun to do list

    Susun to do list jadi senjata ampuh agar pekerjaan bisa selesai dengan lebih cepat dan terstruktur. Dalam menjalankan to do list, terkadang diperlukan koordinasi dengan rekan kerja. Saat WFH, hal ini bisa dilakukan menggunakan fasilitas video conference seperti zoom dan google hangout.

    Kontrol waktu agar kinerja OLXers optimal. Pastikan durasi kerja tetap 8 jam seperti saat ngantor pada hari biasa. Mulai kerja jam 9 pagi, istirahat di jam makan siang, kemudian lanjut kembali dan akhiri di jam 5 sore. 

    • Tetap menjaga kesehatan tubuh

    Menjaga kesehatan tubuh juga sangatlah penting. Banyak orang beranggapan menjaga kebugaran tubuh saat di rumah akan lebih mudah daripada saat kerja di kantor. Tapi pada kenyataannya, banyak juga loh yang terpaksa ‘ambruk’ saat baru seminggu full di rumah. 

    Tetap berolahraga di pagi hari sebelum memulai aktivitas akan membantu OLXers lebih berkonsentrasi saat bekerja. Selanjutnya tetap jaga pola jam tidur yang teratur, jangan kebanyakan begadang karena merasa bisa bangun sesuka hati keesokan harinya. 

    Jaga jangan sampai kurang cairan tubuh alias dehidrasi karena kurang minum. Juga siapkan vitamin untuk menjaga kondisi tubuh gak mudah lelah. 

    • Jaga kesehatan mental

    Yang terakhir adalah hal yang gak kalah penting. Selalu menjaga kesehatan mental di tengah kuatnya arus berita negatif terkait pandemi. Hal ini kalau OLXers abaikan, bisa memicu efek kepanikan dan rasa cemas berlebihan yang justru mengakibatkan turunnya daya tahan tubuh atau imun OLXers.

    Jangan berita soal COVID-19 melulu yang jadi prioritas OLXers saat berselancar di internet. Informasi lain tentu gak kalah menarik untuk OLXers ikuti, contoh berita hiburan, atau berita otomotif tentang mobil-mobil baru maupun mobil bekas yang mungkin sebelum pandemi OLXers sudah incar untuk membelinya. 

    Dengan semua langkah tersebut, WFH gak akan bikin kalian bosan, OLXers tetap produktif di weekday. Nah, untuk mengisi weekend, boleh-boleh saja untuk fokus pada kondisi kendaraan milik OLXers. Mungkin sudah waktunya untuk dicuci ataupun diservis. Sekarang layanan home service masing-masing APM bisa kalian akses. 

    Begitu juga jika OLXers mau bertanya-tanya soal asuransi atau bagaimana proses klaim-nya, cukup hubungi Garda Akses melalui call center Asuransi Astra di nomor 1-500-112. OLXers akan dilayani selama 24 jam.  

    Agar tetap menjaga kehangatan bersama keluarga, aktivitas cuci mobil atau motor bisa saja dilakukan bersama anak. Tapi ingat, jangan mentang-mentang tongkrongan mobil atau motor kalian sudah keren dan kinclong, langsung kepikiran mau keluar jalan-jalan menghirup udara segar. 

    Stay at home demi kebaikan diri sendiri, keluarga dan juga orang lain. Deal ya……

    Eh, gak lupa juga OLX mau mengajak kalian semua untuk terus berkontribusi dalam memerangi COVID-19 bersama Yayasan Benih Baik, caranya tinggal klik disini! (Z)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here