Minggu, Mei 29, 2022
More
    MobilHonda Brio, City Car Favorit Keluarga Muda

    Honda Brio, City Car Favorit Keluarga Muda

    Toyota Avanza bisa jadi mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) paling laris di Indonesia. Akan tetapi, bagi mereka yang lebih menyukai mobil dengan desain mungil pilihannya adalah Honda Brio.

    Ya, city car Honda Brio dalam beberapa tahun terakhir jadi mobil yang cukup populer di Tanah Air, di tengah semakin merebaknya mobil MPV dan SUV.

    Bagaimana tidak, sepanjang tahun 2021, penjualan ritel Honda Brio tembus 45.332 unit. Jumlah ini merupakan gabungan dari Honda Brio Satya (30.254 unit) dan Brio RS (15.078 unit).

    Sementara, pada tahun 2020, dimana awal pandemi Covid-19 terjadi, ditambah adanya pembatasan aktivitas masyarakat, penjualan Honda Brio tetap mencapai 43.021.

    Nah, paling tinggi penjualan Honda Brio terlihat sebelum Covid-19, yaitu pada tahun 2019, dimana city car ini laku sampai 149,435 unit. 

    Harga Honda Brio

    Honda Brio
    Honda Brio

    Bicara Honda Brio, tingginya penjualan mobil disebut-sebut karena selain desain yang cocok untuk anak muda, dan keluarga kecil, harga mobil ini dianggap masih terjangkau.

    Nah, mau tahu harga Honda Brio terupdate per Februari 2022, berikut daftarnya.

    Honda BrioHarga
    Satya S M/TRp 153,7 juta
    Satya E M/TRp 165,2 juta
    Satya E CVTRp 180,8 juta
    RS M/TRp 196,4 juta
    RS CVTRp 212,5 juta
    RS M/T Urbanite EditionRp 203,4 juta

    Honda Brio Bekas

    Honda Brio Satya
    Honda Brio Satya.

    Jika OLXers masih merasa mobil Honda Brio cukup mahal, maka tidak ada salahnya jika memilih alternatifnya dengan status bekas.

    Ya, Honda Brio dengan status bekas dan berkualitas saat ini cukup banyak. Seperti yang ada di platform jual beli mobil bekas OLX.

    Lihat saja, Honda Brio maupun Brio Satya lansiran awal yaitu  2012-2015, kisaran harganya bisa antara Rp 80-100 jutaan.

    Sementara itu, Honda Brio dan Brio Satya lansiran 2015-2018, banyak dijual dengan harga kisaran Rp 100-150 jutaan.

    Nah, untuk Honda Brio dan Brio Satya lansiran 2018 sampai sekarang banyak dijual dengan harga Rp 150-200 jutaan.

    Ketahui Saat Membeli Bekas

    Sekadar informasi, apabila OLXers memang berniat membeli mobil Honda Brio atau Brio Satya bekas jangan heran, meski ada satu merek dan jenis model, varian, serta tahun produksinya sama, namun untuk harga bisa berbeda-beda.

    Bahkan ada juga tahun produksinya lebih muda tapi harganya justru lebih rendah.

    Hal ini dikarenakan untuk menentukan harga sebuah mobil bekas memang ‘gelap’, bisa tergantung dari beberapa faktor, seperti kondisi mobil, jarak tempuh, kelengkapan surat-suratnya, serta lokasi si penjual.

    Belum lagi harga mobil Honda Brio atau Brio Satya bekas bisa saja tinggi, karena sang pemilik sangat rajin merawat mobilnya, serta pajak dibayar tepat waktu.

    Apabila OLXers memang ingin mencari mobil Honda Brio bekas, tidak ada salahnya melakukan cek dan ricek, termasuk membawa orang ahli untuk melakukan pemeriksaan.

    Oia, jika diperbolehkan melakukan test drive, makan manfaatkan untuk mengetahui apakah mobil bekas yang OLXers idamkan terasa ada masalah atau tidak.

    Bekas Berkualitas

    Honda Brio Satya

    Jika OLXers ingin membeli mobil Honda Brio atau Brio Satya bekas berkualitas, tidak ada salahnya mengunjungi platform jual beli online OLX Autos.

    Pasalnya, di platform ini hadir juga Honda Brio atau Brio Satya bekas dengan nilai grade A atau kondisinya masih sangat baik dari segi eksterior, interior, maupun mesin.

    Ya, ini karena tim inspeksi OLX Autos sudah melakukan pengecekan hingga 150 titik, dimana mobil inipun dipastikan kondisinya bebas tabrakan, atau kecelakaan dan juga banjir.

    Menyoal harga Honda Brio atau Brio Satya bekas memang sangat bervariasi dan pastinya kondisinya mulus karena nilai grade A. Bahkan jika beruntung, harganya masih bisa dinegosiasi lagi.

    Yang menariknya lagi, jika beli di OLX Autos, maka akan mendapatkan banyak pilihan mobil sesuai budget, lulus inspeksi mobil, Home Test Drive, 30 hari garansi mesin & garansi uang kembali selama 7 hari, dan gratis biaya perawatan + ganti oli 30.000 km atau 18 bulan.

    Mau lihat wujud Honda Brio atau Brio Satya bisa klik di OLX Autos.

    Atau, mau lihat sekilas ulasan Toyota Kijang Innova Grade A, lihat videonya di bawah ini.

    Sejarah Honda Brio

    Bicara soal Honda Brio, mobil kecil ini pertama kali hadir di Indonesia pada bulan Agustus 2012. Namun, sebelum dipasarkan di pasar otomotif nasional mobil ini terlebih dahulu diluncurkan di India dan Thailand.

    Saat pertama kali mobil ini masuk ke Indonesia, Honda Brio diproduksi dari Thailand dan dikirim utuh atau Completely Built Up (CBU).

    Honda Brio sendiri memang hanya menyasar segmen citycar, yang banyak dihuni Suzuki Karimun, Daihatsu Sirion, Toyota Etios Valco, Kia Picanto,hingga Mitsubishi Mirage.

    Hanya saja, saat itu pemerintah Indonesia yang masih dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, menghadirkan program Kendaraan Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2).

    Ya, program KBH2 kini memang lebih dikenal dengan sebutan mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC).

    Dimana untuk masuk segmen LCGC harus memenuhi syarat, mulai dari diproduksi di dalam negeri, irit bahan bakar, rendah emisi dan harganya harus terjangkau.

    Baca juga  Seberapa Hebat Mobil Honda di Ajang Balapan Musim 2022?

    Benar saja, pada tahun 2013 muncul LCGC dari Honda yang disebut Honda Brio Satya. Ya, mobil tersebut bersaing dengan Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Datsun Go dan Suzuki Karimun Wagon R.

    Tak disangka Honda Brio ini langsung laris manis dipasaran dan membuat Honda Indonesia menjadi ceria dan bersemangat, sesuai dengan arti kata Brio yang diambil dari bahasa Italia.

    Honda Brio Generasi pertama (2012)

    Seperti disebut di atas, jika Honda Brio mendarat ke Indonesia tahun 2012, yang menyasar kaum muda, karena desain tidak kaku, dan bentuknya compact serta sporty.

    Oia, saat hadir Honda Brio pertama kali muncul, pada bagian mobil ini mengingatkan dengan Honda Civic Wonder di era 80’an, dimana kaca jendela belakang dibuat rata sekaligus pintu untuk membuka bagasi.

    Honda Brio generasi pertama hadir dengan dua varian yaitu tipe E jadi yang paling dan S termurah. Yang membedakan keduanya, yaitu penggunaan chrome dan juga fitur-fitur.

    Untuk jantung pacu, Honda Brio mengusung mesin L13A berkapasitas 1.3 liter yang menghasilkan daya 99 Tk pada 6.000 rpm dan torsi mencapai 128 Nm pada 4.300 rpm.

    Sedangkan untuk pilihan transmisi, terdapat transmisi otomatis lima percepatan dan manual lima percepatan.

    Menariknya lagi, saat itu Honda Brio sudah dilengkapi fitur berupa anti lock braking system (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD), serta Airbag untuk penumpang dan pengemudi.

    Muncul LCGC Honda Brio Satya (2013)

    Selang setahun, Honda meluncurkan Brio Sport bermesin 1.3 liter dimana varian ini jadi paling tinggi, dan juga Brio Satya masuk segmen LCGC dengan mesin 1.2 liter.

    Untuk Honda Brio Sport, yang membedakannya dengan varian sebelumnya adalah fitur, serta paling mencolok yaitu stiker striping ala mobil sport.

    Adapun untuk versi Brio Satya disebut jadi varian termurah, yang dilengkapi dengan tiga pilihan yaitu tipe A, S, dan E. Semuanya hanya tersedia satu pilihan transmisi manual saja.

    Kendati demikian, Honda Brio Satya kala itu termasuk memiliki fitur cukup lengkap dibandingkan LCGC lainnya.

    Ya, ini karena Brio Satya sudah dilengkapi Dual SRS Airbags, rangka body G- Con, sabuk keselamatan pretensioner dan load limiter, serta immobilizer.

    Selain itu, bagian interior mobil ini dijejali sistem hiburan berupa Audio System Double Din AM/FM, single Disc, MP3/WMA + Aux, USB Port, Made for Ipod (untuk tipe E), serta Front+Rear Speakers untuk tipe E dan S.

    Honda Brio Facelift (2016)

    Honda menghadirkan Brio facelift pada tahun 2016. Perlu diketahui, penyegaran ringan ini lebih fokus pada bagian eksterior dan interior.

    Selain itu, Honda Brio Sport rupanya dihilangkan, dan diganti menjadi Honda Brio RS. Adapun untuk Honda Brio Satya, saat itu jadi awal hadirnya tipe E CVT.

    Untuk Honda Brio RS disebut jadi lebih sporty, dengan penyegaran eksterior, interior, sehingga masih jadi varian tertinggi keluarga Brio.

    Keberadaan Honda Brio RS pun bisa jadi pembeda dengan terlihatnya emblem RS di beberapa sisi.

    Honda Brio Generasi kedua (2018)

    Pada Agustus 2018, Honda Brio generasi kedua akhirnya meluncur dengan segala perubahannya dan pastinya lebih keren, serta mempertahankan kesan sporty.

    Hal ini bisa dilihat dari desain bodi, mulai grille, bumper, lampu yang lebih sipit, serta pada bagian pintu belakang tak lagi full kaca, melainkan sudah ada tambahan plat besi baja.

    Nah, yang paling menarik adalah untuk Honda Brio RS, dimana wujudnya lebih terasa segar, termasuk pada bagian interior.

    Meski disebut All New, namun untuk jantung pacu Honda Brio satu ini masih mengusung jantung pacu sama yaitu mesin berkapasitas 1.198 cc dengan tenaga 89 Tk dan torsi 110 Nm.

    Termasuk transmisi CVT untuk Brio Satya tipe E sampai Brio RS, dan tipe S hanya tersedia transmisi manual lima percepatan saja.

    Honda Brio RS Edition (2021)

    Honda Brio RS Urbanite Edition
    Honda Brio RS Urbanite Edition meluncur tahun 2021. (Dok: Honda)

    Memasuki awal tahun 2021, Honda menghadirkan Brio RS varian Urbanite Edition. Dimana varian tersebut kini jadi paling tinggi.

    Ya, tipe Urbanite Edition ini hadir pula dengan tambahan body kit dan warna hitam pada atap serta spion mobil dengan handle pintu.

    Honda Brio RS Urbanite Edition ini dilengkapi Front Under Spoiler sudah mengadopsi desain baru, termasuk Rear Under Spoiler yang dilengkapi dengan Diffuser.

    Sementara Black Side Under Spoiler dan Black Side Door Mirror yang dilengkapi dengan LED Turning Signal dan Black Door Handle.

    Honda Brio RS Urbanite Edition tampil semakin mencolok dengan dua pilihan warna konsep two tone, yakni Phoenix Orange Pearl dan Carnival Yellow yang dipadu-padankan dengan warna hitam pada bagian atap mobil, handle, spion, dan side skirt.

    Pada bagian kabin terdapat peningkatan fungsionalitas dengan hadirnya 6.2 inch Touchscreen Display Audio, Audio Steering Switch, Tweeter Speaker.

    Sedangkan fitur yang ditawarkan berupa transmisi CVT dengan Earth Dreams Technology, ECO Assist, serta fitur keselamatan seperti Dual Front i-SRS Airbags, struktur rangka G-CON + ACE, dan sistem pengereman ABS + EBD.

    Untuk jantung pacu dipertahankan yaitu mengusung mesin 1.2L i-VTEC 4 silinder yang bertenaga 89 Tk. 

    Oia, saat ini Honda Brio hanya tersedia tipe S Manual, E Manual dan CVT, RS Manual dan CVT, serta Urbanite Manual dan CVT.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here