Jumat, Mei 20, 2022
More
    BeritaHonda Brio dan PPnBM, Kunci Sukses Penjualan Honda 2021

    Honda Brio dan PPnBM, Kunci Sukses Penjualan Honda 2021

    Didukung performa penjualan Honda Brio serta peluncuran beberapa model baru, penjualan Honda 2021 mencatat angka retail sebanyak 91.393 unit mobil di Indonesia.

    Insentif PPnBM 0% yang diterapkan oleh Pemerintah ternyata sangat efektif dalam mendorong pertumbuhan pasar otomotif nasional di tengah krisis pandemi COVID-19 yang terjadi sejak 2020 lalu.

    PT Honda Prospect Motor (HPM) merupakan salah satu dari sekian banyak merek mobil yang merasakan manfaat PPnBM tersebut.

    Jika dibanding performa penjualan di tahun 2020, yakni sebanyak 79.451 unit, angka penjualan retail Honda naik 15%.

    “Penjualan Honda di tahun 2021 lalu sejalan dengan proyeksi kami, dengan mempertimbangkan berbagai kondisi seperti peluncuran model baru, dampak insentif pajak,” jelas Yusak Billy selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor dalam siaran pers, Senin (17/1/2022). 

    Honda Brio Sumbang Penjualan Hingga 50%

    Honda Brio menjadi tulang punggung penjualan PT Honda Prospect Motor di Indonesia (Foto: Istimewa)

    Sepanjang tahun 2021 lalu, Honda Brio menjadi model dengan kontribusi terbesar, total mencapai 45.332 unit.

    Dipisahkan antara dua varian Brio yang ditawarkan, Brio Satya terjual 30.254 unit dan Brio RS terjual 15.078 unit. 

    Model lain Honda yang juga punya kontribusi lumayan adalah Honda HR-V 1.5 L dengan persentase 18%, atau sekitar 16.525 unit.

    Menyusul berikutnya Honda CR-V dengan kontribusi 10% atau sebanyak 9.378 unit.

    Berikutnya Honda City Hatchback RS berkontribusi 9% dengan angka penjualan sebanyak 8.384 unit.

    Di segmen MPV, Honda masih punya Mobilio yang terjual sebanyak 5.498 unit, serta model SUV, Honda BR-V (model lama) terjual 2.764 unit.

    Model lainnya, HR-V 1.8 L terjual 1.160 unit, Honda Jazz terjual sebanyak 997 unit, Civic Hatchback RS sebanyak 649 unit, dan Honda Odyssey sebanyak 163 unit. 

    Di segmen sedan, Honda Civic terjual sebanyak 276 unit, Honda Accord sebanyak 187 unit, Honda City sebanyak 70 unit, dan Honda Civic Type R sebanyak 10 unit.

    “Kami bersyukur bahwa permintaan konsumen untuk produk-produk Honda masih sangat tinggi hingga akhir tahun lalu, terutama untuk Honda Brio dan model baru seperti All New Honda BR-V dan City Hatchback RS. Khusus untuk Honda Brio yang pemesanannya sangat tinggi, kami akan memaksimalkan produksi di 2 pabrik yang kami miliki untuk memenuhi permintaan konsumen sesegera mungkin,” lanjut Yusak Billy.

    Penjualan Honda 2021 Terganggu Pasokan Komponen

    Perjalanan Honda di tahun 2021 tidak bisa dibilang mulus-mulus saja. Banyak kendala yang harus dihadapi di tengah pandemi. 

    Meski mampu meningkatkan angka  penjualan, namun proses produksi mobil Honda di pabrik Honda Cikarang, Jawa Barat, sedikit terganggu akibat krisis komponen. 

    Persisnya pada semester kedua, komponen chip susah didapatkan.

    Baca juga  55 Unit All New Honda BR-V Diserahterimakan Kepada Pemilik Pertama

    Hal ini tentunya berdampak pada pasokan unit yang harusnya diproduksi.

    Untungnya jelang akhir tahun, kondisi ini perlahan mulai membaik, sehingga Honda saat ini kembali fokus memaksimalkan kapasitas produksi untuk memenuhi permintaan konsumen yang masih tinggi. 

    Di bulan terakhir 2021, penjualan mobil Honda langsung terkerek hingga 41% dibandingkan bulan November 2021 dengan angka permintaan 9.908 unit.

    Awal tahun ini (2022), Honda sudah memulai pengiriman beberapa model baru, seperti All New Honda BR-V, New Honda CR-V Black Edition, All New Honda Civic, All New Honda City dan New Honda Accord. 

    Namun kabar buruknya, Honda juga resmi mengumumkan tidak menjual lagi Civic Hatchback dan Honda Odyssey.

    Tapi jangan sedih, Civic Hatchback dan Odyssey bekas masih bisa kalian beli di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here