Minggu, Desember 5, 2021
OLX Auto
More
    MobilMobil BekasHonda Brio Jadi Mobil Terlaris di Indonesia, Berapa Harga Bekasnya?

    Honda Brio Jadi Mobil Terlaris di Indonesia, Berapa Harga Bekasnya?

    Honda Brio, mobil kecil berkapasitas lima orang ini dinobatkan sebagai mobil terlaris pada tahun 2020. Berdasarkan catatan penjualan, sepanjang Januari-Desember 2020, Honda Brio berhasil terjual hingga 43.021 unit di seluruh Indonesia mengalahkan Toyota Avanza yang mencapai 31.883 unit .

    Dari jumlah tersebut, diketahui bahwa Honda Brio Satya yang bermain di segmen mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) laku 31.713 unit, sementara Honda Brio RS terjual 11.308 unit.

    Melihat fenomena Honda Brio yang laris manis dan mampu mencatatkan sejarah baru ini memang cukup mengejutkan. Maklum, sebelumnya mobil terlaris kerap ditempati Toyota Avanza yang segmentasinya ke arah mobil keluarga dengan kapasitas tujuh orang penumpang atau Low Multi Purpose Vehicle (MPV).

    Ya, dari segi harga memang Honda Brio lebih murah dari Toyota Avanza, lihat saja untuk tipe Brio S M/T (Satya) Rp 149 juta, kemudian Brio E M/T (Satya) Rp 158 juta, lalu Brio E CVT (Satya) Rp 173,5 juta. Adapun Brio RS M/T Rp 188,5 juta dan Brio RS CVT Rp 204 juta.

    Lantas bagaimana Honda Brio bekas?

    Jika melihat situs jual beli OLX.co.id, mobil Honda Brio bekas memang jadi salah satu yang paling banyak dicari konsumen di Indonesia. Rasio perputaran antara penjual dan pembeli untuk mobil yang satu ini cukup cepat.

    Menyoal harga Honda Brio bekas tak terlalu rendah. Lihat saja, untuk Honda Brio model pertama yang diproduksi tahun 2012 sampai 2015 harga paling rendah bertahan sekitar Rp 80-100 jutaan. Sedangkan untuk tahun 2016 sampai 2018 bisa sekitar Rp 110-150 jutaan.

    Oia perlu dicatat, jika OLXer memang berniat membeli mobil bekas seperti Honda Brio, maka jangan heran meski ada satu jenis model sama, kemudian varian dan tahun produksinya juga sama, tapi harganya justru bisa berbeda-beda. Bahkan ada juga tahun produksinya lebih muda tapi harganya justru lebih rendah.

    Sebab, untuk menentukan harga sebuah mobil bekas memang ‘gelap’, bisa tergantung dari beberapa faktor, seperti kondisi mobil, jarak tempuh, kelengkapan surat-suratnya, serta lokasi si penjual.

    Belum lagi harga mobil bekas bisa saja tinggi, karena sang pemilik sangat rajin merawat mobilnya, serta pajak dibayar tepat waktu. Apabila OLXer memang ingin mencari mobil bekas tidak ada salahnya melakukan cek dan ricek, termasuk membawa orang ahli untuk melakukan pemeriksaan.

    Apabila diperbolehkan melakukan test drive, maka manfaatkan untuk mengetahui apakah mobil bekas yang OLXer idamkan terasa ada yang bermasalah atau tidak.

    Apabila memang berkeinginan membeli mobil yang lebih tua usianya, OLXer perlu menyisihkan uang untuk melakukan upgrade atau setidaknya ongkos untuk pengecekan dan perbaikan jika terjadi masalah.

     

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here