Rabu, Juni 29, 2022
More
    MobilHonda Brio Satya, Mobil LCGC yang Masih Jadi Favorit di Indonesia

    Honda Brio Satya, Mobil LCGC yang Masih Jadi Favorit di Indonesia

    Honda Brio Satya, si mungil yang masuk kelas mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC) penjualannya tergolong laris di Indonesia.

    Ya, sejatinya Honda Brio Satya masih saudara kandung dengan Honda Brio atau Brio RS. Hal ini jelas terlihat dari tampilannya yang sangat mirip.

    Hanya saja, khusus Brio Satya ada sejumlah bagian yang tidak selengkap Brio RS. Itu karena mobil ini masuk dalam kategori LCGC yang sudah diatur oleh pemerintah

    Ehm, masih bingung apa bedanya Brio Satya yang masuk kategori LCGC dengan yang tidak?

    Yuk kita sedikit ulas asal muasal Honda Brio Satya di artikel di bawah ini.

    Sejarah Honda Brio Satya

    Honda Brio Satya muncul pada tahun 2013. Tapi setahun sebelumnya atau tahun 2012, Honda Brio (Non LCGC) sudah terlebih dahulu meluncur.

    Ya, kala itu pemerintah inginkan adanya Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2). Hanya saja Honda belum punya.

    Pasalnya, ada beberapa syarat untuk masuk kategori mobil LCGC, selain harga terjangkau dan irit bahan bakar, produksi mobil juga harus di garap di Indonesia.

    Kebetulan, Honda Brio awalnya di produksi di Thailand dan menyedot perhatian konsumen di Tanah Air, sehingga dibuatlah di Karawang, Jawa Barat.

    Memanfaatkan moment aturan LCGC, Honda Brio Satya akhirnya muncul dengan menggunakan platform yang sama dengan Brio Non LCGC.

    Adapun kata belakang ‘Satya’, termasuk aturan yang ditentukan agar setiap nama mobil LCGC harus menggunakan nama yang lebih Indonesia.

    Hingga akhirnya, kata ‘Satya’ berasal dari bahasa sansekerta yang artinya “tulus” atau “setia”.

    Honda Brio Satya Adalah LCGC

    Kemunculan Honda Brio Satya tentu saja menambah meriah segmen LCGC, yang sebelumnya hanya dihuni Toyota Agya dan Daihatsu Ayla.

    Saat kemunculan perdananya, Honda Brio Satya hadir dalam tiga pilihan varian, yaitu E, S dan A. Semua varian tersebut hanya menggunakan transmisi manual.

    Penggunaan transmisi otomatis sebenarnya sah-sah saja. Akan tetapi jika dilakukan maka akan berpengaruh dengan harga jual yang lebih mahal, sehingga tidak masuk LCGC.

    Nah, beberapa hal yang membedakan Brio Satya dengan tipe non LCGC, yaitu material ban velg, transmisi, auto lock door by speed dan tombol multifungsi pada kemudi.

    Intinya, untuk model LCGC Honda Brio Satya masih terbatas akan fitur-fitur modern yang dibenamkan.

    Selain itu, karena masih kelas LCGC, Honda Brio Satya juga harus irit bahan bakar. Alhasil, konsumsi bahan bakar Honda Brio yaitu 20 km per liter.

    Perlu dicatat, Honda Brio Satya kala itu termasuk memiliki fitur cukup lengkap dibandingkan LCGC lainnya.

    Ya, ini karena Brio Satya sudah dilengkapi Dual SRS Airbags, rangka body G- Con, sabuk keselamatan pretensioner dan load limiter, serta immobilizer.

    Selain itu, bagian interior mobil ini dijejali sistem hiburan berupa Audio System Double Din AM/FM, single Disc, MP3/WMA + Aux, USB Port, Made for Ipod (untuk tipe E), serta Front+Rear Speakers untuk tipe E dan S.

    Honda Brio Satya sendiri saat ini terus mengalami ubahan, seiring berevolusi Honda Brio non LCGC.

    Baca juga  Honda CR-V Punya Varian Black Edition Meluncur, Apa Bedanya?

    Spesifikasi Mesin Honda Brio Satya

    Honda Brio Satya memiliki dimensi panjang 3.800mm, lebar 1.680mm dan tinggi 1.485mm. Untuk wheelbase mencapai 2.405mm.

    Semua model Honda Brio Satya telah menggunakan kaki-kaki dengan ukuran velg ring 14 yang dibalut ban 175/65.

    Untuk jantung pacu, saat ini Honda Brio Satya hadir dalam tiga pilihan yaitu tipe S M/T, E M/T dan E CVT.

    Semua Honda Brio Satya dibenamkan mesin 4-silinder berkapasitas 1.200 cc i-VTEC dengan tenaga 90 Ps pada 6.000 rpm dan torsi 110 Nm pada 4.800 rpm.

    Seperti disebutkan di atas, Honda Brio Satya mengusung transmisi manual 5 kecepatan dan otomatis CVT dengan teknologi Earth Dreams Honda.

    Bekas Berkualitas

    Jika OLXers ingin membeli mobil Honda Brio Satya bekas berkualitas, tidak ada salahnya mengunjungi platform jual beli online OLX Autos.

    Pasalnya, di platform ini hadir juga Honda Brio Satya bekas dengan nilai grade A atau kondisinya masih sangat baik dari segi eksterior, interior, maupun mesin.

    Ya, ini karena tim inspeksi OLX Autos sudah melakukan pengecekan di sejumlah titik, dimana mobil inipun dipastikan kondisinya bebas tabrakan, atau kecelakaan dan juga banjir.

    Menyoal harga Honda Brio Satya bekas memang sangat bervariasi dan pastinya kondisinya mulus karena nilai grade A. Bahkan jika beruntung, harganya masih bisa dinegosiasi lagi.

    Yang menariknya lagi, jika beli di OLX Autos, maka akan mendapatkan banyak pilihan mobil sesuai budget, lulus inspeksi mobil, Home Test Drive, 30 hari garansi mesin & garansi uang kembali selama 7 hari, dan gratis biaya perawatan selama 18 bulan.

    Tips membeli mobil bekas

    Sekadar informasi, apabila OLXers berniat membeli mobil Honda Brio Satya bekas jangan heran, meski ada satu merek dan jenis model, varian, serta tahun produksinya sama, namun untuk harga bisa berbeda-beda.

    Bahkan ada juga tahun produksinya lebih muda tapi harganya justru lebih rendah.

    Hal ini dikarenakan untuk menentukan harga sebuah mobil bekas memang ‘gelap’, bisa tergantung dari beberapa faktor, seperti kondisi mobil, jarak tempuh, kelengkapan surat-suratnya, serta lokasi si penjual.

    Belum lagi harga mobil bekas bisa saja tinggi, karena sang pemilik sangat rajin merawat mobilnya, serta pajak dibayar tepat waktu.

    Apabila OLXers memang ingin mencari mobil bekas, tidak ada salahnya melakukan cek dan ricek, termasuk membawa orang ahli untuk melakukan pemeriksaan atau inspeksi.

    Oia, jika diperbolehkan melakukan test drive, makan manfaatkan untuk mengetahui apakah mobil bekas yang OLXers idamkan terasa ada masalah atau tidak.

    Harga Honda Brio Satya Bekas

    Menyoal harga, saat ini Honda Brio Satya terbaru dengan status On The Road DKI Jakarta dijual mulai dari Rp 155,7 juta (S M/T), Rp 168,2 juta (E M/T), Rp 184 juta (E CVT).

    Lalu berapa dengan harga bekasnya? Di OLX Autos mobil Honda Brio Satya sangat bervariasi harganya, mulai dari Rp 99 juta sampai Rp 175 jutaan.

    Mau lihat Honda Brio Satya bekas di OLX Autos bisa lihat di sini.

    Mau tahu wujudnya bisa lihat di video ini:

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here