Kamis, Desember 8, 2022
More
    MobilHonda Brio Satya Bekas Makin Dilirik, Ini Harga Pasarannya!

    Honda Brio Satya Bekas Makin Dilirik, Ini Harga Pasarannya!

    Mobil LCGC mulai naik pamornya seiring dengan kebutuhan mobil yang murah dan irit BBM. Salah satu mobil yang favorit dari kelas LCGC adalah Honda Brio Satya. Harga maupun spesifikasi Brio Satya sangat unggul pada masa awal tahun 2010an.

    Mobil ini pertama kali diperkenalkan di Thailand pada tahun 2012, setahun berikutnya mulai masuk dan di produksi di Indonesia. Brio diperkenalkan dengan 2 tipe berbeda, yakni varian 1.2L transmisi otomatis, dan Brio Satya. 

    Lalu, apa sajakah yang membuat mobil ini unggul? News OLX akan membahas lengkap mengenai spesifikasi maupun harga Brio Satya bekas di artikel ini!

    Harga Honda Brio Satya Bekas

    Brio Satya bisa dibilang cukup stabil dari segi harga nilai jual kembalinya. Untuk itu, bila Anda memutuskan untuk membeli mobil ini, tidak perlu khawatir takut harga jualnya jatuh.

    Untuk saat ini, Brio keluaran tahun 2010an masih berada di kisaran 100 jutaan untuk tipe standar. Sementara itu, untuk Brio tahun tinggi, dan tipe tertinggi, bisa menyentuh angka 200 jutaan.

    Berikut harga Honda Brio Satya bekas sesuai dengan tahun keluaran dari website olx.co.id

    Harga Honda Brio Satya
    Tahun keluaranHarga Bekas
    2013Rp82-138 Juta
    2014Rp90-145 Juta
    2015Rp100-165 Juta
    2016Rp100-170 Juta
    2017Rp105-175 Juta
    2018Rp113-175 Juta
    2019Rp118-177 Juta
    2020Rp137-183 Juta
    2021Rp129-200 Juta
    2022Rp145-210 Juta

    Jika ingin cek langsung unit dari mobil-mobil tersebut Anda bisa cek di halaman ini

    Baca juga: Rekomendasi Mobil LCGC Terbaik Di Indonesia

    Honda Brio adalah mobil bekas dibawah 80 juta
    Honda Brio Satya

    Spesifikasi Honda Brio Satya

    Mesin

    Untuk keluaran generasi pertamanya, Honda Brio Satya memiliki dapur pacu berupa mesin berkode  L12B 4 Silinder i-VTEC dengan kapasitas 1.190 cc. 

    Mesin ini mampu menggeber hingga tenaga maksimal 90 dk dan torsi puncak di 100 Nm pada putaran mesin 4.800 rpm.

    Capaian ini sekaligus membuat unggul  Brio Satya dari kompetitornya dengan kapasitas mesin yang sama. Seperti Toyota Agya dan Daihatsu Ayla yang mentok di catatan 88 dk serta Suzuki Ignis di 83 dk.

    Dari pengetesan, performa Brio Satya mampu mencapai 0-100 km/jam hanya dalam waktu 12 detik. Capaian ini sudah sangat hebat untuk mobil di kelas LCGC Hatchback.

    Mesin Honda Brio Satya
    Tipe MesinL12B 4 Silinder i-VTEC
    Kapasitas Silinder1.190 cc
    Daya Maksimum90 HP / 4.800 Rpm
    Torsi Maksimum100 Nm / 5.500 Rpm
    Sistem TransmisiMatic / Manual 5-Speed

    Desain Eksterior Honda Brio

    Beralih ke bagian penampilan, Desain eksterior dari Brio sudah banyak berubah-ubah baik ketika muncul generasi baru, atau saat rilis versi facelift. Secara umum tampilan Brio Satya terbaru saat ini tampil modern dan agresif

    Dari penerangan, diberikan lampu utama yang tajam dan menyambung pada grille. Konsep ini mirip dengan penerangan yang dimiliki saudara se-pabrikan yakni Honda Mobilio.

    Jika Anda menyukai mobil dengan model yang gesit di perkotaan namun tetap tampil gagah,  Brio Satya adalah mobil yang cocok.  Hatchback satu ini bisa fleksibel digunakan di berbagai kebutuhan, dan seringkali cocok menjadi mobil konsep modifikasi.

    Di bagian sampingnya, desain dari Brio tidak banyak rombakan atau perubahan. Tetap dengan signaturenya yakni ada lekukan garis yang menghubungkan roda depan dan belakang. 

    Ada perbedaan di bagian belakang, dimana untuk rilisan tahun 2013, terdapat panel kaca yang lebar dan bokong yang terkesan rata segaris. Sementara untuk versi yang tahun tinggi, eksterior belakang sedikit lebih cembung dan membulat.

    Desain Interior

    Untuk kabin atau bagian interiornya, Brio tampil gagah dan sangat sporty. Dashboard berwarna gelap dengan konsep mobil modern. 

    Untuk setiap versinya, ada peningkatan dari segi head unit, entertainment, dan juga konektivitas. Di setir terdapat control center untuk mengatur beberapa hal sehingga tidak menyulitkan pengemudi.

    Material-material seperti bagian karpet, jok, door trim, terasa premium dan cukup solid, tidak terkesan ringkih seperti LCGC lainnya.  Untuk seat sendiri bentuknya bermodel semi bucket dengan headrest yang menyambung dan tidak bisa di adjust ketinggiannya.

    Interior Honda Brio Satya

    Dimensi 

    Jika dilihat dari desainnya, memang mobil ini tergolong kategori mini dibanding hatchback lainnya. Panjang mobil 3.610 mm, lebar 1.6980 mm dan tinggi 1.500 mm. Jarak sumbu mobil ini 2.345 mm.

    Untuk spesifikasi lengkapnya, bisa cek informasi teknis berikut:

    Spesifikasi Honda Brio Satya
    Panjang x Lebar x Tinggi3.610 mm x 1.680 mm x 1.500 mm
    Jarak Poros Roda2.345 mm
    Ground Clearance145 mm dengan karet pelindung
    RemABS/EBD
    Ukuran Ban175/65 R14.

    Baca juga:  Daftar Mobil Pajak Termurah di Indonesia

    Fitur Honda Brio Satya

    Sebagai mobil keluaran Honda yang sangat unggul pada zamannya, Honda Brio Satya memiliki beberapa fitur yang cukup oke bila dibandingkan dengan mobil lain yang seumuran. Berikut beberapa detail fiturnya:

    Fitur Keamanan

    • Rem ABS
    • Electronic brake distribution (EBD)
    • Dual SRS Airbag
    • Seatbelt 3 titik
    • Kerangka Body G-Con

    Fitur Kenyamanan

    • Drive by wire
    • Shift hold control
    • Grade logic control
    • Power window
    • Speaker audio

    Konsumsi BBM Honda Brio Satya

    Sebagai mobil LCGC, sudah pasti Brio harus efisien dari segi penggunaan bahan bakar. Menurut aturan, sebuah mobil dikategorikan sebagai LCGC jika penggunaan BBM minimal 20 km/liter.

    Konsumsi bahan bakar Satya ada di angka di angka 20-22 km / liter untuk dalam kota. Bisa lebih hemat lagi di perjalanan jauh dengan rasio 35-30 km / liter bahan bakar.

    Rasio kompresi mobil ini ada di angka 10 :1. Dengan rasio tersebut Brio termasuk mobil yang bisa pakai pertalite. Tentunya bahan bakar dengan standar lebih tinggi akan lebih baik untuk performa mesin.

    Kelebihan dan Kekurangan Honda Brio Satya

    Berbicara tentang sebuah mobil, perlu untuk menggaris bawahi apa saja plus dan minus yang akan dihadapi saat memboyong mobil tersebut. Berikut masing-masing kelebihan serta kekurangan dari Honda Brio Satya:

    Kelebihan Honda Brio Satya

    1. Desain mobil agresif dan modern
    2. Konsumsi BBM irit dan ramah lingkungan
    3. Mesin berteknologi i-VTEC dengan tenaga yang besar dan responsif
    4. Harga beli cukup terjangkau
    5. Harga jual kembali cukup stabil dan tidak jauh di pasaran.

    Kekurangan Honda Brio Satya

    1. Jok tidak bisa dikonfigurasi dari headrest dan kurang nyaman
    2. Ukuran bagasi yang kecil sehingga sulit untuk membawa banyak barang
    3. Suspensi yang agak keras.

    Baca juga: Rekomendasi Mobil Bekas Dibawah 80 juta Kondisi Terbaik!

    Demikian bahasan lengkap mengenai salah satu Brio Satya, LCGC Hatchback kekinian yang banyak penggemarnya. Jika Anda ingin bertemu dan memboyong mobil ini, pastikan menggunakan platform jual beli mobil bekas yang aman seperti di OLX Autos!

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here