Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    BeritaHonda BR-V Terbaru Buatan Karawang Akan Diekspor ke Lebih dari 30 Negara

    Honda BR-V Terbaru Buatan Karawang Akan Diekspor ke Lebih dari 30 Negara

    All New Honda BR-V dengan perubahan totalnya siap kembali meramaikan pasar otomotif nasional dan Internasional. Tak hanya sekadar desain yang berubah, mobil yang masuk segmen Low Sport Utility Vehicle (SUV) ini juga sudah menerapkan teknologi dan fitur canggih.

    Oia, bicara soal Honda BR-V terbaru, ternyata mobil ini akan tetap diproduksi di dalam negeri, tepatnya di pabrik PT Honda Prospect Motor yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat. 

    Bahkan menurut Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy, Honda BR-V generasi kedua ini tidak hanya dipasarkan di dalam negeri, tapi juga akan di ekspor ke lebih dari 30 negara.

    “Beberapa negara (tujuan ekspor Honda BR-V) Asia, Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan, serta beberapa negara di Afrika,” ungkap Billy saat peluncurannya beberapa waktu lalu.

    Sebelumnya, saat PT HPM pertama kali memperkenalkan Honda BR-V di Indonesia pada tahun 2015, total penjualan ritel mobil mencapai 76.846 unit. Adapun secara global, Honda BR-V telah terjual lebih dari 255 ribu unit dan Indonesia merupakan negara tertinggi dalam kontribusi penjualannya sebanyak 30 persen.

    Maka dari itu, Billy berharap Honda BR-V terbaru yang akan mulai diproduksi pada akhir tahun dan dikirim ke konsumen di awal Januari 2022 ditargetkan laku sampai 40 ribu unit per tahun dan 3.300 unit perbulan, serta 11 persen diantaranya akan diekspor. 

    Honda memang percaya cukup percaya diri, bahwa Honda BR-V terbaru ini dapat laris dipasaran. Hal ini terlihat dari niatan PT HPM membenamkan teknologi dan fitur canggih seperti Remote Engine Start ,Walk-Away Auto Lock, Honda Lane Watch, Smart Entry System, hingga Auto Foldable Side Door Mirror with LED Turning Signal.

    Dari segi keselamatan, All New Honda BR-V juga dilengkapi dengan teknologi canggih Honda Sensing, yang sudah disematkan pada New Honda Odyssey, All New Honda Accord dan New Honda CR-V. 

    Adapun beberapa bagian penting dari teknologi Honda Sensing ini, meliputi Lead Car Departure Notification System (LCDN), Collision Mitigation Brake System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC), hingga Auto-High Beam.

    Berharap insentif PPnBM berlaku di 2022

    Honda BRV generasi kedua ini memang belum diumumkan harganya. Akan tetapi, mobil penantang Toyota Rush, Daihatsu Terios, Mitsubishi Xpander Crossover, dan Suzuki XL7 ini diperkirakan untuk harga paling murah dibanderol sekitar Rp 260 jutaan.

    Harga yang belum diumumkan ini tentu membuat tanda tanya, apakah Honda akan merilis harga BR-V terbaru mengikuti aturan pemerintah perihal pemberian insentif PPnBM sebesar 100 persen.

    Menanggapi hal tersebut, Billy mengungkapkan, untuk mengikuti aturan dari Kementerian Keuangan RI pada dasarnya Honda BR-V sudah memenuhi syaratnya. Sebab, Honda BR-V terbaru diproduksi di Indonesia dan komponen lokalnya sangat tinggi, yaitu mencapai 84 persen. 

    “Informasi terakhir yang kami terima dari PMK (Peraturan Menteri Keuangan), relaksasi PPnBM berlaku sampai Desember 2021. Kita tidak tahu ke depan, tapi karena kita delivery Januar, jadi regulasi sekarang ini tidak termasuk. Tapi kalau diperpanjang lagi tentunya ini BRV lokal konten sangat tinggi jadi purchase lokal PPnBM bisa lewat,” terang Billy.

    Meski begitu, Billy rupanya optimis bahwa Honda BR-V ini akan diterima positif oleh masyarakat Indonesia dan global.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here