Minggu, Mei 29, 2022
More
    MotorHonda CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary, Siap Jadi Koleksi Kaum Tajir

    Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary, Siap Jadi Koleksi Kaum Tajir

    PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan motor sport Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary untuk pasar otomotif nasional.

    Ya, motor sport ini memang lebih spesial karena adanya embel-embel 30th Anniversary, dimana artinya motor ini merupakan edisi khusus untuk merayakan 30 tahun kehadiran Fireblade.

    Menurut Marketing Director PT AHM Thomas Wijaya Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary sengaja dihadirkan untuk para pecinta big bike di Indonesia, terutama mereka yang ingin memiliki sepeda motor berfitur terbaik.

    ”Honda CBR1000RR-R Fireblade SP Edisi Spesial 30 tahun akan memberikan pengalaman berkendara tertinggi,” ungkap Thomas dalam keterangannya. 

    Seperti diketahui, Honda CBR1000RR-R Fireblade SP merupakan motor sport yang memiliki sensasi layaknya tunggangan MotoGP yang bisa dikendarai di jalan raya.

    Tak heran, jika motor ini terinspirasi dari motor balap MotoGP dari tim Repsol Honda Tim yaitu Honda RC213V dan RC213V-S.

    “Kehadirannya di Tanah Air didukung layanan terbaik di jaringan Big Wing Honda yang siap memberikan layanan premium bersama tim terlatih untuk menemani pecinta flagship big bike Honda,” kata Thomas.

    Performa Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary

    Sebagai penanda bahwa model yang dihadirkan AHM adalah edisi spesial merayakan ulang tahun Fireblade yang ke-30, terdapat beberapa ciri khusus pada detail sepeda motor.

    Warna dasar body putih, diberi aksen grafis warna biru pada spakbor depan serta bagian belakang. Demikian juga kombinasi kelir merah-biru terdapat pada bagian tangki, bodi samping dan depan, serta fairing.

    Semua ini warn aini disematkan demi mendapat identitas Honda Tricolor yang sudah ada sejak pertama kali Fireblade dilahirkan.

    Ketika memutar kunci kontak sebelum menyalakan mesin, pengendara akan disapa dengan tulisan khusus edisi 30 tahun pada layar panel. 

    Lalu pada bagian setang, juga terdapat penanda berupa serial number yang digoreskan menggunakan laser. 

    Ciri lain, smart key sepeda motor ini juga sudah mendapatkan tulisan khusus edisi 30 tahun, termasuk juga pada bagian atas penutup tangki bahan bakar, serta goresan laser pada silencer (knalpot) Akrapovic-nya.

    Fitur Honda CBR1000RR-R SP Fireblader 30th Anniversary

    Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary dilengkapi peranti elektronik paket lengkap, lihat saja sistem bukaan gas (throttle) via electrical wire yang presisi, atau disebut Throttle by Wire.

    Selain itu ada juga Sensor advance Inertial Measurement Unit (IMU) 6-Axis mampu mengukur posisi sepeda motor dalam enam axis (sumbu). 

    Peranti ini bekerja bersama Honda Electronic Steering Damper (HESD) yang mempunyai tiga mode pengaturan (hard, medium, soft), berguna untuk menambah stabilitas berkendara pada kecepatan tinggi dan menikung.

    Untuk memberikan rasa nyaman saat berkendara, sepeda motor dilengkapi tiga mode, yaitu mode akan mengatur untuk besaran tenaga (1-5), kontrol torsi HSTC (1-9), engine brake (1-3), wheelie control (1-3), dan suspensi (1-3). 

    Paket tersebut semakin lengkap dengan hadirnya fitur Wheelie Control yang mencegah CBR1000RR-R Fireblade SP terangkat ban depannya karena berakselerasi terlalu cepat. 

    Selain itu, ada juga Rear Lift Control yang meniadakan potensi ban belakang terangkat karena mengerem terlalu dalam.

    Baca juga  Keeway SCR 250V, Motor Bergaya Scrambler Bermesin V-Twin

    Oia, motor ini juga dilengkapi fitur Start Mode, dimana bisa menjaga putaran mesin (rpm) tetap konstan saat melakukan start, memungkinkan pengendara berkonsentrasi pada pengoperasian kopling agar start semakin optimal. 

    Peranti ini mampu membatasi putaran mesin maksimal sesuai keinginan antara 6.000-10.000 rpm.

    Fitur lainnya yang ada pada motor ini yaitu Assist & Slipper Clutch yang menjadi peranti standar, untuk memperingan pengoperasian kopling dan menghilangkan efek ban terkunci saat terjadi engine brake karena pengurangan gigi. 

    Untuk tipe SP, ada juga fitur Quick Shifter yang membuat perpindahan gigi naik-turun semakin cepat dan tanpa effort berlebih. 

    Selain itu, suspensi depan menggunakan tipe Inverted Telescopic Ohlins Smart-EC, dan tipe Pro-Link with Gas Chamber Ohlins Smart-EC di belakang. Keduanya bisa di-adjust via settingan mode berkendara.

    Motor sport ini juga dibekali peranti Anti-Lock Braking System (ABS) dengan dua mode, yaitu mode sport untuk penggunaan jalanan, dan mode Track untuk penggunaan di sirkuit

    Spesifikasi

    Dimensi

    Panjang X Lebar X Tinggi: 2.100 x 745x 1.140 mm

    Tinggi Tempat Duduk: 830 mm

    Jarak Sumbu Roda: 1.460 mm

    Jarak Terendah Ke Tanah: 115 mm

    Curb Weight:  201 kg

    Kapasitas Tangki Bahan Bakar: 16,1 Liter

    Kapasitas Minyak Pelumas: 2,8 Liter pada penggantian periodic.

    Mesin

    Tipe Mesin: Liquid Cooled 4-stroke 16-valve DOHC Inline-4, 999 cc

    Sistem Suplai Bahan Bakar: PGM-DSFI 

    Diameter X Langkah: 81 x 48,5 mm

    Tipe Transmisi: Manual, 6 percepatan dengan Quick Shifter, 1-N,2,3,4,5,6

    Rasio Kompresi: 13,4:1

    Daya Maksimum: 160 kW (215 Tk) / 14.500 rpm

    Torsi Maksimum: 112 Nm / 12.500 rpm

    Tipe Starter: Starter Elektrik

    Tipe Kopling: Wet, multiplate wet coil spring clutch with assist slipper

    Tipe Baterai Atau Aki: 12V – 2Ah (20h)

    Sistem Pengapian: Full Transisterized, Baterai

    Tipe Busi: NGK MR9C-9N

    Tipe Rangka

    Tipe Rangka: Aluminum Composite Twin Spar

    Tipe Suspensi Depan: Telescopic Inverted Fork with Inner Diameter of 43mm and Ohlins NPX Smart-EC with Preload, Compression and Rebound Adjustments, 125mm stroke

    Tipe Suspensi Belakang: Pro-Link with Gas-Charged Ohlins TTX36 Smart-EC Damper Featuring Preload, Compression and Rebound Damping Adjustments, 143mm stroke

    Ukuran Ban Depan: 100/90 – 12 59J (Tubeless)

    Ukuran Ban Belakang: 110/90 – 12 64J

    Rem Depan: 330mm Disc with Radial-mount 4-piston Brembo Caliper

    Rem Belakang: 220mm Disc with 2-piston Brembo Caliper

    Sistem pengereman: Anti Lock Braking System 

    Harga Honda CBR1000RR-R SP Fireblader 30th Anniversary

    Menyoal harga, Honda CBR1000RR-R SP Fireblade Edisi Spesial 30 Tahun yang terdapat di dealer Big Wings Honda dengan warna khas Honda Tricolor dibanderol Rp 1,058 miliar on the road wilayah DKI Jakarta.

    Artinya, harga satu Honda CBR1000RR-R SP Fireblade Edisi Spesial 30 Tahun, kurang lebih setara dengan tujuh Daihatsu Ayla yang harganya dibanderol Rp 150 jutaan.

    OLXers mau cari mobil Toyota bekas berkualitas bisa lihat di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here