Honda City Hatchback Meluncur di Indonesia Gantikan Jazz

0
36

Honda City Hatchback RS akhirnya resmi diluncurkan PT Honda Prospect Motor selaku agen pemegang mereka ke pasar otomotif nasional. Honda mengklaim, mobil ini tampil dengan desain sporty, fitur-fitur terkini dan mesin bertenaga terbesar di kelasnya.

Menurut President Director PT HPM, Takehiro Watanabe Honda City Hatchback RS dikembangkan dari konsumen muda hatchback dan berupaya keras sehingga hadir mobil sporty, stylish, dan sekaligus fungsional untuk memenuhi gaya hidup dari penggunanya.

 “Honda sangat bangga mempersembahkan Honda City Hatchback RS sebagai model baru bagi konsumen Indonesia,” ungkap Takehiro.

Namun begitu, kehadiran Honda City Hatchback RS ini ternyata harus mengorbankan saudaranya yaitu Honda Jazz, dimana mobil tersebut justru tak akan diproduksi lagi. Setidaknya kabar ini disampaikan Business Innovation and Marketing Sales Director PT HPM Yusak Billy.

Honda City Hatchback

“Saat ini memang kami tidak memproduksi lagi Jazz di Indonesia. Namun kami terus mempelajari kebutuhan konsumen di Indonesia,” jelasnya.

Walau cukup disayangkan Honda Jazz tak dijual lagi di Indonesia, namun bagaimanapun juga ini merupakan bagian dari strategi Honda yang sudah diperhitungkan agar tetap bertahan dalam bisnis otomotif.

Nah, balik lagi nih soal Honda City Hatchback RS, dengan kemunculannya, lantas apa saja yang menarik dari mobil tersebut?

Mengusung nama RS pada bagian ujung ternyata diambil dari kata “Road Sailing” yang juga memiliki karakter lebih sporty dalam hal desain dan performa.

Mobil ini juga mengusung konsep “Elevate Your Move”, dimana Honda City Hatchback RS juga diklaim mewarisi ciri khas model City sekaligus karakter hatchback Honda, berupa desain eksterior  stylish, ruang belakang luas, panel instrumen berkualitas tinggi dan fitur canggih melebihi ekspektasi di kelasnya.

Performa berkendara yang menyenangkan serta hemat bahan bakar, juga menjadi salah satu daya tarik model ini, terutama di kalangan konsumen anak muda.

Untuk lebih detail berikut ulasannya:

Eksterior

Honda City Hatchback RS
Tampang depan Honda City Hatchback RS

Honda City Hatchback RS sudah menerapkan cutting edge design dimana pada bagian depan dipasang Front Bumper Lower Mesh Grille lengkap pula dengan lampu Full LED Headlight with LED Daytime Running Light, dan LED Fog Light.

Sementara jika dilihat dari samping, mobil ini terkesan sporty dengan balutan warna hitam glossy pada Front Upper Grille, Side Door Mirror, dan adanya Shark Fin Antenna.

Belum lagi, kaki-kakinya sudah menggunakan velg alloy 16 inchi yang dengan aksen warna gelap menambah karakter sporty pada mobil ini. Pada bagian belakang, Honda City Hatchback dipasang Rear Bumper with Diffuser, Fog Garnish. Senada dengan lampu depan, pada bagian belakang juga sudah menggunakan LED.

Interior

Honda City hatchback RS

Pada bagian kabin, Honda City Hatchback RS dicap memiliki aura sporty dengan mengkombinasikan warna hitam dan aksen merah mulai dari dinding, dashboard dan jok yang dilapisi dengan Suede-Fabric-Leather Combi Trimmed Seats.

Kabin yang lapang pun disertai dengan jok yang diberikan aksen merah yang menghadirkan kenyamanan berkelas serta sensasi mobil yang lebih sporty.

Kabin Honda City Hatchback RS menerapkan fungsi ULTRA Seat, di mana penumpang dapat mengatur empat mode berbeda pada kursi depan dan belakang yang terdiri dari Utility Mode, Tall Mode, Refresh Mode, dan Long Mode.

Honda City Hatchback RS

Belum lagi fitur-fitur kekinian yang dapat memanjakan pengemudi maupun penumpang ketika berada di dalam mobil ini.

Saat masuk ke dalam kabin, OLXer akan sudah pasti akan melihat panel instrumen didesain dengan Sporty Meter Cluster with Red Accent yang juga terintegrasi dengan 8 inchi Advanced Capacitive Touchscreen Display Audio.

Head unit ini bisa tersambung dengan Smartphone karena dilengkapi fitur Smartphone Connection yang dapat menunjang aktivitas penggunanya. Belum lagi, adanya 8 buah speaker yang ada pada bagian depan dan belakang kabin serta Auto A/C with Red Illumination.

Yang tak kalah menarik, untuk menyalakan mobil ini sudah menggunakan Remote Engine Start yang dapat menghidupkan mesin kendaraan dan A/C secara otomatis sebelum memasuki kendaraan.

Fitur ini juga menjadikan Honda City Hatchback RS model pertama di kelasnya, yang sebelumnya sudah diterapkan pada model-model premium seperti Honda Accord, Honda Civic, dan Honda CRV.

Bagian lainnya yang tak kalah menarik yaitu kehadiran Multi-Angle Rear View Camera yang dapat menampilkan tiga tampilan, Normal View, Wide View, and Top View untuk membantu memudahkan pengguna saat memarkir mobilnya.

Belum sampai disitu, mobil ini juga sudah disematkan fitur-fitur yang melimpah seperti One Push Ignition System, Cruise Control, Audio Steering Switch dan Hands-free Telephone (HFT) Switch dengan Voice Recognition.

Semua fitur tersebut dilengkapi dengan Leather Door Lining with Red Stitches pada pintu samping, Setir, dan Shift Knob.

Fitur keselamatan dan keamanan

Tak lengkap seperti sayur tanpa garam, Honda City Hatchback RS juga sudah dijejali berbagai fitur keselamatan agar memberikan rasa aman dan perlindungan yang optimal.

Ya, Honda City Hatchback RS sudah dirancang menggunakan rangka G-CON + ACE™ dan dilengkapi dengan enam airbags.

Fitur keselamatan lainnya pada Honda City Hatchback RS antara lain sistem pengereman Anti Lock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Brake Override System, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill

Start Assist, Parking Sensor, Seatbelt Reminder, Pretensioner with Load Limiter Seat Belt, Emergency Stop Signal hingga APAR (Alat Pemadam Api Ringan).

Sistem keamanan juga telah disesuaikan dengan standar keamanan Honda yang meliputi Smart Key with Keyless Entry, Immobilizer, dan Alarm System

Mesin

Di sektor performa, Honda City Hatchback RS dijejali mesin 4 silinder segaris 1.5 L DOHC, 16 katup i-VTEC + DBW 119 Hp pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm.

Mesin ini dilengkapi pula dengan pilihan transmisi CVT dan transmisi manual enam percepatan. Mobil ini juga diklaim memiliki emisi lebih bersih dan penghematan sumber daya, serta gas buang telah sesuai standar EURO 4.

Selain itu, dengan fitur ECON Mode untuk pengaturan karakter berkendara, membuat Honda City Hatchback RS lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Oia, mesin mobil ini diklaim khusus dikembangkan untuk pasar Indonesia. Pasalnya, Honda City Hatchback RS yang dibuat global menawarkan mesin bensin 3 silinder berkapasitas 1.0 liter plus turbocharger. Sedangkan di Indonesia hanya ada satu pilihan mesin. 

Harga

Honda City Hatchback RS
Honda City Hatchback RS belakang.

Honda City Hatchback RS tersedia dalam enam pilihan warna, mulai dari Phoenix Orange Pearl, Rallye Red, Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, Platinum White Pearl, dan varian warna terbaru adalah Meteoroid Gray Metallic.

Namun soal harga, meski sudah diluncurkan PT HPM belum mengumumkan karena informasi tersebut baru akan dibeberkan pada April 2021 mendatang.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here