Rabu, Juni 29, 2022
More
    MobilHonda City Hatchback RS Pengganti Jazz, Walau Bekas Tetap Berkelas

    Honda City Hatchback RS Pengganti Jazz, Walau Bekas Tetap Berkelas

    Honda City Hatchback RS ditawarkan PT Honda Prospect Motor (HPM) untuk pasar otomotif nasional. Ya, Honda City yang satu ini memang tidak berbuntut alias hatchback.

    Ada yang menyebutkan, jika City Hatchback ini sengaja dipasarkan untuk pengganti Honda Jazz yang tak lagi dijual.

    Namun begitu, City dan Jazz sejatinya dua mobil benar-benar berbeda. Bahkan secara dimensi Honda City hatchback lebih besar, seperti panjang 4.349 mm, lebar 1.748 mm dan tinggi 1.488 mm.

    Sementara untuk Honda Jazz sendiri ukuran panjangnya 3.955 mm, lebar 1.694 mm dan tinggi 1.524 mm.

    OLXers yang mau tahu soal Honda City Hatchback RS bisa lihat ulasannya di bawah ini.

    Sejarah Honda City Hatchback RS

    Honda City generasi-pertama
    Honda City generasi pertama memiliki bentuk hatchback tiga pintu.

    Jika OLXers menyebut Honda City Hatchback adalah produk paling baru, tentu saja tidak salah. Namun jika kita melihat sejarah Honda City tentunya itu akan menambah pengetahuan yang sebenarnya.

    Ya, faktanya Honda City generasi pertama yang lahir pada November 1981 merupakan hatchback tiga pintu dengan desain terlihat kotak.

    Kesan klasik terlihat pada Honda City dimana pada bagian lampu utama berbentuk bulat. Kala itu, mobil ini cukup populer di negara asalnya, Jepang.

    Pada tahun 1986, Honda City generasi kedua diluncurkan dengan bentuk hatchback. Akan tetapi generasi kedua ini tidak terlalu kotak dan terlihat sedikit melengkung.

    Bagian lampu utama juga tidak lagi dibuat bulat, namun jadi kotak.

    Pada tahun 1996-2002, Honda City generasi ketiga tidak ada lagi model hatchback, melainkan hanya menawarkan tipe sedan.

    Hal ini berlanjut di Honda City generasi keempat yang hadir pada tahun 2002-2008, kemudian generasi kelima pada tahun 2008-2013, serta generasi keenam pada tahun 2014-2020.

    Nah, pada tahun 2020, Honda City menawarkan versi hatchback, yang kemudian pada akhirnya mobil tersebut dipasarkan di Indonesia.

    Seperti bukan sekedar kebetulan, Honda City Hatchback diperkenalkan. Sebab, sebelumnya Honda menyetop produksi Jazz yang notabenenya jadi produk yang cukup disukai anak muda di Indonesia.

    Honda City Hatchback RS di Indonesia

    Honda City RS Hatchback

    Seperti disebutkan di atas, Honda City versi hatchback hadir pada tahun 2021. Hanya saja, Honda City yang dijual di Indonesia ternyata cuma satu tipe yaitu RS dengan transmisi manual dan CVT.

    Untuk embel-embel nama belakang RS ini merupakan singkatan dari ‘Road Sailing’ dengan karakter lebih sporty dalam hal desain dan performa.

    Nah, mau tahu lebih detail Honda City Hatchback RS 2021, berikut ulasannya.

    Eksterior

    Honda City Hatchback RS sudah menerapkan cutting edge design dimana pada bagian depan dipasang Front Bumper Lower Mesh Grille lengkap pula dengan lampu Full LED Headlight with LED Daytime Running Light, dan LED Fog Light.

    Sementara jika dilihat dari samping, mobil ini terkesan sporty dengan balutan warna hitam glossy pada Front Upper Grille, Side Door Mirror, dan adanya Shark Fin Antenna.

    Kaki-kaki mobil ini sudah menggunakan velg alloy 16 inchi yang dengan aksen warna gelap menambah karakter sporty pada mobil ini.

    Pada bagian belakang, Honda City Hatchback dipasang Rear Bumper with Diffuser, Fog Garnish. Senada dengan lampu depan, pada bagian belakang juga sudah menggunakan LED.

    Interior

    Masuk bagian kabin, Honda City Hatchback RS mengkombinasikan warna hitam dan aksen merah mulai dari dinding, dashboard dan jok yang dilapisi dengan Suede-Fabric-Leather Combi Trimmed Seats.

    Untuk bagian jok, diberikan aksen merah, dan dibuat agar penumpang merasa nyaman dan berkelas, serta menikmati sensasi mobil sporty.

    Kabin Honda City Hatchback RS menerapkan fungsi ULTRA Seat, di mana penumpang dapat mengatur empat mode berbeda pada kursi depan dan belakang yang terdiri dari Utility Mode, Tall Mode, Refresh Mode, dan Long Mode

    Honda City hatchback RS 2021 ini dilengkapi panel instrumen dengan desain Sporty Meter Cluster with Red Accent yang terintegrasi dengan layar 8 inchi Advanced Capacitive Touchscreen Display Audio.

    Sistem hiburan pada bagian kabin ini dilengkapi Head unit yang tersambung dengan Smartphone karena dilengkapi fitur Smartphone Connection.

    Belum lagi, adanya 8 buah speaker yang ada pada bagian depan dan belakang kabin, serta Auto A/C with Red Illumination.

    Untuk menyalakan mobil ini, cukup menekan Remote Engine Start yang dapat menghidupkan mesin kendaraan, serta A/C secara otomatis sebelum memasuki kendaraan.

    Baca juga  Honda Revo Punya Wajah Baru, Ini Penampakannya

    Fitur

    Honda City hatchback RS dilengkapi berbagai yang sudah diterapkan pada model-model premium seperti Honda Accord, Honda Civic, dan Honda CRV.

    Fitur-fitur yang dimaksud antara lain Multi-Angle Rear View Camera yang dapat menampilkan tiga tampilan, Normal View, Wide View, and Top View untuk membantu memudahkan pengguna saat parkir.

    Mobil ini juga sudah disematkan One Push Ignition System, Cruise Control, Audio Steering Switch dan Hands-free Telephone (HFT) Switch dengan Voice Recognition.

    Belum lagi ada, Leather Door Lining with Red Stitches pada pintu samping, lingkar kemudi, dan Shift Knob.

    Untuk fitur keamanan dan keselamatan yang ada pada mobil ini, antara lain rangka G-CON + ACE™ dan enam airbags.

    Selain itu, fitur keselamatan Honda City hatchback RS termasuk Anti Lock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Brake Override System, Vehicle Stability Assist (VSA) dan Hill Start Assist.

    Mobil ini juga dijejali Parking Sensor, Seatbelt Reminder, Pretensioner with Load Limiter Seat Belt, Emergency Stop Signal hingga APAR (Alat Pemadam Api Ringan).

    Untuk sistem keamanan Honda City Hatchback RS dilengkapi Smart Key with Keyless Entry, Immobilizer, dan Alarm System

    Performa Mesin

    Untuk jantung pacu, Honda City Hatchback RS menggendong mesin 4 silinder segaris, berkapasitas 1.5 L,  DOHC, 16 katup i-VTEC + DBW 119 Hp pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm.

    Mesin ini dikawinkan dengan pilihan transmisi CVT dan transmisi manual enam percepatan.

    Mobil ini juga diklaim memiliki emisi lebih bersih dan penghematan sumber daya, serta gas buang telah sesuai standar EURO 4.

    Selain itu, dengan fitur ECON Mode untuk pengaturan karakter berkendara, membuat City Hatchback RS lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

    Bekas Berkualitas

    Sederet Honda City RS Hathcback dijual di OLX Autos dengan beraneka ragam warna dan harga.

    Jika OLXers ingin membeli mobil Honda City Hatchback RS bekas berkualitas, tidak ada salahnya mengunjungi platform jual beli online OLX Autos.

    Pasalnya, di platform ini hadir juga Honda City Hatchback RS bekas dengan nilai grade A atau kondisinya masih sangat baik dari segi eksterior, interior, maupun mesin.

    Ya, ini karena tim inspeksi OLX Autos sudah melakukan pengecekan di sejumlah titik, dimana mobil inipun dipastikan kondisinya bebas tabrakan, atau kecelakaan dan juga banjir.

    Menyoal harga Honda City Hatchback RS bekas memang sangat bervariasi dan pastinya kondisinya mulus karena nilai grade A. Bahkan jika beruntung, harganya masih bisa dinegosiasi lagi.

    Yang menariknya lagi, jika beli di OLX Autos, maka akan mendapatkan banyak pilihan mobil bekas berkualitas, lulus inspeksi mobil, Home Test Drive, 30 hari garansi mesin & garansi uang kembali selama 7 hari, dan gratis biaya perawatan sampai 30 ribu km atau selama 18 bulan.

    Tips membeli mobil bekas

    Sekadar informasi, apabila OLXers berniat membeli mobil Honda City Hatchback RS bekas jangan heran, meski ada satu merek dan jenis model, varian, serta tahun produksinya sama, namun untuk harga bisa berbeda-beda.

    Bahkan ada juga tahun produksinya lebih muda tapi harganya justru lebih rendah.

    Hal ini dikarenakan untuk menentukan harga sebuah mobil bekas memang ‘gelap’, bisa tergantung dari beberapa faktor, seperti kondisi mobil, jarak tempuh, kelengkapan surat-suratnya, serta lokasi si penjual.

    Belum lagi harga mobil bekas bisa saja tinggi, karena sang pemilik sangat rajin merawat mobilnya, serta pajak dibayar tepat waktu.

    Apabila OLXers memang ingin mencari mobil bekas, tidak ada salahnya melakukan cek dan ricek, termasuk membawa orang ahli untuk melakukan pemeriksaan atau inspeksi.

    Oia, jika diperbolehkan melakukan test drive, makan manfaatkan untuk mengetahui apakah mobil bekas yang OLXers idamkan terasa ada masalah atau tidak.

    Harga Honda City Hatchback RS bekas

    Menyoal harga, saat ini Honda City Hatchback RS terbaru dengan status On The Road DKI Jakarta dijual mulai dari Rp 333,6 juta (tipe M/T), Rp 343,6 juta (tipe CVT), dan Rp 362,6 juta (tipe CVT with Honda Sensing).

    Lalu berapa dengan harga bekasnya? Di OLX Autos mobil Honda City Hatchback RS bekas keluaran 2021 mulai dari Rp 280 jutaan.

    Mau mencari Honda City Hatchback RS bekas di OLX Autos bisa lihat di sini.

    Mau tahu wujudnya bisa lihat di video ini:

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here