Kamis, Desember 8, 2022
More
    MobilHonda Civic Estilo Bekas Makin Menarik, Ini Harganya Pasarannya!

    Honda Civic Estilo Bekas Makin Menarik, Ini Harganya Pasarannya!

    Honda Civic boleh jadi salah satu jenis mobil sedan yang cukup populer namanya di Indonesia bahkan dunia. Tapi, dari sekian model Honda Civic yang telah mengalami berbagai transformasi, ada yang paling dicari, yaitu Honda Civic Estilo.

    Mobil yang lahir di era 90’an ini memang pada dasarnya muncul berbarengan dengan Honda Civic Genio. Hanya saja  Civic Genio hadir sebagai sedan 4 pintu sedangkan Civic Estilo merupakan hatchback 2 pintu.

    Bicara soal Honda Civic Estilo, meski saat ini tak lagi diproduksi, namun faktanya di pasar mobil bekas Civic Estilo masih menjadi magnet pecinta mobil sedan klasik.

    Ingin tau apa saja spesifikasi dan harga honda Civic Estilo?  News OLX akan membahas lengkap di artikel ini!

    Harga Honda Civic Estilo Bekas

    Dari segi harga, mobil ini bisa dipatok dengan rentang yang sangat bervariasi. Tentu saja berdasarkan kondisi mobil, tingkat orisinalitas, performa mesin dan fitur-fiturnya. 

    Di beberapa kasus, sebuah Honda Civic yang kondisinya istimewa bisa dihargai mencapai lebih dari Rp 300 juta. Tentu saja untuk mobil Jepang kelahiran 90-an, harga mobil ini cukup tinggi. 

    Harga tersebut cukup mencengangkan. Mengingat, saat baru pertama kali dirilis oleh Honda pada tahun 1992, mobil ini dipasarkan dengan banderol harga Rp60 Jutaan. Dengan banyaknya peminat, mobil ini menjadi barang koleksi yang nilainya berkali lipat.

    Harga Civic Estilo memang seringkali tidak bisa ditebak. Selain bisa mahal karena cukup langka, penjual mobil ini mungkin memiliki nilai sentimentil pada mobil Jepang satu ini. 

    Berikut harga Honda Civic Estilo bekas sesuai dengan tahun keluaran dari website olx.co.id

    MobilTahun keluaranHarga Bekas
    Honda Civic Estilo1992Rp60-268 Juta
    Honda Civic Estilo1993Rp65-330 Juta
    Honda Civic Estilo1994Rp100-300 Juta
    Honda Civic Estilo1995Rp100-900 Juta

    Jika ingin cek langsung unit dari mobil-mobil tersebut Anda bisa cek di halaman ini

    Baca juga: Honda Civic Nouva Cocok Untuk Anak Muda Harganya Tak Sampai Rp 100 Jutaan

    Spesifikasi Honda Civic Estilo

    Mesin

    Sama dengan mesin pada Civic Genio, Honda Civic Estilo dipersenjatai dengan mesin berkode  D16B2  SOHC 4 Silinder Segaris 16 Katup  dengan kapasitas silinder 1.590 cc. 

    Tenaga yang dihasilkan dari mesin ini adalah 120 HP pada putaran 6.300 rpm, dan torsi puncaknya di 140 nm/5.500 rpm. Mobil ini cukup unggul pada masanya dari segi tenaga. 

    Sementara itu, untuk transmisi manual dengan 5 percepatan. Berikut spesifikasi teknis yang lengkap dari mesin Honda Civic Estilo. Mesin ini juga sudah dilengkapi dengan sistem injeksi PGM-FI

    Mesin Honda Civic Estilo
    Tipe MesinSOHC 4 Silinder Segaris 16 Katup
    Kapasitas Silinder1.590 cc
    Daya Maksimum120 HP / 6.300 Rpm
    Torsi Maksimum140 Nm / 5.500 Rpm
    Sistem TransmisiManual 5-Speed

    Desain Eksterior

    Bagian Depan

    Bila Anda pecinta sedan klasik, melihat tampilan Civic Estilo pasti akan tertarik. Mobil ini didesain menjadi suksesor Civic dengan tampilan hatchback. Desainnya dirancang dengan konsep “timeless” sehingga tetap trendi di berbagai zaman.

    Seperti mobil klasik umumnya, bagian penerangan mobil ini terdiri dari 2 mata berukuran kecil dengan sein kuning.  Terdampar bumper bagian depan dengan variasi lubang untuk aerodinamis.

    Bagian Samping

    Di Bagian samping, ada keistimewaan dari mobil ini. Mobil ini bisa dibanggakan karena termasuk golongan mobil 2 pintu ala mobil sport seperti Ferrari dan Bugatti.

    Mobil ini cukup populer dibanding kakaknya yakni Genio yang lebih dianggap sebagai mobil elegan. Estilo memiliki kharisma sendiri sebagai hatchback yang juga bergaya.

    Bagian eksterior belakang Honda Civic Estilo

    Bagian Belakang

    Di bagian belakang. Vibe mobil balap klasik lebih terasa lagi. Bukaan bagasinya menyatu dengan panel kaca yang bisa dibuka ke arah sisi atas. 

    Dari segi penerangan, terdapat lampu stop yang digabung dengan panel untuk sein. Dibagian atasnya juga terdapat spoiler kecil yang membuat kesan mobil ini semakin sporty. 

    Desain Interior

    Dari sisi kabin, Honda Civic Estilo menyuguhkan penampilan yang istimewa. Didominasi dengan warga gelap, mobil ini cukup elegan dan fitur di dashboard yang lengkap.

    Fitur AC dan audio cukup umum berada di tengah kabin depan. Informasi speedometer dan indikator lainnya cukup kontras dan mudah dilihat dengan background blok putih. 

    Untuk bagian seat atau kursi penumpang, Civic Estilo cukup lega dibandingkan dari sedan lainnya. Hal ini karena desainnya sebagai mobil hatchback, sehingga bisa memuat 5 penumpang dengan lega.

    Salah satu kekurangan dari interior di Civic Estilo, yakni absennya fitur cup holder sehingga penumpang atau pengemudi tidak bisa meletakkan minuman sembari di perjalanan.

    Dimensi 

    Jika dilihat dari desainnya, memang mobil ini tergolong kategori mungil karena hanya memiliki panjang 4.070 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.350 mm. Namun begitu, Honda Civic Estilo ini ternyata makin tua makin dicari.

    Untuk spesifikasi lengkapnya, bisa cek informasi teknis berikut:

    Spesifikasi Honda Civic Estilo
    Panjang x Lebar x Tinggi4.070 mm x 1.695 mm x 1.350 mm
    Jarak Poros Roda2.570 mm
    Ground Clearance160 mm
    Suspensi  Double Wishbone (Depan/belakang)
    RemDisc brake (Depan/belakang)
    Ukuran Ban185/60 Ring 14

    Baca juga: 5 Mobil Sedan “Look Like a Boss” Seharga Rp 50 Juta

    Tampilan Full Bodi Honda Civic Estilo

    Fitur Honda Civic Estilo

    Sebagai mobil keluaran Honda yang sangat unggul pada zamannya, Honda Civic Estilo memiliki beberapa fitur yang cukup oke bila dibandingkan dengan mobil lain yang seumuran. Berikut beberapa detail fiturnya:

    Fitur Keamanan

    • Pengereman double disc
    • Sabuk pengaman
    • Central lock 
    • Force limiter
    • Electric mirror

    Fitur Kenyamanan

    • Power steering
    • Air Conditioner (AC)
    • Audio unit
    • Power window
    • Suspensi Double Wishbone

    Konsumsi BBM Honda Civic Estilo

    Jika penasaran dengan seberapa borosnya mobil jadul satu ini, maka tidak perlu khawatir. Civic Estilo menggunakan sistem injeksi yang signifikan dalam keiritan dan efisiensi penggunaan BBM.

    Rasio kompresi mobil ini ada di angka 9,1 :1. Konsumsi bahan bakar Estilo ada di angka 1:10 untuk penggunaan di dalam kota atau lalu lintas padat. Bisa lebih hemat lagi di perjalanan jauh dengan rasio 1:12.

    Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Estilo

    Berbicara tentang sebuah mobil, perlu untuk menggaris bawahi apa saja plus dan minus yang akan dihadapi saat memboyong mobil tersebut. Berikut masing-masing kelebihan serta kekurangan dari Honda Civic Estilo:

    Kelebihan Honda Civic Estilo

    1. Desain timeless dan tetap diminati,
    2. Sangat cocok sebagai mobil konsep untuk modifikasi,
    3. Efisiensi bahan bakar yang cukup irit dikelasnya,
    4. Spare part mudah ditemukan dan tidak terlampau mahal,
    5. Harga jual tetap tinggi karena termasuk mobil koleksi dan langka.

    Kekurangan Honda Civic Estilo

    1. Konfigurasi 2 pintu membuat penumpang baris belakang sulit untuk masuk ke mobil
    2. Ruang bagasi cukup sempit 
    3. Mesin belum didukung dengan teknologi VTEC untuk menekan harga jual
    4. Suspensi keras dan kurang nyaman
    5. Sulit untuk menemukan unit yang semua partnya original dan berkondisi baik.

    Baca juga: Rekomendasi Mobil Bekas Dibawah 80 juta Kondisi Terbaik!

    Kenapa Harga Honda Civic Estilo Mahal

    Usut punya usut, salah satu tingginya minat akan Honda Estilo tak lepas berkat dapur pacu yang dibenamkan, yaitu mesin 4 silinder SOHC 16 katup berkapasitas 1.600 cc yang sudah menggunakan Sistem teknologinya PGM-FI sehingga mampu menyemburkan daya hingga 120 Tenaga kuda dan torsi 150 Nm.

    Dengan mesin tersebut, mobil yang hadir sekitar 1992-1995 ini dianggap memiliki performa yang cocok untuk balapan. 

    Ternyata selain berkat jeroan mesin, Honda Civic Estilo dianggap memiliki desain keren dan jadi mobil yang sangat mudah dimodifikasi. Belum lagi part atau komponennya dianggap masih mudah dicari. 

    Mobil ini juga dijejali fitur keren disegmenya kala itu, seperti halnya keberadaan Pretensioner dan Force Limiter, Power Window, Central Lock, teknologi Power Steering hingga Electric Mirror. Alhasil fitur-fitur ini juga masih dibenamkan pada mobil-mobil masa kini. 

    Yang paling penting, tinggi rendahnya Honda Civic Estilo tak lain dan tak bukan karena komponen atau part yang digunakan seringkali diklaim pemiliknya masih original.

    Demikian bahasan lengkap mengenai salah satu Civic Estilo, sedan hatchback legenda yang banyak penggemarnya. Jika Anda ingin bertemu dan memboyong mobil ini, pastikan menggunakan platform jual beli mobil bekas yang aman seperti di OLX Autos!

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here