Kamis, Maret 28, 2024
Lainnya
    MotorHonda CT125 Meluncur di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harganya

    Honda CT125 Meluncur di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harganya

    Setelah Jepang kemudian Thailand, Honda CT125 akhirnya diluncurkan di Indonesia melalui PT Astra Honda Motor selaku agen pemegang merek sepeda motor Honda di Indonesia.

    Tampilan Honda CT125 memang sangat unik. Hal ini karena motor tersebut diklaim sebagai sepeda motor bebek trekking yang dapat dikendarai di kondisi jalanan off road. 

    Menurut President Director AHM Toshiyuki Inuma, Honda CT125 merupakan ikon motor bebek trekking legendaris dengan desain tangguh dan tak lekang oleh waktu, dilengkapi penyematan teknologi modern. 

    Dia juga mengklaim, Honda CT125 diperuntukan bagi mereka yang ingin motor bebek ikonik nyaman dan dapat digunakan di perkotaan dan tangguh saat touring santai menyenangkan menikmati alam.

    “Honda CT125 hadir untuk memperluas kesenangan berkendara motor yang unik tak hanya di lingkungan perkotaan tetapi juga untuk berbagai aktivitas outdoor. Dengan performa mesin yang menyenangkan dan beragam fitur fungsional, model ini siap menemani beragam gaya hidup pengendaranya,” ungkap Inuma dalam keterangan tertulis, Rabu (19/8/2020).

    Sementara itu, Executive Vice President Director AHM Johannes Loman mengatakan, keberadaan Honda CT125 merupakan inisiatif PT AHM guna memenuhi kebutuhan konsumen premium akan sebuah motor ikonik yang mengakomodasi keinginan pemiliknya untuk tampil beda dan dapat digunakan di perkotaan maupun berkendara jarak jauh menikmati alam.

    “Kami melihat minat masyarakat yang tinggi akan motor bebek trekking yang ikonik. Melalui Honda CT125, pengendaranya dapat mengekspresikan ragam gaya hidup di berbagai kondisi jalan secara santai dan menyenangkan,” jelas Loman. 

    Sejarah Munculnya Honda CT125

    Honda CT125. (Honda)

    Honda CT125 lahir dari perkembangan konsep motor Honda Super Cub yang tidak hanya dapat digunakan di jalan perkotaan, tetapi juga untuk berbagai aktivitas outdoor. 

    Konsep tersebut diwujudkan melalui Honda CA100T Trail 50 yang diluncurkan pada 1961 untuk memenuhi permintaan motor yang dapat menemani bepergian ke pegunungan atau menjaga lahan pertanian yang luas, serta menemani hobi pengendaranya seperti berkemah dan memancing. 

    Pada 1964, nama legendaris CT lahir dan pertama kali digunakan pada Honda CT200 Trail 90. Pada 2020, produk yang sudah melegenda selama hampir 60 tahun ini didesain ulang dengan perspektif modern terbaru yang dibekali dengan teknologi terkini melalui Honda CT125.

    Honda CT125 didesain untuk menjadi partner berkendara yang tangguh di medan trekking menuju destinasi menyenangkan seperti berkemah, memancing, ataupun touring santai menikmati alam. 

    Menggunakan rangka yang rigid dan ringan, rangka belakang model ini dibuat lebih panjang untuk mengakomodasi barang bawaan yang lebih besar. Karakter mesin 125cc yang menghasilkan torsi besar dan penyematan rem ABS pada Honda CT125 memberikan pengalaman berkendara yang semakin berbeda.

    Spesifikasi Honda CT125

    Seperti disebutkan di atas, Honda CT125 ini memiliki desain unik, namun mengkombinasikan dengan gaya hidup modern dan fungsionalitas. Hal ini diimplementasikan pada beberapa bagian bodinya.

    Lihat saja, untuk desain lampu depan yang bulat dipadu dengan desain lampu sein berbentuk kotak menjadi ciri khas dari Honda CT. 

    Selain itu, pada bagian knalpot model didesain lebih tinggi untuk mempertahankan karakter sepeda motor trekking yang memberikan kesan kuat. 

    Belum lagi pada bagian front fender terbuat dari besi semakin memperkokoh tampilan tangguh pada model ini.

    Stang kemudi Honda CT125 memberikan posisi berkendara natural yang mudah untuk dikendalikan dan menyempurnakan posisi berkendara yang tegap di mana pengendara mendapatkan visibilitas sempurna ke segala arah.

    Fitur Honda CT125

    Meski terlihat jadul, namun ikon bebek trekking ini sudah dilengkapi lampu utama yang mengadopsi sistem LED di keseluruhan fitur pencahayaan. 

    Selain itu, panel meternya sudah digital dan compact dengan desain bulat yang mudah untuk membaca informasi yang ditampilkan. 

    Motor ini memiliki tangki yang besar dengan kapasitas 5,3L untuk menemani pengendaranya berkendara jarak jauh.

    Honda CT125 memiliki intake duct yang diposisikan tinggi untuk mengurangi debu yang masuk. Pada bagian belakang jok pengendara tersedia rak atau tempat besar untuk menaruh barang bawaan pengendara, dengan kapasitas maksimal hingga 20 kg pengendara.

    Honda CT125 memiliki berat bersih 120 kg, dilengkapi dengan suspensi depan teleskopik dan velg berdiameter 17 inci yang elegan untuk mendukung pengendalian yang lebih stabil dan presisi. 

    Ban depan dan belakang model ini berukuran 80/90. Untuk keamanan berkendara, Honda CT125 dibekali dengan rem cakram ganda dan ABS 1-channel di roda depan.

    Mesin Honda CT125

    Honda CT125 dibekali mesin 125cc, PGM-FI, 4 langkah dan berpendingin udara dengan bore dan stroke 52.4 x 57.9mm serta rasio kompresi 9.3:1. 

    Dengan mesin tersebut, tenaga yang dihasilkan mencapai 8,7 Tenaga kuda pada rpm 7.500 dan torsi maksimal sebesar 11 Nm pada rpm 4.500.

    Harga Honda CT125 

    Honda CT125 hadir dengan satu pilihan warna yaitu Glowing Red  dan dibanderol Rp 75 juta On The Road (OTR) DKI. 

    Adapun jika ingin membeli motor, ini konsumen bisa membelinya di seluruh jaringan Honda Big Wing dan Wing dealer, termasuk didukung layanan purna.

     

     

     

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait