Kamis, Maret 28, 2024
Lainnya
    BeritaHonda Jazz Baru Pakai Mesin Hybrid Racikan F1

    Honda Jazz Baru Pakai Mesin Hybrid Racikan F1

    Kabar terbaru dihadirkan oleh Honda yang berencana meluncurkan All New Honda Jazz pada akhir tahun ini. Namun yang istimewa dari mobil hatchback andalan Honda di Indonesia ini adalah aplikasi mesin hybrid yang diadopsi dari teknologi mobil balap. 

    Dengan pengalaman di balapan F1, Honda mengaplikasikan keahliannya merancang Hybrid Power Unit (PU) ke mesin hybrid terbarunya, e:HEV.

    Bernama RA620H, mesin hybrid terbaru Honda ini berkubikasi mesin 1.600 cc, enam silinder dan internal combustion engine, serta dikombinasikan dengan Energy Recovery System

    Energi diperoleh dari daur ulang proses pengereman dan gas buang, guna memberikan tenaga tambahan yang dapat menambah kecepatan mobil dan mengurangi gejala lag pada kendaraan. 

    “Di mesin e:HEV yang kami rancang, kami mengaplikasikan pengalaman dari ajang balap untuk memastikan mesin ini dapat menghasilkan tenaga yang besar dengan rasio efisiensi bahan bakar terbaik pada mode berkendara apapun,” jelas Yasuaki Asaki, Head of PU Development dalam siaran pers Honda global, Kamis (25/6/2020).

    Pengalaman membangun mesin hybrid dengan efisiensi tinggi dengan tenaga besar inilah yang menginspirasi Honda dalam merancang mesin e:HEV untuk dibenamkan dalam All New Honda Jazz. 

    Terdiri dari dua buah komponen motor elektrik yang terhubung dengan mesin 1.5L DOHC i-VTEC, sebuah baterai lithium-ion, dan sebuah transmisi fixed-gear melalui intelligent power control unit yang bekerja secara berkesinambungan untuk memberikan respon yang cepat dan halus.

    Sistem canggih mesin hybrid akan mengatur pergantian secara otomatis diantara tiga mode, yakni EV Drive melalui baterai lithium-ion yang menyalurkan energi listrik ke motor penggerak secara langsung, Hybrid Drive dimana mesin bekerja dengan menyalurkan energi ke generator listrik, yang kemudian disalurkan ke motor penggerak listrik, serta Engine Drive, mesin berbahan bakar bensin terhubung langsung ke roda melalui lock-up clutch dan daya gerak ditransmisikan secara langsung dari mesin ke roda.

    Berkendara di perkotaan, efisiensi bahan bakar yang optimal diraih melalui transisi diantara EV Drive dan Hybrid Drive. Sementara berkendara di jalan tol, mode Engine Drive digunakan untuk mensuplai lebih banyak tenaga dan menambah kecepatan. 

    Sedangkan di jalan umum, kendaraan akan menggunakan mode Hybrid Drive dimana tenaga berlebih dari mesin berbahan bakar dapat didaur ulang untuk mengisi daya baterai melalui generator. 

    EV Drive juga bekerja saat mobil melambatkan kecepatan, dengan mengumpulkan lebih banyak energi saat menginjak pedal rem secara berkelanjutan untuk mengisi daya baterai.

    Dibandingkan penggunaan transmisi konvensional, All New Honda Jazz kini dilengkapi transmisi Electronically Controlled Continuously Variable Transmission (eCVT) dengan single-fixed gear untuk menciptakan koneksi secara langsung diantara beberapa komponen. 

    Hal ini menghasilkan torsi yang halus dan responsif saat berakselerasi di semua mode berkendara.

    Tentu menjadi menarik menantikan kehadiran All New Honda Jazz di akhir tahun nanti.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait